Menkes: KRI Soeharso Mampu Merawat dan Pulangkan 74 WNI dari Jepang

Rumah sakit apung ini punya sistem mencegah penularan virus

Jakarta, IDN Times - Menteri Kesehatan Terawan Agus Putranto menyatakan Kapal Republik Indonesia (KRI) Soeharso 990 mampu memulangkan Warga Negara Indonesia yang merupakan kru Kapal Pesiar Diamond Princess di Jepang sekaligus merawatnya apabila mengalami sakit.

"Ini kapal rumah sakit yang punya kemampuan melakukan perawatan dan sebagainya. Karena ini kan kapal yang dirancang untuk mengatasi penyakit apapun," kata Terawan saat meninjau KRI Soeharso di Dermaga Komando Armada II Surabaya, Kamis (21/2) malam, seperti dikutip dari Antara.

1. KRI Soeharso memiliki sistem aliran udara satu arah untuk mencegah terjadinya penularan virus

Menkes: KRI Soeharso Mampu Merawat dan Pulangkan 74 WNI dari JepangKRI dr Soeharso bersandar di Dermaga Komando Armada II Surabaya, Kamis (20/2/2020). ANTARA/Aditya Ramadhan

Terawan yang melakukan pengecekan langsung kapal yang juga disebut RS Apung Soeharso tersebut juga mengatakan bahwa kapal tersebut memiliki sejumlah fasilitas kesehatan yang telah memenuhi persyaratan.

KRI Soeharso memiliki ruangan isolasi, ruangan karantina, dan sistem aliran udara satu arah untuk mencegah terjadinya penularan virus.

Baca Juga: Pemerintah Siapkan 2 Opsi Penjemputan 74 WNI di Kapal Diamond Princess

2. Keputusan penjemputan WNI di Jepang masih menunggu keputusan Presiden Jokowi

Menkes: KRI Soeharso Mampu Merawat dan Pulangkan 74 WNI dari JepangKRI Soeharso (ANTARA/Aditya Ramadhan)

Terawan mengatakan Kemenkes bertugas menyiapkan sarana prasarana untuk menjemput WNI di Jepang dengan berbagai opsi yang telah disiapkan pemerintah.

Namun, dia menyebut keputusan penjemputan WNI di Jepang masih harus dibahas lebih lanjut melalui rapat koordinasi yang selanjutnya akan ditetapkan oleh presiden.

3. Empat WNI di kapal Diamond Princess sudah dinyatakan positif terinfeksi virus corona

Menkes: KRI Soeharso Mampu Merawat dan Pulangkan 74 WNI dari JepangSejumlah penumpang melihar keluar dari balkon kapal pesiar Diamond Princess di Terminal Kapal Dermaga Daikoku di Yokohama, selatan Tokyo, Jepang, pada 19 Februari 2020. ANTARA FOTO/REUTERS/Kim Kyung-hoon

Sebanyak 78 WNI menjadi kru kapal Diamond Princess yang berada di perairan Yokohama Jepang. Sebanyak empat WNI dinyatakan positif terinfeksi virus COVID-19 dan dirawat di dua rumah sakit.

Sementara 74 WNI lainnya dinyatakan sehat dan rencananya akan dijemput oleh pemerintah Indonesia untuk kembali ke Tanah Air.

Baca Juga: Virus Corona: 2 Penumpang Diamond Princess Asal Jepang Meninggal

Topik:

  • Dwifantya Aquina

Berita Terkini Lainnya