Pesan Wapres untuk Muhammadiyah: Jangan Terkoyak saat Pemilu 2024

Siapapun pilihan capresnya harus tetap menjaga kerukunan

Jakarta, IDN Times - Wakil Presiden Ma'ruf Amin menitipkan pesan kepada warga Muhammadiyah agar tidak terkoyak saat pemilu serentak pada 2024 mendatang.

Hal tersebut disampaikan Ma'ruf saat menutup Muktamar ke-48 Pengurus Pusat (PP) Muhammadiyah dan Aisyiyah.

"Saya harapkan agar pemilu yang akan datang, baik pilpres maupun pileg tidak mengoyak keutuhan dan persatuan kita," kata Wapres Ma'ruf di Edutorium Universitas Muhammadiyah Surakarta, Jawa Tengah, dikutip dari ANTARA, Minggu (20/11/2022).

 

 

1. Jaga kerukunan meski berbeda pilihan capres

Pesan Wapres untuk Muhammadiyah: Jangan Terkoyak saat Pemilu 2024Ilustrasi Pemilu (IDN Times/Mardya Shakti)

Dalam kesempatan itu, Ma'ruf mengatakan meskipun masing-masing memiliki capres yang dijagokan, namun sebaiknya tetap menjaga keharmonisan.

"Beda partai, beda capres sebaiknya juga tidak membelah keutuhan bangsa ini. Seperti yang sering saya katakan beda partai kita katakan 'lakum partaiukum walana partaina', kalau beda capres 'lakum capresukum walana capresuna', capres anda capres anda, capres saya capres saya, apalagi sama-sama Muhammadiyah," kata dia.

Baca Juga: Haedar Nashir Terpilih Lagi Jadi Ketum PP Muhammadiyah

2. Persatuan dan kesatuan modal utama bangsa Indonesia hadapi krisis

Pesan Wapres untuk Muhammadiyah: Jangan Terkoyak saat Pemilu 2024Wapres Ma'ruf Amin pimpin rapat penanggulangan miskin ekstrem di NTT (Dok. Setwapres)

Menurut Ma'ruf, salah satu tantangan terberat yang sedang dihadapi bangsa Indonesia adalah krisis multidimensi akibat pandemik dan konflik internasional.

"Kita berjuang untuk pulih, karena sejatinya kita hanya dapat berbicara tentang kemajuan apabila kita mampu pulih dari krisis yang menghadang sekarang," ungkap Wapres.

Dia menambahkan, persatuan dan kesatuan menjadi modal pertama dan utama bagi bangsa Indonesia untuk memenangkan pertarungan ini.

"Mari kita rawat bersama dengan senantiasa mengedepankan ukhuwah Islamiyah, ukhuwah wathaniyah dan ukhuwah insaniyah dalam interaksi sosial kita," ungkap Wapres.

3. Dakwah Islam moderat harus terus dijalankan

Pesan Wapres untuk Muhammadiyah: Jangan Terkoyak saat Pemilu 2024Wapres Ma'ruf Amin (dok. Setpwapres)

Ma'ruf mengatakan, dakwah Islam moderat juga harus terus dijalankan dengan komitmen yang tidak pernah luntur.

"Karena Islam wasathiyah adalah identitas umat Islam Indonesia. Belum lama ini rombongan Majelis Hukama al Muslimin mengatakan model toleransi di Indonesia perlu dijadikan model toleransi di tingkat global. Mereka menyampaikan datang ke sini bukan untuk mengajari Indonesia tapi belajar dari peradaban Indonesia dan saat ini bukan saatnya tulisan diterjemahkan ke dalam bahasa Indonesia tapi saatnya bahasa Indonesia diterjemahkan ke bahasa Arab," jelas Ma'ruf.

Artinya model perdamaian Indonesia, menurut dia, menjadi model yang sedang dipelajari di tingkat global.

Hadir dalam acara tersebut Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan Muhadjir Effendy, Wakil Menteri Agama Zainut Tauhid dan Ibu Halimah Zainut Tauhid, Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo dan Ibu Siti Atiqoh Ganjar Pranowo, Wali Kota Surakarta Gibran Rakabuming, Ketua Umum PP Muhammadiyah periode 2022-2027 Haedar Nashir, dan Ketua Umum PP Aisyiyah periode 2022-2027 Salamah Orbayinah.

Sedangkan Wapres Ma'ruf Amin didampingi Ibu Wury Ma'ruf Amin, Kepala Sekretariat Wapres Ahmad Erani Yustika, Deputi Bidang Dukungan Kebijakan Pembangunan Manusia dan Pemerataan Pembangunan Sekretariat Wapres Suprayoga Hadi serta Staf Khusus Wapres Masduki Baidlowi, Masykuri Abdillah dan M. Imam Azis.

Baca Juga: PBNU: Haedar-Mu'ti Sudah Teruji Baik Memimpin Muhammadiyah 

Topik:

  • Dwifantya Aquina

Berita Terkini Lainnya