Kemensos: Mendiang Nani Sudarsono Beri Pengabdian Besar pada Negara

Mantan Mensos ini banyak terima penghargaan selama menjabat

Jakarta, IDN Times - Jenazah mantan Menteri Sosial Nani Sudarsono dimakamkan secara militer di Taman Makam Pahlawan Utama (TMPNU) Kalibata, Jakarta Selatan, Minggu (17/2).

Sekretaris Jenderal Kementerian Sosial Hartono Laras bertindak sebagai inspektur upacara.

1. Nani Sudarsono telah memberi pengabdian besar kepada negara

Kemensos: Mendiang Nani Sudarsono Beri Pengabdian Besar pada NegaraDok.IDN Times/Istimewa

Turut hadir mengantar almarhumah ke tempat peristirahatan terakhir sejumlah menteri Kabinet Pembangunan V antara lain Akbar Tanjung, Oetoyo Oesman, dan Theo L Sambuaga.

"Keluarga besar Kementerian Sosial mengucapkan duka cita mendalam. Almarhumah telah memberikan pengabdian besar kepada negara. Dan atas pengabdiannya dan jasa-jasanya, negara telah menganugerahkan berbagai macam tanda jasa dan bintang kehormatan kepada almarhumah," kata Hartono Laras, usai memimpin upacara pemakaman di TMPNU Kalibata, dalam keterangan yang diterima IDN Times.

Baca Juga: Mendiang Mantan Mensos Nani Soedarsono Dimakamkan di Kalibata

2. Selama menjabat sebagai Mensos terima berbagai penghargaan

Kemensos: Mendiang Nani Sudarsono Beri Pengabdian Besar pada NegaraDok.IDN Times/Istimewa

Almarhumah tercatat mendapat beberapa penghargaan dari negara antara lain. Bintang Gerilya, Bintang Maha Putra Adhi Pradana, Bintang Kebaktian Sosial, dan lainnya.

Menurut Hartono, saat menjabat sebagai Mensos almarhumah dikenal memberikan perhatian besar pada upaya meningkatkan kemitraan antara Kemensos dengan lembaga dan organisasi sosial.

"Di era kepemimpinan beliau, kemitraan masyarakat bersama-sama pemerintah berjalan baik sehingga jangkauan pelayanan, terutama dalam penanganan masalah sosial, cukup luas," kata Hartono.

Bisa dikatakan, kata Hartono, pada masa itu kiprah lembaga-lembaga sosial cukup signifikan dan bahkan menjadi mitra strategis pemerintah.

3. Nani pernah menjabat sebagai Wakil Ketua DPP Golkar

Kemensos: Mendiang Nani Sudarsono Beri Pengabdian Besar pada NegaraDok.IDN Times/Istimewa

Nani tercatat pernah menjadi Menteri Sosial pada Kabinet Pembangunan IV pada era pemerintahan Presiden Soeharto, Nani Soedarsono meninggal dunia karena sakit setelah dirawat di RS Medistra Jakarta, Sabtu (16/02/2019), sekitar pukul 15.10 WIB.

Nani Soedarsono lahir di Purwodadi, Grobogan, Jawa Tengah, 28 Maret 1928. Ia merupakan alumni Fakultas Hukum Universitas Gadjah Mada (UGM). Ia juga aktif di organisasi sosial dan politik.

Sebelum menjabat menteri, Nani yang memiliki nama lengkap Rr Naryati sudah memegang berbagai jabatan penting antara lain Wakil Ketua DPP Golkar, anggota Komisi III DPR, Sekjen Kowani, dan Ketua Umum Himpunan Wanita Karya.

Nani menikah dengan Soedarsono pada 1953 yang merupakan teman kuliahnya di FH UGM. Pasangan ini dikaruniai seorang putra dan dua putri.

Baca Juga: Mantan Menteri Sosial, Nani Soedarsono, Meninggal Dunia

Topik:

  • Dwifantya Aquina

Berita Terkini Lainnya