Pengunjung Ragunan Membeludak, Juru Foto Panen Rezeki

Pendapatan tukang foto di Ragunan naik 50 persen hari ini

Jakarta, IDN Times - Membeludaknya jumlah pengunjung Taman Marga Satwa Ragunan, Jakarta Selatan pada Minggu (26/12/2021), berdampak positif bagi sejumlah juru foto yang mengais rezeki di tempat wisata tersebut. 

Salah satu juru foto di kebun binatang Ragunan, Abdul Azis mengaku jumlah keuntungan yang ia peroleh meningkat minimal 50 persen dibanding pada libur Natal, Sabtu (25/12/2021).

"Baru sembilan lembar, kalau libur Natal Sabtu (kemarin), cuma tiga kali ngambil foto. Alhamdulillah sekarang ada penambahan. Mudah-mudahan sampai akhir nanti nambah terus, soalnya pengunjung makin nambah," ujar Azis dikutip dari ANTARA.

1. Menyasar rombongan keluarga yang datang berwisata ke Ragunan

Pengunjung Ragunan Membeludak, Juru Foto Panen RezekiSeorang pengunjung Ragunan saat memindai aplikasi PeduliLindungi. (ANTARA FOTO/Sihol Hasugian)

Azis yang menawarkan jasa foto senilai Rp15 ribu mengaku bahwa dirinya lebih memilih pengunjung yang baru datang dengan rombongan keluarga.

Menurutnya, pengunjung dengan jumlah banyak akan sekaligus meningkatkan produksi gambar yang diambil.

"Begitu difoto, hasilnya langsung jadi dalam beberapa menit saja. Alhamdulillah rezeki saya menambah lagi. Insya Allah nanti akan tambah lagi," ujar pria yang sudah 45 tahun berprofesi sebagai juru foto itu.

 

Baca Juga: 21 Ribu Pengunjung Berwisata di Ancol pada Libur Natal 2021

2. Penambahan kapasitas pengunjung Ragunan berdampak pada penghasilan juru foto

Pengunjung Ragunan Membeludak, Juru Foto Panen RezekiFotografer memotret orangutan (ANTARA/Novi Abdi)

Senada dengan Azis, juru foto lainnya yakni Saragih mengaku jumlah pengunjung cukup berdampak pada penghasilan jasa foto yang ia tawarkan.

Saragih mengapresiasi penambahan kapasitas pengunjung Ragunan yang saat ini sudah mencapai 50 persen, sehingga membuat jumlah pengunjung semakin banyak.

"Untuk pagi ini, baru tiga memang, tapi lumayan. Nanti juga tambah lagi," ujar dia.

Ia juga berharap pendapatan dari jasa fotonya itu meningkat minimal 50 persen dibanding hari-hari biasa selama Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) di Jakarta. 

3. Hingga pukul 11.00, tercatat 7.261 pengunjung datang ke Ragunan

Pengunjung Ragunan Membeludak, Juru Foto Panen RezekiSejumlah pengunjung sedang menikmati suasana di Taman Margasatwa Ragunan, Jakarta Selatan, Sabtu (23/10/2021). (ANTARA/Sihol Hasugian)

Hingga pukul 11.00 WIB jumlah pengunjung Taman Marga Satwa Ragunan tercatat sebanyak 7.261 orang.

Staf Pelayanan Informasi dan Kehumasan Ragunan Wahyudi Bambang mengatakan jumlah ini pun akan terus bertambah hingga menjelang penutupan operasional pukul 14.30 WIB nanti.

"Kami pantau ini terus berdatangan pengunjung. Tapi kalau kita bandingkan dengan data kemarin, Sabtu (25/12), tercatat ada 17.737 pengunjung, setengah dari kapasitas yang diperbolehkan," kata dia.

Baca Juga: Hari Pertama Beroperasi, Ragunan Dibanjiri Pengunjung

Topik:

  • Dwifantya Aquina

Berita Terkini Lainnya