Comscore Tracker

Polisi Selidiki Dugaan Rizieq Keluar dari Pintu Belakang RS Ummi Bogor

Rizieq meninggalkan RS Ummi tanpa sepengetahuan Satgas COVID

Jakarta, IDN Times - Penyidik dari Polresta Bogor tengah mendalami kabar Rizieq Shihab yang disebut kabur dari sebuah rumah sakit di Bogor, Jawa Barat, saat menjalani perawatan.
  
"Ini sedang didalami oleh Polresta Bogor, memang infonya seperti itu, bahwa pasien di RS Ummi itu (Rizieq Shihab) jam 21.00 WIB, Sabtu malam (28/11), keluar," kata Kepala Bidang Humas Polda Jawa Barat, Komisaris Besar Polisi Erdi A Chaniago, di Bandung, Jawa Barat, seperti dikutip dari ANTARA, Minggu (29/11/2020).

1. Rizieq keluar lewat pintu belakang rumah sakit tanpa sepengetahuan Satgas COVID-19 Bogor

Polisi Selidiki Dugaan Rizieq Keluar dari Pintu Belakang RS Ummi BogorRizieq Shihab beserta keluarga tiba di Terminal 3 Bandara Soekarno Hatta, Tangerang, Banten, Selasa (10/11/2020). HRS beserta keluarga kembali ke tanah air setelah berada di Arab Saudi selama tiga tahun. (ANTARA FOTO/Muhammad Iqbal)

Kombes Erdi mengatakan, berdasarkan informasi yang diterima, Rizieq diduga keluar melalui pintu belakang RS Ummi. Kaburnya pemimpin Front Pembela Islam (FPI) itu pun, kata dia, tidak diketahui Satgas Penanganan COVID-19 Bogor.

"Dari Polresta Bogor sekarang sudah datang, melakukan penyelidikan," kata Chaniago.

Baca Juga: Dirut RS Ummi Bogor: Rizieq Shihab Memaksa Pulang, Hasil Tes Belum Ada

2. Dirut RS Ummi sebut Rizieq dan keluarga memaksa pulang

Polisi Selidiki Dugaan Rizieq Keluar dari Pintu Belakang RS Ummi BogorRizieq Shihab beserta keluarga tiba di Terminal 3 Bandara Soekarno Hatta, Tangerang, Banten, Selasa (10/11/2020). HRS beserta keluarga kembali ke tanah air setelah berada di Arab Saudi selama tiga tahun. (ANTARA FOTO/Muhammad Iqbal)

Sebelumnya, Direktur Utama RS Ummi Bogor Andi Tatat menegaskan rumah sakit tidak memulangkan Pimpinan Front Pembela Islam Habib Rizieq Shihab. Sebaliknya pihak keluarga lah yang meminta Rizieq pulang Sabtu (28/11/2020) malam.

"Pihak rumah sakit sudah mengedukasi ke pasien dan keluarga mengenai hasil pemeriksaan yang belum ada hasil, tapi keluarga tetap memilih opsi untuk pulang. Sehingga RS Ummi tidak bertanggung jawab jika terjadi sesuatu pada pasien yang memaksa pulang," ujarnya dalam siaran tertulis, hari ini.

Andi menerangkan karena pasien yang memaksa pulang maka pasien bersedia menandatangani dokumen bahwa kepulangan sepenuhnya atas kemauan pasien dan keluarga.

"Istilah di rumah sakit kejadian tersebut merupakan pulang atas permintaan sendiri, bukan rumah sakit yang memulangkan," ujarnya.

3. FPI bantah Rizieq kabur dari rumah sakit

Polisi Selidiki Dugaan Rizieq Keluar dari Pintu Belakang RS Ummi BogorKuasa Hukum DPP FPI, Aziz Yanuar di Polda Metro Jaya (Dok. IDN Times/Istimewa)

Ketika dikonfirmasi, Wakil Sekretaris Umum FPI, Aziz Yanuar membantah kabar yang menyebut pemimpin Front Pembela Islam (FPI) Rizieq Shihab kabur dari RS UMMI, Bogor.

Aziz mengatakan, Rizieq telah meninggalkan Rumah Sakit UMMI, Bogor, sejak Sabtu malam, 28 November 2020.

"Info dari RS tadi malam demikian. Tapi ke mana (Rizieq pergi) saya tidak tahu," ujar dia kepada IDN Times.

Aziz juga memastikan saat meninggalkan RS UMMI Rizieq dalam kondisi sehat.

"Kondisi sehat dan bugar, Alhamdulillah," ucapnya.

Baca Juga: Bantah Rizieq Shihab Kabur dari Rumah Sakit, FPI: Kondisinya Sehat

Topic:

  • Dwifantya Aquina

Berita Terkini Lainnya