Jokowi Hadiahi Joni Rumah, Banjir Mekkah, Hingga Pengabdian Sutopo

Berita teratas IDN Times, Senin 20 Agustus 2018.

Jakarta, IDN Times - Masih ingat dengan siswa SMP kelas 1 dari Kabupaten Belu, Nusa Tenggara Timur yang videonya viral saat memanjat tiang bendera di Upacara Peringatan Kemerdekaan Republik Indonesia ke-73 di Atambua 17 Agustus lalu?

Ya, bocah 13 tahun itu bernama Yohanes Andekala Marcal Lau alias Joni Gala. 

Setelah diundang ke Jakarta oleh Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Imam Nahrawi dan diajak nonton upacara pembukaan Asian Games 2018 di Gelora Bung Karno (GBK), Joni akhirnya bertemu dengan Presiden Joko 'Jokowi' Widodo di Istana Negara.

Selain kisah Joni, pada Senin (20/8) pemberitaan tentang peringatan banjir Mekkah oleh Badan Meteorologi Arab Saudi juga banyak dicari pembaca.

Selain itu ada pula kabar terkini dari Kepala Pusat Data, Informasi dan Humas Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), Sutopo Purwo Nugroho yang berjuang atas penyakit kanker paru-paru stadium 4 yang dideritanya.

Berikut rangkuman berita teratas IDN Times.

1. Joni dapat hadiah sepeda dan rumah dari Jokowi

Jokowi Hadiahi Joni Rumah, Banjir Mekkah, Hingga Pengabdian SutopoTwitter/@MurtadhaOne

Dalam pertemuan dengan Presiden Jokowi di Istana Negara, Senin (20/8), Joni ditanya soal permintaannya.

"Pertanyaan terakhir, Joni mau minta apa ke saya?" tanya Presiden Jokowi di Istana Negara Jakarta, seperti dikutip dari Antara, Senin (20/8).

"Sepeda," jawab Joni yang datang mengenakan seragam SMP. 

"Kamu ini jauh-jauh dari Belu kok hanya minta sepeda? Apa hanya itu?" tanya Jokowi.

"Minta bikinin rumah saja," jawab Joni.

"Sudah itu saja, sepeda sama rumah? Dah, jangan nanti saya tanya nambah lagi nanti," kata Jokowi.

Presiden Jokowi juga meminta Menteri Sekretaris Negara Pratikno untuk mengajak Joni berjalan-jalan ke Dunia Fantasi dan Taman Mini Indonesia Indonesia sebelum pulang ke kampung halamannya.

Baca Juga: Jokowi Hadiahi Joni si Pemanjat Tiang Bendera Sepeda dan Rumah

2. Peringatan banjir Mekkah

Jokowi Hadiahi Joni Rumah, Banjir Mekkah, Hingga Pengabdian SutopoANTARA FOTO/REUTERS/Zohra Bensemra

Badan Meteorologi Arab Saudi pada Minggu (19/8) mengumumkan kemungkinan banjir di Mekkah akibat hujan yang sangat lebat dan sedang, demikian laporan stasiun televisi lokal Al Akhbariya.

Badan Meteorologi Arab Saudi memprakirakan bahwa cuaca yang tidak stabil yang menyelimuti Mekkah, Minna dan Arafah berlangsung sampai malam, demikian laporan Xinhua seperti dikutip dari Antara di Jakarta, Senin (20/8). 

Hujan turun saat sebanyak dua juta orang berada di tenda di Minna untuk melaksanakan Ibadah Hari Tarwiyah. 

Tak ada peringatan yang dikeluarkan berkaitan dengan keselamatan jemaah calon Haji, yang dijadwalkan menuju Padang Arafah saat Senin pagi waktu setempat. 

Gambar yang ditayangkan stasiun televisi Al Arabiya di media sosial memperlihatkan Kiswah Ka`bah, kain yang menyelimuti Ka`bah, terbuka akibat kuatnya embusan angin di Mekkah pada Minggu malam.

Baca Juga: Badan Meteorologi Arab Saudi Umumkan Kemungkinan Banjir di Mekkah

3. Pengabdian Sutopo BNPB

Jokowi Hadiahi Joni Rumah, Banjir Mekkah, Hingga Pengabdian SutopoTwitter/@Sutopo_PN

Sosok Sutopo Purwo Nugroho selaku Kepala Pusat Data, Informasi dan Humas Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), bisa dibilang paling berjasa dalam menyebarkan informasi terkini seputar bencana alam yang melanda tanah air. Padahal, ia telah divonis mengidap kanker paru stadium IV sejak Januari 2018 lalu. 

Dokter yang memeriksa dirinya mengatakan, sel kanker sudah menyebar ke tulang dan kelenjar getah bening, namun semangat Sutopo untuk memberikan informasi lengkap seputar bencana tak pernah pudar. Terakhir ia masih aktif mengabarkan perkembangan terkini situasi pascagempa Lombok.

Hari ini, Selasa (21/8), Sutopo mengatakan akan menggelar konferensi pers terkait bencana gempa bumi di Lombok. Meskipun ia baru saja menjalani perawatan kemoterapi untuk penyakit kanker yang dideritanya.

Semangat terus, Pak Sutopo!

Baca Juga: Jalani Kemo Kanker, Sutopo BNPB Tetap Semangat Infokan Bencana

Topik:

  • Dwifantya Aquina

Berita Terkini Lainnya