Comscore Tracker

Polisi Selidiki Penyebab Bangunan Kos Tiga Lantai di Mampang Roboh

Garis polisi telah dipasang untuk kepentingan penyelidikan

Jakarta, IDN Times - Garis polisi dibentangkan di lokasi robohnya indekos berlantai tiga di Jalan Bangka Barat IV, Kelurahan Pela Mampang, Jakarta Selatan. Pemasangan garis polisi tersebut dilakukan pihak kepolisian dari Polsek Mampang Prapatan Polres Metro Jakarta Selatan karena wilayah tersebut dianggap tidak aman.

Selain itu garis polisi juga dipasang untuk kepentingan penyelidikan pihak kepolisian untuk mencari penyebab robohnya bangunan tiga lantai itu.

"Tadi polisi sudah datang menyelidiki penyebab robohnya, ini garis polisi sudah dipasang supaya tidak boleh ada yang masuk," kata Ketua RT 003, Chotib Anwar, Sabtu (8/2), seperti dikutip dari Antara.

1. Penghuni kos diminta mengisi daftar barang-barang berharga yang tertimbun bangunan roboh

Polisi Selidiki Penyebab Bangunan Kos Tiga Lantai di Mampang RobohKosan tiga lantai di Mampang Prapatan, Jakarta Selatan rubuh (Instagram.com/tmcpoldametro)

Chotib mengatakan garis polisi juga dipasang untuk mencegah pihak-pihak lain yang masuk ke dalam reruntuhan bangunan mengingat masih banyak barang-barang berharga milik penghuni indekos.

Pascakejadian penghuni kos sudah diminta mengisi daftar barang-barang berharga miliknya yang terdapat di dalam bangunan roboh tersebut.

Barang-barang tersebut seperti ponsel, laptop, kulkas, dompet, surat-surat berharga, dan lainnya.

"Nanti dari data itu kita akan identifikasi saat evakuasi dilakukan ini barang milik siapa," katanya.

Baca Juga: Polisi Tangkap Komplotan Pencuri Spesialis Kos-Kosan 

2. Kosan terdiri dari 20 pintu

Polisi Selidiki Penyebab Bangunan Kos Tiga Lantai di Mampang RobohKosan tiga lantai di Mampang Prapatan, Jakarta Selatan rubuh (Instagram.com/tmcpoldametro)

Camat Mampang Prapatan, Djaharudin, memberi penjelasan terkait dengan
kos-kosan berlantai tiga ini. "Bangunan tersebut saat kejadian digunakan untuk
kosan sebanyak 20 pintu," kata Djaharudin dalam keterangan tertulisnya pada
Sabtu (8/2).

Menurut dia, bangunan tersebut merupakan milik Abdullah. Warga kelahiran Jakarta. Indekos tersebut berada di RT 009/007. Dia mengatakan tak ada korban jiwa dalam peristiwa tersebut.

"Sebelum bangunan tersebut roboh sebagian penghuni kosan sudah keluar dari bangunan
tersebut," kata Djaharudin.

3. Dua orang terluka dalam peristiwa robohnya bangunan kos

Polisi Selidiki Penyebab Bangunan Kos Tiga Lantai di Mampang RobohKosan tiga lantai di Mampang Prapatan, Jakarta Selatan rubuh (Instagram.com/tmcpoldametro)

Peristiwa robohnya indekos milik Abdullah (45) tersebut terjadi Sabtu sekitar pukul 05.10 WIB.

Seluruh penghuni indekos sekitar 20 jiwa berhasil selamat setelah salah seorang warga meneriakkan penghuni untuk turun karena bangunan akan roboh.

Tidak ada korban jiwa dalam peristiwa tersebut, tetapi dua orang penghuni yakni Maimunah Sari (42) dan Iyan (22) luka dibagian kaki.

Keduanya terluka akibat terjatuh saat turun tangga berebutan dengan penghuni lainnya. Kondisi hujan membuat lantai teras di lantai dua dan tiga licin sehingga warga terpeleset dan saling bertabrakan saat turun.

Baca Juga: Kosan Tiga Lantai di Mampang Ambruk, Penyebabnya Masih Ditelusuri

Topic:

  • Dwifantya Aquina

Berita Terkini Lainnya