Seluruh Puskesmas di DKI Jakarta Disiapkan Layani Vaksinasi Booster

Lansia dapat mendatangi puskesmas di wilayah masing-masing

Jakarta, IDN Times - Pemerintah Provinsi DKI Jakarta menyiapkan seluruh Puskesmas untuk melayani vaksinasi dosis ketiga sebagai penguat (booster). Vaksinasi booster yang akan dimulai hari ini, Rabu (12/1/2022) akan diprioritaskan kepada kelompok lanjut usia (lansia).

"Kami siapkan sesuai dengan kesiapan kami di lapangan untuk menginformasikan kepada Puskesmas siap menerima vaksinasi booster pada lansia," kata Kepala Dinas Kesehatan DKI Jakarta, Widyastuti di Jakarta, seperti dikutip dari ANTARA.

1. Lansia atau kelompok rentan dapat mendatangi Puskesmas di wilayah masing-masing

Seluruh Puskesmas di DKI Jakarta Disiapkan Layani Vaksinasi BoosterVaksinasi lansia di Sentra Vaksinasi BUMN di PRPP Jateng Semarang. (IDN Times/Anggun Puspitoningrum).

Ia menambahkan, warga lansia atau kelompok rentan dapat mendatangi Puskesmas di wilayah masing-masing.

"Nanti kami lihat seberapa banyak sasaran bisa sempat hadir, karena dibutuhkan alur yang lebih rapi karena kasihan lansia kalau tidak diatur dengar rapi. Intinya teman-teman Puskesmas sudah siap," katanya.

Adapun syarat mendapatkan vaksinasi "booster" tersebut adalah sudah lebih dari enam bulan setelah disuntikkan dosis kedua vaksin COVID-19.

Baca Juga: Yes! Penerima Sinovac Bisa Vaksinasi Booster Pfizer dan AstraZeneca

2. Presiden Jokowi putuskan beri vaksin booster gratis ke seluruh rakyat Indonesia

Seluruh Puskesmas di DKI Jakarta Disiapkan Layani Vaksinasi BoosterPresiden Joko Widodo (ANTARA FOTO/Sigid Kurniawan)

Sebelumnya, Presiden Joko 'Jokowi' Widodo mengatakan pemerintah menggratiskan pemberian dosis ketiga vaksin COVID-19 bagi seluruh masyarakat Indonesia.

"Saya telah memutuskan pemberian vaksinasi dosis ketiga ini gratis bagi seluruh masyarakat Indonesia karena sekali lagi saya tegaskan keselamatan rakyat adalah yang utama," ujar Presiden Jokowi.

3. Lima merek vaksin COVID-19 yang telah kantongi izin BPOM jadi booster

Seluruh Puskesmas di DKI Jakarta Disiapkan Layani Vaksinasi BoosterVaksin COVID-19 AstraZeneca (ANTARA FOTO/Sigid Kurniawan)

Dosis vaksin penguat atau booster dinilai penting untuk meningkatkan kekebalan tubuh masyarakat mengingat virus COVID-19 yang terus bermutasi.

Terdapat lima jenis vaksin yang sudah mendapatkan izin penerapan secara darurat (Emergency Use Authorization) dari BPOM untuk menjadi dosis vaksin penguat, yaitu Sinovac/Coronavac, Moderna, Ffizer, AstraZeneca dan Zifivax.

Baca Juga: [BREAKING] Penerima Vaksin Booster Harus Sudah Suntik Dosis Kedua 6 Bulan

Topik:

  • Dwifantya Aquina

Berita Terkini Lainnya