Menpan RB Minta Instansi Pemerintah Terapkan WFH Seminggu untuk ASN

WFH bisa dijadikan kesempatan isoman usai mudik Lebaran

Jakarta, IDN Times - Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Tjahjo Kumolo setuju terhadap usul Kepala Polri Jenderal Pol. Listyo Sigit Prabowo untuk menerapkan sistem kerja dari rumah atau work from home (WFH) bagi ASN untuk mengurai kemacetan arus balik Lebaran 2022.

Menpan RB menyarankan seluruh instansi pemerintahan mengatur jadwal WFH bagi seluruh aparatur sipil negara (ASN) selama sepekan mulai Senin (9/5/2022).

"Saya setuju dengan pendapat Kapolri agar instansi pemerintah menerapkan kebijakan WFH. Seluruh PPK (Pejabat Pembina Kepegawaian) diharapkan mengatur pembagian jadwal agar penyelenggaraan pemerintahan dan pelayanan kepada masyarakat tetap berjalan," kata Tjahjo dalam keterangan yang diterima di Jakarta, seperti dikutip dari ANTARA, Sabtu (7/5/2022).

 

1. WFH tidak akan mengganggu urusan administrasi dan pelayanan pemerintahan

Menpan RB Minta Instansi Pemerintah Terapkan WFH Seminggu untuk ASNIlustrasi ASN. ANTARA FOTO/Aloysius Jarot Nugroho

Penerapan WFH tersebut, menurut Tjahjo, tidak akan mengganggu urusan administrasi dan pelayanan pemerintahan lain. Sebab, kini telah ada penerapan Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik (SPBE) yang memungkinkan ASN bekerja secara fleksibel memanfaatkan teknologi informasi dan komunikasi (TIK).

Baca Juga: Anggota DPR Dukung Usulan Kapolri: WFH Cegah Kemacetan Arus Balik

2. WFH sekaligus isolasi mandiri usai mudik Lebaran agar tak terjadi penularan COVID-19

Menpan RB Minta Instansi Pemerintah Terapkan WFH Seminggu untuk ASNSejumlah pemudik pejalan kaki antre masuk ke kapal "Roll on-Roll off" (RoRo) untuk menyeberang ke Pulau Sumatera di Pelabuhan Merak, Banten, Rabu (27/4) dini hari. (ANTARA FOTO/Asep Fathulrahman)

Selain itu, tambah Tjahjo, penerapan WFH selama sepekan setelah cuti Lebaran 2022 juga dapat diterapkan sebagai upaya isolasi mandiri (isoman) bagi para ASN setelah dari kampung halaman bertemu dengan keluarga.

"WFH juga jadi kesempatan untuk isoman agar mencegah adanya pertambahan kasus COVID-19," katanya.

3. Kapolri usul pegawai negeri dan swasta diberikan WFH sepekan usai cuti bersama Lebaran

Menpan RB Minta Instansi Pemerintah Terapkan WFH Seminggu untuk ASNKapolri Jendral Pol Listyo Sigit Prabowo. (dok. Humas Polri)

Sebelumnya, Kapolri Listyo Sigit Prabowo mengusulkan instansi pemerintah dan swasta menerapkan kebijakan WFH selama sepekan setelah momen cuti Lebaran 2022 berakhir.

"Kami juga mengimbau untuk mengurai arus balik, khususnya bagi instansi-instansi baik itu swasta atau pemerintah yang memungkinkan untuk satu pekan ini, bisa melaksanakan aktivitas dengan menggunakan media yang ada, seperti online maupun work from home," kata Listyo di Garuda Wisnu Kencana, Kabupaten Badung, Bali, Kamis (5/5/2022).

Baca Juga: 549 Ribu Kendaraan Masuk Jakarta, Kapolri: Baru Sepertiga 

Topik:

  • Dwifantya Aquina

Berita Terkini Lainnya