Kapolres dan Bupati Bogor Bubarkan Konvoi Takbir Keliling di Puncak

Jemaah takbir keliling bikin kerumunan di Puncak, hadeeeh...

Jakarta, IDN Times - Polisi membubarkan konvoi jemaah takbir keliling di Kawasan Puncak, Cisarua, Kabupaten Bogor, Jawa Barat, pada Senin (19/7/2021) malam. Pembubaran takbir keliling tersebut dikarenakan menimbulkan kerumunan dan melanggar PPKM Darurat.

"Tadi malam kita langsung memutarbalikkan masyarakat yang melakukan konvoi. Ada banyak masyarakat di sana, beberapa hanya menonton sehingga keliatan berkerumun, tapi bisa kita putar balik dan segera membubarkan diri," ungkap Kapolres Bogor AKBP Harun saat ditemui di Mapolres, Cibinong, Bogor, dikutip dari ANTARA, Selasa (20/7/2021).

1. Rombongan jemaah berdatangan dari beberapa gang kecil untuk konvoi takbir keliling

Kapolres dan Bupati Bogor Bubarkan Konvoi Takbir Keliling di PuncakKapolres Bogor AKBP Harun (ANTARA/M Fikri Setiawan)

Kapolres Bogor bersama Dandim 0621 Letkol Inf Sukur Hermanto dan Bupati Bogor Ade Yasin saat itu tengah melakukan patroli pengamanan malam takbir Idul Adha 1442 Hijriah. Ketika ia masuk ke Jalur Puncak sekitar pukul 20.30 WIB kondisi masih kondusif.

Menurutnya, sekitar pukul 21.30 WIB jemaah yang berdatangan dari beberapa gang kecil di tepian jalan tak terbendung lantaran berpenampilan layaknya masyarakat sekitar. Mereka konvoi dari arah Gadog, Ciawi menuju Cisarua dengan tujuan Gunung Mas.

Namun, ia segera mengerahkan personel untuk mencegat rombongan yang melantunkan takbir saat hendak melintas di depan Kantor Kecamatan Cisarua.

2. Kapolres bersama Bupati Bogor meminta jemaah takbir membubarkan diri

Kapolres dan Bupati Bogor Bubarkan Konvoi Takbir Keliling di PuncakBupati Bogor Ade Yasin (Instagram.com/@ademunawarohyasin)

Kemudian Harun bersama bupati membujuk perwakilan jemaah takbir tersebut untuk membubarkan diri dan membatalkan kegiatan yang rencananya dipusatkan di Gunung Mas Puncak.

"Kita sampaikan ini masih PPKM darurat, sehingga tidak boleh kumpul-kumpul. Kita semua harus menahan diri. Saat Idul Adha memang selalu ada waktu-waktu untuk kebersamaan, itu sudah tradisi, tapi sekarang sedang pandemik dan PPKM, jadi ya kita ikuti aturan yang sekarang ini," tutur Harun.

3. Video konvoi takbir keliling di Puncak sempat viral di media sosial

Kapolres dan Bupati Bogor Bubarkan Konvoi Takbir Keliling di PuncakIlustrasi takbir keliling. (IDN Times/Mohamad Ulil Albab)

Rombongan jemaah takbir keliling tersebut kemudian memutar balik ke arah Gadog, Ciawi, dan membubarkan diri sekitar pukul 22.30 WIB.

Seperti diketahui, video kejadian tersebut sempat tersebar di media sosial beriringan dengan kembali beredarnya video pawai obor yang dilakukan oleh warga Puncak Bogor pada dua tahun lalu sebelum pandemik.

Topik:

  • Dwifantya Aquina

Berita Terkini Lainnya