Comscore Tracker

PDIP Klaim Elektabilitas Jokowi Melesat Usai Debat Capres Kedua

Hasto berpesan agar relawan Jokowi jangan terlena

Jakarta, IDN Times - Sekretaris Jenderal PDI Perjuangan Hasto Kristiyanto mengklaim elektabilitas calon presiden nomor urut 01, Joko 'Jokowi' Widodo semakin melesat jauh meninggalkan Prabowo Subianto pascadebat putaran kedua.

"Elektabilitas Pak Jokowi pascadebat kemarin sudah bergeser ke atas, jauh di atas Prabowo," kata Hasto saat menghadiri rapat konsolidasi DPD PDI Perjuangan yang dihadiri pengurus DPC PDIP Kota Bandar Lampung, Metro, Lampung Selatan, Pesawaran, Pringsewu, di Lampung, Sabtu (2/3) malam, seperti dikutip Antara.

1. Minta kader jangan terlena

PDIP Klaim Elektabilitas Jokowi Melesat Usai Debat Capres KeduaIDN Times/Teatrika Handiko Putri

Meski demikian, Hasto meminta kepada kadernya tidak terlena dengan capaian tersebut dan terus bekerja melakukan gerak pemenangan.

Seiring melonjaknya elektabilitas Jokowi-KH Ma'ruf Amin, kata dia, semakin banyak serangan tajam kepada PDI Perjuangan maupun kepada paslon tersebut.

Baca Juga: Debat Tak Pengaruhi Elektabilitas Jokowi, Ini Kata Erick Thohir 

2. Perkuat barisan tangkal serangan hoaks dan fitnah

PDIP Klaim Elektabilitas Jokowi Melesat Usai Debat Capres KeduaIDN Times/Teatrika Handiko Putri

Dalam kesempatan itu, Hasto pun meminta kepada jajarannya untuk memperkuat barisan untuk menangkal serangan tersebut, khususnya menyangkut hoaks dan fitnah.

"Kita melihat ketika elektabilitas Pak Jokowi-Amin melesat karena kepercayaan rakyat, maka mulai makin banyak serangan tajam kepada kita. Konsolidasi di Lampung dilakukan sebagai pusat kekuatan di Sumatera," paparnya.

3. Optimistis menangkan Jokowi-Ma'ruf

PDIP Klaim Elektabilitas Jokowi Melesat Usai Debat Capres KeduaANTARA FOTO/Sigid Kurniawan

Sekretaris tim Kampanye Nasional (TKN) Jokowi-Ma'ruf ini menambahkan, PDIP telah merekrut calon anggota legislatif (caleg) dari berbagai profesi dan kalangan, mulai dari purnawirawan TNI, akademisi, hingga tokoh agama.

"Dengan kekuatan ini, PDIP dapat memenangkan Jokowi-Ma'ruf Amin di Pilpres 2019," ucap Hasto.

4. Survei Roy Morgan sebut Jokowi akan menang di Pilpres dengan 58 persen suara

PDIP Klaim Elektabilitas Jokowi Melesat Usai Debat Capres KeduaANTARA FOTO/Setneg-Agus Suparto

Sebelumnya, hasil survei Roy Morgan yang dirilis pada Jumat (1/3) lalu menyebut calon presiden nomor urut 01, Joko ‘Jokowi’ Widodo, diperkirakan akan memenangi Pilpres 2019 ini dengan raihan 58 persen suara.

Raihan suara Jokowi meningkat 5 persen dibanding 5 tahun lalu saat dirinya memenangi Pilpres 2014 dengan 53 persen suara.

“Survei Indonesia Roy Morgan hari ini (Jumat) menunjukkan bahwa orang Indonesia akan memilih kembali Presiden Joko Widodo untuk masa jabatan lima tahun lagi sebagai Presiden,” kata Michele Levine, Chief Executive Officer, Roy Morgan.

Sementara, penantang Jokowi, calon presiden Prabowo Subianto, diperkirakan mendapat 42 persen suara di Pilpres 2019 atau turun 5 persen dari Pilpres 2014 dimana ia mengantongi 47 persen suara.

Survei terbaru tentang Kepresidenan Indonesia ini dilakukan pada Januari 2019 dengan 1.039 pemilih Indonesia berusia 17 ke atas.

Baca Juga: 4 Usulan Kubu Jokowi dan Prabowo Terkait Polemik E-KTP bagi WNA

Topic:

  • Dwifantya Aquina

Just For You