Ma'ruf Amin Kenang Almarhum Azyumardi Azra Akademisi Kaliber Dunia

Azyumardi Azra sangat responsif terhadap perkembangan zaman

Jakarta, IDN Times - Wakil Presiden Ma'ruf Amin mengenang Guru Besar UIN Syarif Hidayatullah yang juga merupakan Ketua Dewan Pers, Azyumardi Azra, sebagai seorang akademisi berkaliber dunia termasuk di bidang kebudayaan Islam.

"Almarhum adalah akademisi berkaliber dunia, pengabdian, karya, gagasan, dan pemikirannya sangat mencerahkan pertama pada sejarah kebudayaan Islam yang menjadi bidang kepakarannya," kata Wapres Ma'ruf saat menyampaikan ucapan duka cita dalam tayangan video seperti dikutip dari ANTARA, Senin (19/9/2022).

Azyumardi Azra meninggal dunia di Rumah Sakit Serdang, Selangor, Malaysia pada Minggu (18/9/2022) pukul 12.30 waktu setempat.

"Innalillahi wa inna ilaihi rojiun, saya menyampaikan duka cita dan belasungkawa yang mendalam atas berpulang-nya ke Rahmatullah, saudara saya bapak Profesor Dr H Azyumardi Azra Guru Besar UIN Syarif Hidayatullah Jakarta yang juga tengah menjabat Ketua Dewan Pers," tambah Ma'ruf.

 

 

1. Azyumardi Azra tidak kenal lelah menebar ilmu dan memberi inspirasi

Ma'ruf Amin Kenang Almarhum Azyumardi Azra Akademisi Kaliber DuniaAlmarhum Azyumardi Azra (IDN Times/Herka Yanis)

Ma'ruf mengatakan bahwa semasa hidupnya Azyumardi Azra sangat responsif terhadap dinamika perkembangan zaman dan terus berkontribusi dalam pengembangan ilmu pengetahuan.

"Sebagai intelektual almarhum sangat responsif dan kontributif terhadap dinamika perkembangan zaman, bahkan tidak kenal lelah menebar ilmu dan memberi inspirasi," ungkapnya.

Ma'ruf mendoakan almarhum agar mendapatkan tempat terbaik di sisi Tuhan Yang Maha Esa dan segala karyanya terus bermanfaat bagi masyarakat.

"Semoga Allah Ta'ala menerima amal ibadahnya, dihapuskan segala khilaf-nya, dan diberikan tempat yang paling mulia di sisi-Nya. Semoga segala karya-karyanya terus memberikan manfaat bagi bangsa Indonesia," tuturnya.

Baca Juga: Jenazah Azyumardi Azra Tiba di RI Senin Malam 

2. Azyumardi Azra dilarikan ke rumah sakit saat dalam penerbangan ke Malaysia

Ma'ruf Amin Kenang Almarhum Azyumardi Azra Akademisi Kaliber DuniaAlmarhum Azyumardi Azra (IDN Times/Herka Yanis)

Mantan Rektor UIN Jakarta itu wafat setelah sempat dirawat sejak Jumat (16/9/2022) akibat gangguan kesehatan yang dialaminya saat melakukan kunjungan kerja ke Malaysia.

Sedianya Azyumardi Azra datang ke Malaysia untuk menjadi narasumber pada acara Konferensi Internasional Kosmopolitan Islam yang diselenggarakan oleh Angkatan Belia Islam Malaysia (ABIM) di Selangor, Malaysia pada Sabtu (17/9/2022).

Namun, ia mengalami sesak napas dan harus dilarikan ke rumah sakit saat dalam penerbangan ke Malaysia.

3. Akan dimakamkan di TMP Kalibata

Ma'ruf Amin Kenang Almarhum Azyumardi Azra Akademisi Kaliber DuniaIDN Times/Axel Joshua Harianja

Rencananya jenazah Azyumardi Azra yang pernah menjabat sebagai Deputi Bidang Kesejahteraan Rakyat Sekretariat Wakil Presiden dan Staf Khusus Wakil Presiden pada masa Wapres Jusuf Kalla tersebut akan dimakamkan di Taman Makam Pahlawan (TMP) Kalibata Jakarta pada Selasa (20/9/2022).

Baca Juga: Dubes RI di Malaysia Kawal Pemulangan Jenazah Azyumardi Azra

Topik:

  • Dwifantya Aquina

Berita Terkini Lainnya