Comscore Tracker

Sambut New Normal, Warga Jaksel Gotong Royong Bersihkan Masjid 

#NewNormal di masjid hanya diperbolehkan untuk salat

Jakarta, IDN Times - Jelang penerapan tatanan normal baru atau new normal, warga RT 005/RW 012 Kelurahan Menteng Dalam, Jakarta Selatan, bergotong-royong membersihkan Masjid Umar Ibnu Abdul Aziz.

Gotong-royong dilakukan oleh warga laki-laki bersama pengurus Dewan Kemakmuran Masjid (DKM) Masjid Umar Ibnu Abdul Aziz.

"Persiapan menjelang adaptasi kebiasaan baru, untuk ibadah salat Jumat pertama setelah karantina, kita gotong-royong bersihkan masjid," kata Ketua DKM Masjid Umar Ibnu Abdul Aziz, Heru Setiawan Putra, seperti dikutip dari Antara, Minggu (31/5).
 

1. Saat new normal masjid hanya akan tampung 52 jemaah

Sambut New Normal, Warga Jaksel Gotong Royong Bersihkan Masjid Cegah penyebaran COVID-19, warga Aceh menggunakan masker saat beribadah di masjid (IDN Times/Saifullah)

Warga gotong-royong membersihkan masjid dengan mengepel lantai, penyemprotan disinfektan hingga pemasangan lakban sebagai penanda jaga jarak fisik (physical distancing) saat ibadah.

Dua bulan sebelum Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) kapasitas masjid mampu menampung 100 jemaah di dalam masjid. Jika ditambah hingga keluar bisa menampung 200 jemaah.

"Sekarang kapasitas masjid kita kurangi setelah kita pasang pembatas jarak, mungkin cuma muat 52 orang jemaah," kata Heru.

Baca Juga: Menag: Aturan New Normal, Masjid Hanya Digunakan untuk Ibadah Salat

2. Masjid akan memberlakukan protokol kesehatan di tatanan normal baru

Sambut New Normal, Warga Jaksel Gotong Royong Bersihkan Masjid Aparat kepolisian memeriksa sushu tubuh masyarakat yang akan mengikuti salat Ied berjamaah di Masjid Raya Al Mashun, Kota Medan, Minggu (24/5) (IDN Times/Prayugo Utomo)

Heru memastikan selama normal baru, masjid akan memberlakukan protokol kesehatan setiap melaksanakan ibadah salat.

Jemaah diminta untuk menggunakan masker, membawa sajadah sendiri dan menjaga jarak. "Pasti kita terapkan protokol kesehatannya," kata Heru.

Sejak awal pandemik COVID-19 RT 005 ketat menyeleksi warga yang masuk ke wilayahnya dengan menutup akses masuk menjadi satu jalur.

Setiap warga yang masuk wilayah RT 005 diperiksa suhu tubuhnya dan diminta untuk mencuci tangan. Setiap pekan dilaksanakan penyemprotan disinfektan dua kali, menyasar jalan-jalan pemukiman hingga teras rumah warga.

3. Aturan new normal, masjid hanya digunakan untuk ibadah salat

Sambut New Normal, Warga Jaksel Gotong Royong Bersihkan Masjid Konferensi Pers Menag tentang Penangguhan sementara Haji/Umrah (Dok. Kemenag)

Diberitakan sebelumnya, Menteri Agama (Menag) Fachrul Razi akan segera menerbitkan aturan protokol di tempat ibadah untuk skenario new normal atau normal baru. Dalam protokol new normal, nantinya tempat ibadah hanya digunakan untuk beribadah saja dan tidak menggelar pertemuan lainnya.

Aturan protokol di tempat ibadah itu akan diterbitkan oleh Kementerian Agama minggu ini. Tempat ibadah hanya boleh beroperasi setelah mendapatkan izin dari kecamatan setempat.

Dalam rapat terbatas, Fachrul menuturkan bahwa pemerintah sepakat tempat ibadah hanya boleh digunakan untuk beribadah. Sebagai contoh masjid, maka hanya boleh digunakan untuk salat saja.

"Kami sepakat itu hanya untuk ibadah salat saja dan usahakan sesingkat mungkin. Tapi kalau keadaan lebih baik, mungkin bisa diizinkan lebih oleh camat untuk ada kultum. Tetapi kembali sesuai situasi," tutur Fachrul dalam keterangan persnya usai rapat terbatas yang disiarkan langsung di channel YouTube Sekretariat Presiden, Rabu (27/5).

Baca Juga: New Normal Segera Berlaku, Mahfud: Bukan Semata Pertimbangan Ekonomi 

Topic:

  • Dwifantya Aquina

Berita Terkini Lainnya