Katulampa Siaga IV, Banjir Kiriman Menuju Kampung Melayu Jakarta 

Banjir kiriman diperkirakan sampai pukul 03.00 WIB

Jakarta, IDN Times - Hujan deras yang mengguyur Bogor, Jawa Barat, mengakibatkan tinggi permukaan air (TMA) di Bendung Katulampa naik hingga 100 cm atau siaga III pada Senin (18/5) sore, sekitar pukul 16.05 WIB. Pada malam harinya, pada pukul 22.00 WIB, TMA turun menjadi 50 cm atau siaga IV, dan diperkirakan air banjir akan mencapai Kampung Melayu Jakarta pada sekitar pukul 03.00 WIB.

"Penurunan TMA di Bendung Katulampa Kota Bogor karena air mengalir melalui Kali Ciliwung ke arah Jakarta. Aliran air dari Bendung Katulampa ke Jakarta sekitar 10-12 jam," kata Petugas Jakaga Bendung Katulampa, Aliyudin, ketika dihubungi di Kota Bogor, seperti dikutip dari Antara.

1. Warga di sekitar bantaran Kali Ciliwung diminta siaga banjir

Katulampa Siaga IV, Banjir Kiriman Menuju Kampung Melayu Jakarta IDN Times/Aldila Muharma

Aliyudin mengatakan, aliran air dari Bogor menuju ke Jakarta, pada sekitar pukul 23.00 WIB sudah mencapai Lenteng Agung atau Tanjung Barat dan sekitar pukul 03.00 WIB akan tiba di Kampung Melayu.

Dia mengingatkan, warga yang berdomisili di sekitar bantaran Kali Ciliwung agar segera mengantisipasi dan berkoordinasi dengan aparat wilayah setempat guna mencegah datangnya banjir kiriman.

"Dalam mengantisipasi adanya air banjir ini, agar tetap menjaga dan menjalankan aturan protokol kesehatan, karena saat ini masih dalam suasana pandemik COVID-19," katanya.

Baca Juga: Jakarta Banjir, Petugas Damkar Terpaksa Evakuasi Warga di Malam Hari

2. Muka air Katulampa naik menjadi siaga III sejak sore

Katulampa Siaga IV, Banjir Kiriman Menuju Kampung Melayu Jakarta (ANTARA FOTO/Arif Firmansyah)

Sebelumnya, Aliyudin mengatakan, TMA di Bendung Katulampa mulai naik dari kondisi normal menjadi siaga IV yakni 70 cm, pada pukul 15.00 WIB.

Menurut dia, TMA di Bendung Katulampa, hanya berselang 40 menit yakni pada pukul 15.40 WIB, sudah naik lagi menjadi 90 cm atau siaga III. "Puncaknya pada pukul 16.05 WIB, TMA menjadi 100 cm atau siaga III," katanya.

3. Hujan deras mengguyur Kota Bogor dan kawasan Puncak Bogor

Katulampa Siaga IV, Banjir Kiriman Menuju Kampung Melayu Jakarta ANTARA FOTO/Muhammad Bagus Khoirunas

Aliyudin menjelaskan, sekitar pukul 15.00 sampai 15.40, hujan turun cukup deras dan merata baik di Kota Bogor maupun di kawasan Puncak Bogor. Setelah itu, hujan mulai mereda dan gerimis sampai sekitar pukul 18.30 WIB.

"TMA di Bendung Katulampa, juga secara berangsur-angsur menurun kembali. Pada pukul 17.00 WIB, TMA mulai turun lagi menjadi 90 cm tapi masih berstatus siaga III. Kemudian pada pukul 19:00 WIB turun lagi menjadi 70 cm atau siaga IV," katanya.

Baca Juga: Jakarta Banjir di Tengah Pandemik, BNPB Tetap Meninjau ke Lapangan

Topik:

  • Dwifantya Aquina

Berita Terkini Lainnya