Ini Alasan BKN Belum Resmi Umumkan Penerimaan CPNS 2021

Ada perubahan dan revisi terkait formasi CPNS tahun 2021

Jakarta, IDN Times - Badan Kepegawaian Negara (BKN) menegaskan hingga saat ini pihaknya belum secara resmi mengumumkan penerimaaan calon pegawai aparatur sipil negara (ASN) atau calon pegawai negeri negeri sipil (CPNS) tahun 2021.

"BKN belum pernah mengumumkan secara resmi, kapan pembukaan penerimaan ASN tahun 2021," kata Pelaksana Tugas Kepala Biro Humas BKN, Paryono saat dihubungi di Jakarta, seperti dikutip dari ANTARA, Sabtu (5/6/2021).

1. Alasan BKN belum mengumumkan pembukaan seleksi CPNS tahun 2021

Ini Alasan BKN Belum Resmi Umumkan Penerimaan CPNS 2021Ilustrasi Pendaftaran CPNS (IDN Times/Mardya Shakti)

Paryono menyatakan semua tahapan mulai dari pengumuman, pendaftaran hingga seleksi dilakukan oleh BKN.

"Kendala belum diumumkan karena terkait dengan regulasi yang sampai saat ini belum turun," ujar Paryono.

Selain itu, dia menambahkan, adanya perubahan dan revisi terkait formasi yang belum selesai dilakukan berbagai instansi.

Baca Juga: Ditunggu-tunggu Pelamar, Kapan Pendaftaran CPNS Buka?

2. Menpan RB putuskan CPNS 2021 dibuka untuk 1.275.387 orang

Ini Alasan BKN Belum Resmi Umumkan Penerimaan CPNS 2021Ilustrasi ASN (IDN Times/Ervan Masbanjar)

Berdasarkan Surat Keputusan Menteri Pemberdayaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Menpan RB) tambahan ASN secara nasional pada tahun anggaran 2021 untuk pemerintah pusat dan daerah sebanyak 1.275.387 orang.

Rinciannya sebanyak 83.669 orang untuk pemerintah pusat, terbagi atas 57.547 orang untuk ASN dan 26.122 orang untuk pegawai pemerintah dengan perjanjian kerja (PPPK).

Sementara untuk pemerintah daerah sebanyak 1.191.718 orang terbagi atas 119.094 orang untuk PNS dan 1.072.623 orang untuk PPPK.

3. Info lowongan CPNS di laman sscasn.bkn.go.id belum bisa dibuka

Ini Alasan BKN Belum Resmi Umumkan Penerimaan CPNS 2021Ilustrasi ASN (ANTARA FOTO/Teguh prihatna)

Sebelumnya, info pendaftaran CPNS dan calon Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK) telah dimuat dalam portal resmi sscasn.bkn.go.id. Informasi tersebut meliputi tahapan dari pengumuman lowongan hingga pengumuman hasil kelulusan. Namun, revisi telah dibuat di laman tersebut.

Jika sesuai jadwal sebelumnya, pengumuman lowongan CPNS dan PPPK 2021 seharusnya sedang berlangsung saat ini.

"Kebutuhan formasi CPNS, PPPK Guru dan PPPK Non Guru mulai diumumkan 30 Mei sampai dengan 13 Juni 2021," tulis laman resmi sscasn.bkn.go.id sebelum mengubah informasi tersebut.

Ketika tim IDN Times melakukan pengecekan pada menu layanan informasi laman sscasn.bkn.go.id pada Kamis (3/6/2021), juga sudah terdapat sub menu info lowongan. Hanya saja, sub menu info lowongan CPNS dan PPPK 2021 di laman resmi tersebut hingga saat ini belum bisa dibuka.

Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Kemenpan RB) menyebutkan, penundaan tersebut karena masih menunggu persiapan rampung.

"Mudah-mudahan dalam waktu dekat segera disampaikan (jadwal pendaftaran CPNS)," ujar Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Biro Hukum, Komunikasi dan Informasi Publik (HUKIP) Kemenpan RB Mohammad Averrouce dikutip dari ANTARA, Senin (31/5/2021).

Baca Juga: Pembukaan Pendaftaran CPNS Ditunda, Jadwal Belum Dapat Dipastikan

Topik:

  • Dwifantya Aquina

Berita Terkini Lainnya