Real Count KPU Sudah 67 Persen, Ini Selisih Suara Jokowi dan Prabowo 

Jokowi-Ma'ruf masih memimpin, selisihnya lumayan besar

Jakarta, IDN Times - Data suara Pemilu Presiden dan Wakil Presiden RI 2019 yang masuk ke Sistem Informasi Penghitungan Suara (Situng) Komisi Pemilihan Umum (KPU) pada Senin (6/5) pukul 08:15 WIB, sudah mencapai 67,68 persen.

Menurut laman resmi KPU, total suara sementara yang masuk itu berasal dari 550.534 Tempat Pemungutan Suara (TPS) dari total 813.350 TPS di seluruh Indonesia.

Pasangan calon presiden dan wakil presiden Joko 'Jokowi' Widodo-Ma'ruf Amin masih memimpin. Berapa selisih suara di antara kedua paslon?

1. Selisih suara Jokowi dan Prabowo terpaut cukup jauh

Real Count KPU Sudah 67 Persen, Ini Selisih Suara Jokowi dan Prabowo ANTARA FOTO/Hafidz Mubarak A

Pasangan calon presiden dan wakil presiden nomor urut 01, Jokowi-Ma'ruf memperoleh 56,31 persen suara atau sebanyak 58.396.785 suara. Sementara, paslon nomor urut 02, Prabowo Subianto-Sandiaga Uno meraup 43,69 persen atau 45.309.430 suara.

Selisih suara keduanya cukup jauh, yakni terpaut 13.087.355 suara.

Baca Juga: Erick Thohir: Kemenangan Jokowi-Ma'ruf Amin Tanpa Kecurangan

2. Papua jadi provinsi dengan data suara masuk paling sedikit ke situng KPU

Real Count KPU Sudah 67 Persen, Ini Selisih Suara Jokowi dan Prabowo ANTARA FOTO/Destyan Sujarwoko

Pengunggahan data di Provinsi Bengkulu hampir selesai dengan 99,9 persen data masuk. Sementara data dari TPS di luar negeri mencapai 87,6 persen.

Sementara Provinsi Papua memiliki persentase terkecil data yang diunggah yaitu sebanyak 6,8 persen.

Hasil penghitungan sementara tersebut bisa diakses melalui pemilu2019.kpu.go.id yang datanya terus diperbarui secara berkala.

3. Data Situng bukan hasil resmi rekapitulasi suara

Real Count KPU Sudah 67 Persen, Ini Selisih Suara Jokowi dan Prabowo ANTARA FOTO/Destyan Sujarwoko

Data yang dimasukkan ke Situng adalah data formulir C1 atau hasil penghitungan tiap TPS yang dipindai dan diunggah ke sistem.

Penghitungan suara pada Situng seringkali disebut dengan real count KPU dan merupakan bentuk transparansi bagi masyarakat untuk turut memantau hasil Pemilu 2019.

Namun, data Situng bukan hasil resmi karena penetapan rekapitulasi suara akhir tetap dilakukan berdasarkan penghitungan manual berjenjang dari kecamatan, kota/kabupaten, provinsi, kemudian nasional.

Baca Juga: Real Count KPU: Jokowi-Ma'ruf Amin Sementara Unggul di Luar Negeri

Topik:

  • Dwifantya Aquina

Berita Terkini Lainnya