Comscore Tracker

Puncak Aksi Unjuk Rasa Digelar di Depan Istana dan Gedung DPR Hari Ini

#MillennialBergerak #LawanArogansiDPR

Jakarta, IDN Times - Puncak unjuk rasa sejumlah mahasiswa yang tergabung dalam Aliansi Mahasiswa Indonesia yang menuntut agar sejumlah Rancangan Undang-undang bermasalah ditunda pengesahannya akan dilakukan di depan Gedung DPR RI dan Istana Merdeka, Selasa (24/9). Aksi mahasiswa ini berawal dari kekecewaan terhadap Revisi Undang-undang KPK dan RKUHP.

"Kami pastikan tidak ada kepentingan politik yang menunggangi aksi kami. Kami semata-mata menuntut penuntasan agenda reformasi yang sudah berumur 21 tahun, tapi belum juga tuntas," ujar Ketua Badan Eksekutif Mahasiswa Universitas Indonesia, Manik Marganamahenda, di Jakarta, seperti dikutip dari Antara.

1. Mahasiswa menuntut agar sejumlah Rancangan Undang-undang bermasalah ditunda pengesahannya

Puncak Aksi Unjuk Rasa Digelar di Depan Istana dan Gedung DPR Hari IniIDN Times/Muhammad Iqbal

Sejumlah tuntutan yang dilayangkan oleh aliansi mahasiswa gabungan dari beberapa Badan Eksekutif Mahasiswa tersebut yakni merestorasi upaya pemberantasan KKN, merestorasi demokrasi, hak rakyat untuk berpendapat, penghormatan perlindungan dan pemenuhan HAM, dan keterlibatan rakyat dalam proses pengambilan kebijakan.

Selain itu merestorasi perlindungan sumber daya alam, pelaksanaan reformasi agraria dan tenaga kerja dari ekonomi yang eksploitatif, merestorasi kesatuan bangsa dan negara dengan penghapusan diskriminasi antaretnis, pemerataan ekonomi, dan perlindungan bagi perempuan.

"Kami juga menuntut agar sejumlah Rancangan Undang-undang bermasalah seperti RUU KUHP, RUU KPK, RUU Pertanahan, RUU Permasyarakatan, maupun RUU SDA ditunda pengesahannya karena bermasalah," tegas Manik.

Baca Juga: Menanti Rombongan Mahasiswa Daerah, Peserta Aksi Demo Menginap di DPR

2. Aksi akan berlangsung di depan Istana Merdeka dan Gedung DPR RI

Puncak Aksi Unjuk Rasa Digelar di Depan Istana dan Gedung DPR Hari IniIDN Times/Axel Jo Harianja

Manik mengatakan, puncak aksi mahasiswa tersebut merupakan lanjutan dari aksi-aksi yang sudah dilakukan oleh BEM UI bersama dengan BEM lainnya dari seluruh Indonesia.

Perwakilan dari BEM Seluruh Indonesia, Cahya Muhammad, mengatakan pihaknya akan turun dalam puncak aksi mahasiswa tersebut. Aksi mahasiswa digelar pada 23 September dan 24 September.

Aksi mahasiswa pada Selasa, akan diselenggarakan di depan Istana Merdeka pada pagi dan sore hari di depan Gedung DPR.

3. Ribuan petani akan turun ke jalan tolak RUU Pertanahan

Puncak Aksi Unjuk Rasa Digelar di Depan Istana dan Gedung DPR Hari IniIDN Times/Debbie Sutrisno

Massa petani dari berbagai wilayah bakal bergabung dalam aksi peringatan Hari Tani Nasional di Jakarta, hari ini. Selain memperingati Hari Tani, ribuan petani ini akan menyampaikan penolakan terhadap Rancangan Undang-Undang (RUU) Pertanahan.

Sejumlah pasal dalam RUU Pertanahan dinilai bermasalah dan tidak berpihak pada petani sehingga dinilai tidak perlu. "Kami mengajak pada 24 September aksi damai, karena situasinya sedang memanas terutama di Jakarta, terutama terkait pembahasan RUU," kata Koordinator Umum Hari Tani Nasional 2019, Dewi Kartika, dalam konferensi pers di Sekretariat Nasional Konsorsium Pembaruan Agraria (KPA), Jakarta Selatan, Minggu (22/9).

Baca Juga: Unjuk Rasa DPR, Massa Paksa Polisi Tutup Jalur Menuju Gatot Subroto

Topic:

  • Dwifantya Aquina

Just For You