Neno Warisman Gunakan Mikrofon Pesawat, Ini Penjelasan Lion Air

Kemenhub minta kru pesawat diberikan sanksi tegas.

Jakarta, IDN Times - Usai dipulangkan paksa ke Jakarta karena diadang massa yang menolak deklarasi 2019 Ganti Presiden, aktivis Neno Warisman kembali jadi sorotan. Dalam kepulangan ke Jakarta, Neno bicara di dalam pesawat Lion Air yang ditumpanginya memakai public announcement (PA). 

Atas kejadian ini Kementerian Perhubungan (Kemenhub) menyatakan pilot dan awak kabin pesawat Lion Air JT 297 rute Pekanbaru-Jakarta turut bersalah. Bukan hanya itu, Kemenhub juga melayangkan teguran kepada Lion Air untuk memberi sanksi kepada pilot dan awak kabin. 

Menindaklanjuti teguran Kemenhub, Lion Air memberi sanksi kepada awak pesawat. Dua pilot dan lima awak kabin dijatuhi sanksi grounded atau tidak diperbolehkan terbang. 

Apa penjelasan Lion Air terkait peristiwa ini? 

1. Neno sempat minta izin menggunakan mikrofon pesawat

Neno Warisman Gunakan Mikrofon Pesawat, Ini Penjelasan Lion AirInstagram/@bundanenowarisma

Lion Air memberi penjelasan bagaimana Neno bisa bicara kepada para penumpang pesawat menggunakan mikrofon pesawat (PA). Corporate Communications Strategic of Lion Air Danang Mandala Prihantoro mengatakan, Neno mulai bicara menggunakan PA sesaat pesawat lepas landas dari Bandara Internasional Sultan Syarif Kasim II Pekanbaru, Riau. 

"Setelah pesawat terbang beberapa menit dan tanda dikenakan sabuk pengaman dipadamkan, salah satu penumpang meminta izin kepada awak kabin untuk menggunakan alat PA guna menyampaikan atau mengumumkan sesuatu kepada penumpang lain," kata Danang dalam keterangan tertulisnya, Rabu (29/8).  

2. Neno bicara soal peristiwa penolakan deklarasi #2019gantipresiden di Pekanbaru

Neno Warisman Gunakan Mikrofon Pesawat, Ini Penjelasan Lion AirPenghadangan Neno Warisman di Pekanbaru, Riau, Sabtu (25/8). ANTARA FOTO/Rony Muharrman

Setelah Neno minta izin, awak kabin yang bertugas di bagian depan mengizinkannya bicara di mikrofon pesawat. Kemudian, seperti diketahui lewat video yang beredar, Neno meminta maaf kepada para penumpang dan juga bicara soal pengadangan yang dialaminya saat akan menggelar deklarasi gerakan #2019GantiPresiden di Pekanbaru. 

"Permintaan itu dikabulkan dan diizinkan oleh awak kabin yang bertugas di bagian depan. Penumpang tersebut memanfaatkan peralatan PA dimaksud untuk berbicara dan komunikasikan hal-hal yang ingin disampaikan kepada penumpang lainnya," ujar Danang. 

"Pada saat penumpang tersebut berbicara waktu yang bersamaan ada penumpang lain yang mengambil gambar atas kejadian tersebut dan disebarluaskan setelah mendarat di Soekarno-Hatta, sebagaimana gambar dan video yang beredar luas di masyarakat," imbuhnya. 

3. Lion Air jatuhkan sanksi kepada awak pesawat

Neno Warisman Gunakan Mikrofon Pesawat, Ini Penjelasan Lion AirInstagram/@lionairgroup

Peristiwa ini terjadi saat Neno hendak kembali ke Jakarta, Sabtu (25/8) lalu. Pesawat lepas landas pukul 22.25 WIB dan mendarat dengan baik di Bandar Udara Internasional Soekarno-Hatta di Tangerang, Banten pada 23.53 WIB. 

Pihak Lion Air sudah melaporkan soal pemberian sanksi kepada awak pesawat tersebut kepada Kemenhub. Lion Air menyatakan awak pesawat tak dibolehkan memberi izin kepada seseorang yang bukan awak pesawat untuk menggunakan PA. 

"Persetujuan dan atau pemberian izin kepada seseorang yang bukan awak pesawat dalam menggunakan peralatan yang ada di pesawat dan yang hanya boleh dioperasikan atau digunakan oleh awak pesawat tidak boleh terjadi," tegas Danang. 

Baca Juga: Penjelasan BIN soal Pemulangan Neno Warisman di Pekanbaru

4. Kemenhub minta pelanggar aturan penerbangan ditindak tegas

Neno Warisman Gunakan Mikrofon Pesawat, Ini Penjelasan Lion AirInstagram/@nenowarismanofficial

Plt Dirjen Perhubungan Udara (Hubud) Kemenhub M Pramintohadi Sukarno memerintahkan jajarannya menyelidiki dan menindak tegas pelanggar aturan penerbangan sipil. Salah satunya terkait penggunaan public address system (PAS). 

Pramintohadi menjelaskan, PAS hanya dapat digunakan awak kabin untuk menyampaikan informasi kepada penumpang. Sesuai dengan SOP Lion Air, PAS tidak boleh dipakai penumpang untuk menyampaikan informasi yang tidak terkait dengan operasi penerbangan. 

"Terhadap PIC dan cabin crew akan dilakukan tindakan tegas," kata Pramintohadi dalam keterangan tertulis. 

Baca Juga: Diadang Massa di Pekanbaru, Neno Warisman Ngadu ke DPR

Topik:

  • Dwifantya Aquina

Berita Terkini Lainnya