Jalur Puncak Bogor Berlakukan Sistem Satu Arah Hingga 9 Juni

Biar gak kena macet, cek jalur alternatifnya di sini

Bogor, IDN Times - Arus lalu lintas di jalur Puncak Cisarua Kabupaten Bogor, Jawa Barat diberlakukan satu arah sejak Kamis (6/6) atau H+1 Lebaran, hingga Minggu (9/6) atau H+4 Lebaran.

Kasatlantas Polres Bogor, AKP Fadli Amri mengatakan, status satu arah ini akan dibagi menjadi dua shift.

1. Perhatikan waktu buka-tutup jalur

Jalur Puncak Bogor Berlakukan Sistem Satu Arah Hingga 9 JuniANTARAFOTO/Yulius Satria Wijaya

AKP Fadli mengatakan, sistem satu arah pada shift pertama dimulai pada pukul 07.00 WIB sampai pukul 12.00 WIB, satu arah dari Jakarta menuju Cianjur, sedangkan pukul 14.00 WIB sampai 19.00 WIB berlaku sebaliknya, arah Cianjur menuju Jakarta.

"Jadwal sewaktu-waktu dapat berubah, menyesuaikan dengan kondisi arus lalu lintas pada hari itu," kata Fadli, seperti dikutip Antara.

Baca Juga: [LINIMASA] Fakta dan Data Arus Mudik Lebaran 2019

2. Dua jalur alternatif selain Puncak

Jalur Puncak Bogor Berlakukan Sistem Satu Arah Hingga 9 JuniANTARA FOTO/Yulius Satria Wijaya

Dia mengatakan, ada dua jalur alternatif selain Puncak Cisarua untuk menuju Cianjur, pertama lewat Cibubur - Jonggol - Cariu Cianjur. Sedangkan alternatif kedua lewat jalur Ciawi, Sukabumi, Cianjur.

Untuk menghindari kepadatan lalu lintas di jalur Puncak, pengendara bisa menggunakan dua jalur alternatif tersebut. Selain bisa menghemat waktu tempuh, masyarakat juga bisa menikmati perjalanan tanpa terjebak dalam kemacetan yang cukup parah.

3. Jumlah kendaraan yang masuk jalur Puncak tertinggi di hari H Lebaran

Jalur Puncak Bogor Berlakukan Sistem Satu Arah Hingga 9 JuniANTARA FOTO/Yulius Satria Wijaya

Memasuki hari H Lebaran, jumlah kendaraan di Jalur Puncak Cisarua kian meningkat selama musim libur Lebaran. Tercatat, pada hari H Lebaran sebanyak 31.220 kendaraan masuk jalur Puncak.

Angka tersebut merupakan tertinggi jika dibandingkan dengan dua hari sebelumnya, yaitu H-1 sebanyak 25796 kendaraan, dan H-2 sebanyak 31.078 kendaraan.

"Jumlah itu dihitung berdasarkan kendaraan yang keluar dari pintu Tol Ciawi menuju Puncak atau Sukabumi," ujarnya.

Meski begitu, menurut dia, jumlah kendaraan yang masuk ke Jalur Puncak menurun jika dibandingkan dengan tahun lalu. Pada hari H Lebaran 2018, ada sebanyak 33.454 kendaraan atau turun tujuh persen.

Baca Juga: 31.220 Kendaraan Masuk Jalur Puncak di Hari Lebaran

Topik:

  • Dwifantya Aquina

Berita Terkini Lainnya