Comscore Tracker

Jika Tak Jadi Menteri Lagi, Susi Pudjiastuti: Saya Bisa Jadi Wartawan

Bu Susi mau bikin Susi.com katanya, beneran nih Bu?

Jakarta, IDN Times - Susi Pudjiastuti menyatakan siap jika kembali diberikan amanah untuk memegang jabatan sebagai menteri oleh Presiden RI terpilih periode 2019-2024.

"Insya Allah (siap) kalau badan masih sehat," ujar Menteri Kelautan dan Perikanan itu kepada wartawan saat Open House di kediaman rumah dinas Menteri Kelautan dan Perikanan yang terletak di Kompleks Menteri Widya Chandra, Jakarta, Kamis (6/6) malam, seperti dikutip Antara.

Tapi, kalau gak kepilih lagi jadi menteri, kira-kira Susi mau ngapain ya?

1. Jika tak jadi menteri lagi, Susi mau jadi wartawan

Jika Tak Jadi Menteri Lagi, Susi Pudjiastuti: Saya Bisa Jadi WartawanIDN Times/Galih Persiana

Hingga saat ini hasil Pilpres 2019 masih bersengketa di Mahkamah Konstitusi (MK). Namun, apabila Joko 'Jokowi' Widodo kembali terpilih menjadi Presiden RI dan memberikannya kepercayaan menjadi menteri, Susi siap.

Tetapi, bila Jokowi tidak memilih Susi menjadi menteri lagi, maka dia juga siap kembali mencari pekerjaan lainnya di luar pemerintahan.

"Saya akan balik lagi mencari pekerjaan. Bisa saja jadi wartawan online.. saya bisa bikin susi.com," selorohnya yang disambut tawa awak media yang meliput.

Baca Juga: 5 Fakta Susi Pudjiastuti, Menteri Nyentrik Pemberantas Pencuri Ikan

2. Susi masih ingin benahi sektor perikanan

Jika Tak Jadi Menteri Lagi, Susi Pudjiastuti: Saya Bisa Jadi WartawanANTARA FOTO/Sigid Kurniawan

Meski telah mendapatkan pengakuan dan apresiasi dari berbagai pihak, baik di dalam negeri maupun mancanegara, Susi tak memungkiri masih banyak pekerjaan yang harus dilakukan dalam membenahi sektor perikanan.

"Banyak yang belum selesai," kata Susi.

3. Masalah illegal fishing masih jadi PR utama Susi

Jika Tak Jadi Menteri Lagi, Susi Pudjiastuti: Saya Bisa Jadi WartawanANTARA FOTO/Jessica Helena Wuysang

Menurut Susi, salah satu tugasnya yang belum selesai adalah terkait dengan permasalahan "illegal fishing" atau penangkapan ikan secara ilegal.

Selain itu, kata dia, hal lainnya yakni masih banyak kegiatan aktivitas perekonomian domestik yang dilaporkan sebagaimana mestinya.

Menteri juga mengemukakan, masih ada puluhan kapal ilegal yang putusannya sudah "inkracht" oleh pengadilan dan rencananya juga akan ditenggelamkan pada tahun ini.

"PR-PR (pekerjaan rumah sebagai Menteri Kelautan dan Perikanan) masih banyak," ucapnya.

Baca Juga: 10 Potret Menteri Susi Pudjiastuti, Nyentrik Abis Tapi Kece

Topic:

  • Dwifantya Aquina

Just For You