Pengalihan Arus Uji Coba Road Bike Kampung Melayu-Tanah Abang Pagi Ini

Rekayasa lalu lintas mulai pukul 05.00-08.00 WIB hari ini

Jakarta, IDN Times - Pemerintah Provinsi DKI Jakarta akan melakukan uji coba jalur sepeda balap atau jalan raya (road bike) di Jalan Layang Non Tol (JLNT) dari pukul 05.00 sampai 08.00 WIB, Minggu (23/5/2021).

Dinas Perhubungan (Dishub) DKI Jakarta akan melakukan rekayasa lalu lintas (lalin) antara Kampung Melayu dan Tanah Abang pada waktu tersebut.

Berikut arus lalu lintas yang akan dialihkan.

1. Jalan Layang Non Tol Kampung Melayu-Tanah Abang difungsikan sebagai 'road bike'

Pengalihan Arus Uji Coba Road Bike Kampung Melayu-Tanah Abang Pagi IniWarga bersepeda di Bundaran Hotel Indonesia, Jakarta, Minggu (29/3/2020) (ANTARA FOTO/M Risyal Hidayat)

Kepala Dinas Perhubungan Provinsi DKI Jakarta Syafrin Liputo mengatakan rekayasa lalu lintas tersebut dilakukan sehubungan dengan uji coba road bike di Jalan Layang Non Tol Kampung Melayu-Tanah Abang.

"Jalan Layang Non Tol Kampung Melayu-Tanah Abang difungsikan sebagai 'road bike' sampai dengan putar balik arah barat di bawah jalan layang Dr Saharjo. Ada pengalihan arus kendaraan dari Tanah Abang menuju Kampung Melayu dapat melalui Jl. KH. Mas Mansyur - Jl. Dr. Satrio - Jl. Raya Casablanca - Jl. Dr. Saharjo lalu putar balik ke selatan, menuju Jl. Abdullah Syafei, dan seterusnya (JLNT Kampung Melayu - Tanah Abang)," kata Syafrin dalam keterangan tertulis.

Baca Juga: 7 Potret Lautan Pengunjung Pasar Tanah Abang saat Pandemik

2. Kendaraan dari Kampung Melayu menuju Tanah Abang dapat melalui Jalan Abdullah Syafei

Pengalihan Arus Uji Coba Road Bike Kampung Melayu-Tanah Abang Pagi Ini(Skybridge Tanah Abang) ANTARA FOTO/Reno Esnir

Syafrin menyebut, kendaraan yang akan berputar dari arah barat di bawah jalan layang Dr. Saharjo dialihkan menuju Jl. Dr. Saharjo, lalu berputar arah selatan di Jl. Dr. Saharjo, kemudian berputar arah utara di depan Balai Sudirman.

Untuk pengalihan arus kendaraan dari Kampung Melayu menuju Tanah Abang dapat melalui Jl. Abdullah Syafei - Jl. Dr. Saharjo - berputar arah Utara-Utara di depan Balai Sudirman - Jl. Pal Batu Raya - Jl. Raya Casablanca - Jl. Dr. Satrio - Jl. KH. Mas Mansyur (di bawah JLNT Kampung Melayu - Tanah Abang).

3. Putaran kendaraan di depan Citywalk Sudirman dialihkan

Pengalihan Arus Uji Coba Road Bike Kampung Melayu-Tanah Abang Pagi IniPetugas gabungan mengatur lalu lintas di pos penyekatan mudik Sumber Artha, Bekasi, Jawa Barat, Jumat (14/5/2021) (ANTARA FOTO/Sigid Kurniawan)

Sedangkan, untuk kendaraan yang akan berputar arah selatan di depan Citywalk Sudirman, dialihkan di bawah flyover Karet Bivak. 

"Kami mengimbau para pengguna jalan dapat menyesuaikan pengaturan lalu lintas yang ditetapkan. Tetap patuhi rambu lalu lintas, petunjuk petugas di lapangan, dan utamakan keselamatan selama di jalan," ucapnya.

Baca Juga: Usai Lebaran, Dishub DKI Tetap Lakukan Penyekatan Hingga Tempel Stiker

Topik:

  • Dwifantya Aquina

Berita Terkini Lainnya