Comscore Tracker

Sah! Zulkifli Hasan Kembali Terpilih Jadi Ketum DPP PAN 2020-2025

Zulhas pecahkan tradisi ketua umum satu periode

Kendari, IDN Times - Zulkifli Hasan kembali terpilih menjadi Ketua Umum Dewan Pimpinan Pusat (DPP) Partai Amanat Nasional (PAN) periode 2020-2025. Mantan Ketua MPR RI ini terpilih berdasarkan hasil rekapitulasi suara pemilihan pada Kongres V PAN, di Hotel Claro, Kendari, Sulawesi Tenggara, Selasa (11/2) malam.

Zulhas--sapaan akrabnya-- unggul dalam pemilihan tersebut dengan mengantongi 331 suara dari 563 total suara sah.

Dengan kemenangan ini Zulkifli Hasan akan menakhodai kembali PAN selama 5 tahun kedepan periode 2020-2025.

1. Zulkifli Hasan ajak seluruh kader dan pengurus PAN bersama-sama mewujudkan harapan rakyat Indonesia

Sah! Zulkifli Hasan Kembali Terpilih Jadi Ketum DPP PAN 2020-2025(Ketua Umum PAN terpilih Zulkifli Hasan menyampaikan pidato kemenangan usai perhitungan suara hasil Kongres V PAN, Kendari, Sulawesi Tenggara, Selasa (11/2/2020). Zulkifli Hasan meminta kader PAN bersatu dibawa bendera partai) ANTARA FOTO/Jojon

Ketua Umum PAN terpilih Zulkifli Hasan dalam pidatonya usai ditetapkan sebagai ketua terpilih menyampaikan terima kasih kepada kader-kader PAN atas amanah yang diberikan.

"Tidak ada kata-kata kalah dan menang di antara kader. Kongres adalah sarana pencapaian nilai demokrasi di partai kita," kata Zulkifli seperti dikutip dari Antara.

Ia mengajak seluruh kader dan pengurus se-Tanah Air untuk bersama-sama menjawab harapan rakyat Indonesia dalam mewujudkan keadilan dan kesejahteraan.

Baca Juga: Buka Kongres V PAN di Kendari, Zulkifli Sebut Sandiaga Wapres Tertunda

2. Kongres PAN ricuh, kubu Zulkifli Hasan dan Mulfachri Harahap sempat cekcok hingga adu fisik

Sah! Zulkifli Hasan Kembali Terpilih Jadi Ketum DPP PAN 2020-2025ANTARA FOTO/Jojon

Sementara lawan Zulhas dalam kongres tersebut, Mulfachri Harahap, hanya meraih 225 suara. Dia kalah 106 suara dari Zulkifli Hasan.

Sementara itu, calon ketua lainnya, Dradjad Wibowo hanya mendapatkan 6 suara. Kemudian jumlah suara yang tidak sah ada tiga. 

Sebelumnya, kongres tersebut berlangsung menegangkan, karena sempat ricuh baik di dalam ruang kongres maupun di luar hotel tempat kongres tersebut.

Kubu Zulkifli Hasan dan Mulfachri Harahap sempat terjadi cekcok dan pergesekan fisik. Akibatnya terdapat berapa peserta kongres dari kubu Mulfachri Harahap mengalami luka-luka dan dilarikan ke rumah sakit.

3. Zulhas pecahkan tradisi ketua umum satu periode

Sah! Zulkifli Hasan Kembali Terpilih Jadi Ketum DPP PAN 2020-2025IDN Times/Irfan Fathurohman

Perolehan suara mayoritas bagi Zulhas bukan sekadar mengantarkannya kembali memimpin partai berlambang matahari bersinar tersebut, tetapi memecahkan tradisi ketua umum satu periode.

Panitia Kongres V PAN menerima lamaran empat kandidat ketua PAN periode 2020-2025, namun jelang pemilihan Asman Abnur memilih mengundurkan diri dari gelanggang kompetisi.

Kongres V PAN turut disaksikan pendiri partai yang lahir pascareformasi yakni Amien Rais.

Selain itu, seremoni pembukaan kongres yang berlangsung di Alun Alun Tugu Persatuan juga disaksikan dua mantan pimpinan PAN, yakni Soetrisno Bachir dan Hatta Rajasa.

Baca Juga: Kongres PAN Kembali Ricuh, Kubu Zulhas dan Mulfachri Nyaris Adu Jotos

Topic:

  • Dwifantya Aquina

Berita Terkini Lainnya