IMR 2019: Dilan 1990 dan Iko Uwais, Film dan Aktor Favorit Millennial

Bioskop masih menjadi pilihan millennial untuk nonton film

Jakarta, IDN Times - IDN Times menggelar Indonesia Millennial Summit (IMS) 2019. Acara dengan tema "Shaping Indonesia's Future" ini dilangsungkan pada Sabtu, 19 Januari 2019, di Grand Ballroom Hotel Kempinski, Jakarta.

IMS 2019 menghadirkan lebih dari 50 pembicara kompeten di berbagai bidang, dari politik, ekonomi, bisnis, olahraga, budaya, lintas agama, sosial, lingkungan sampai kepemimpinan millennial. Ajang millennial terbesar di Tanah Air ini akan dihadiri oleh 1.500-an pemimpin millennial.

Dalam IMS 2019, IDN Times meluncurkan Indonesia Millennial Report 2019. Survei ini dikerjakan oleh IDN Research Institute bekerja sama dengan Alvara Research Center. Melalui survei yang melibatkan 1400-an responden di 12 kota ini, IDN Times menggali aspirasi dan DNA millennial Indonesia.

Dalam chapter hiburan dan rekreasi, hasil penelitian menyebutkan bahwa millennial sangat suka menonton film di bioskop. Lantas, film apa yang menjadi favorit millennial?

1. Hobi nonton di bioskop

IMR 2019: Dilan 1990 dan Iko Uwais, Film dan Aktor Favorit Millennialsimplycast.com

Bioskop masih menjadi pilihan millennial untuk menonton film. Sebanyak 38,2 persen millennial lebih suka nonton di bioskop, sedangkan 17,2 persen lainnya suka nonton melalui DVD, lainnya melalui aplikasi smartphone (14,0 persen), dan TV lokal (14,4 persen).

Alasan menonton film di bioskop selain suasana mendukung, film yang ditonton merupakan film yang up to date, bagi mereka yang melihat melalui aplikasi, HOOQ menjadi aplikasi yang sering digunakan dengan prosentase sebesar 39,1 persen, kemudian diikuti IFlix (19,6 persen), dan Netflix (15,4 persen).

Baca Juga: IMR 2019: Musik Dangdut Mulai Digemari Millennial

2. Pilih Avenger atau Dilan?

IMR 2019: Dilan 1990 dan Iko Uwais, Film dan Aktor Favorit MillennialInstagram.com/dilanthemovie.1990

Untuk kategori film, mayoritas millennial menyukai genre film action (47,7 persen), kemudian film romansa (20, 8 persen), komedi (18,9 persen), dan horror
(9,1 persen). Jika dilihat dari sisi gender, genre film action lebih disukai oleh kalangan millennial pria (66,2 persen), sedangkan genre film romansa lebih banyak disukai oleh kalangan millennial wanita (34,2 persen).

Banyak film-film action yang sukses di pasaran seperti film Captain America, The Avengers, Iron Man, Mission Imposible, dan terbaru Mile 22 yang dibintangi oleh Iko Uwais. Sedangkan film romansa juga cukup sukses menyedot perhatian, seperti Habibie Ainun, Ada Apa Dengan Cinta, dan Dilan 1990.

3. Aktor paling disuka millennial

IMR 2019: Dilan 1990 dan Iko Uwais, Film dan Aktor Favorit MillennialDok. Netflix

Iko Uwais dan Reza Rahardian merupakan dua aktor yang paling disuka oleh millennial Indonesia, kemudian diikuti oleh Dian Sastro, Bunga Citra Lestari, dan Joe Taslim. Iko Uwais dan Joe Taslim merefleksikan aktor favorit penyuka film action. Sedangkan Reza Rahardian, Dian Sastro, dan Bunga Citra Lestari merefleksikan aktor dan aktris film bergenre romansa.

Iko Uwais lebih disukai oleh millennial junir (usia 20-26 tahun), sedangkan Reza Rahardian lebih disukai oleh millennial senior (usia 27-35 tahun). Saat ini memang Iko Uwais menjadi aktor yang sedang naik daun, karena mampu menembus perfilman Hollywood. Mile 22 adalah film terbaru yang dibintanginya bersama Mark Wahlberg.

Baca Juga: IMR 2019: Mengapa Millennial Mudah Pindah Kerja? Ini 11 Alasannya 

Topik:

  • Sunariyah

Berita Terkini Lainnya