Comscore Tracker

Taruna Tewas Dianiaya, Menhub Nonaktifkan Direktur ATKP Makassar

Taruna Aldama tewas diduga akibat kekerasan dari seniornya

Jakarta, IDN Times - Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi menonaktifkan Direktur Akademi Teknik dan Keselamatan Penerbangan (ATKP) Makassar Agus Susanto terkait kasus penganiayaan seorang taruna hingga tewas.

Budi mengatakan telah menunjuk pelaksana tugas untuk menggantikan posisi Agus.

1. Seorang taruna menjalani pemeriksaan kepolisian

Taruna Tewas Dianiaya, Menhub Nonaktifkan Direktur ATKP MakassarIDN Times/Abdurrahman

Seorang taruna bernama Muhammad Rusdi telah diskorsing dan diserahkan kepada pihak kepolisian guna proses lanjut menyusul kasus tewasnya taruna ATKP Makassar yang diduga mengalami tindak kekerasan oleh seniornya pada Minggu (2/2).

“Setelah kami melakukan investigasi dan pertemuan internal, kami memutuskan menonaktifkan Direktur ATKP Makassar dan menskorsing satu orang untuk menjalani pemeriksaan pihak kepolisian,” kata Budi dalam keterangan tertulisnya di Padang, seperti dikutip dari Antara, Minggu (10/2).

2. Menhub duga ada penyimpangan sistem dan prosedur

Taruna Tewas Dianiaya, Menhub Nonaktifkan Direktur ATKP MakassarIDN Times/Fitria Madia

Setelah melakukan investigasi internal, pihak Kemenhub menduga telah terjadi penyimpangan terhadap sistem dan prosedur yang berlaku sehingga menyebabkan musibah yang terjadi pada Taruna ATKP Makassar.

Meski demikian, kata Budi, untuk penyebab pastinya, pihaknya masih menunggu hasil investigasi dari penyelidikan yang tengah dilakukan pihak kepolisian.

“Berdasarkan hasil investigasi internal, kami memutuskan untuk melakukan pergantian personel terhadap seluruh lini di ATKP Makasar yang terlibat pada saat kejadian,” katanya.

Baca Juga: Diduga Menganiaya Junior hingga Tewas, Taruna ATKP Makassar Ditangkap 

3. Sudah ada aturan untuk mencegah kekerasan di lingkungan pendidikan taruna

Taruna Tewas Dianiaya, Menhub Nonaktifkan Direktur ATKP MakassarIDN Times / Istimewa

Budi menegaskan, Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia Perhubungan (BPSDMP) yang menaungi sekolah-sekolah perhubungan di seluruh daerah secara tegas telah menerapkan aturan-aturan dan SOP untuk menjauhi dan mencegah terjadinya kekerasan di dalam kampus/sekolah antar taruna.

“Pembenahan pola pengasuhan, dan sosialisasi secara terus menerus telah disampaikan oleh dosen, para pengawas dan unsur kampus/sekolah kepada para taruna setiap mengajar. Kami selalu ingatkan bahwa budaya kekerasaan bukanlah hal yang benar, karena di dunia kerja pun tidak ada senior junior, yang ada profesionalisme dalam pembelajaran,” tegasnya.

4. Kemenhub dan BPSDMP akan tingkatkan pengawasan

Taruna Tewas Dianiaya, Menhub Nonaktifkan Direktur ATKP MakassarIDN Times/Abdurrahman

Budi mengatakan, ke depan BPSDMP telah menyiapkan langkah-langkah nyata perbaikan prosedur operasi standar dan peningkatan pengawasan agar kejadian serupa tidak terulang lagi dengan menambahkan tenaga-tenaga pengawas dan pengasuh taruna-taruni pada sekolah kedinasan di lingkungan Kementerian Perhubungan.

5. Kejanggalan kematian Taruna Aldama

Taruna Tewas Dianiaya, Menhub Nonaktifkan Direktur ATKP MakassarIDN Times/Abdurrahman

Aldama Putra Pangkolan (19), Taruna Angkatan I Akademi Teknik Keselamatan Penerbangan (ATKP) Makassar, tewas diduga akibat kekerasan dari seniornya.

Kematian Aldama menjadi perhatian banyak pihak. Aldama, warga Kompleks TNI AU Lanud Sultan Hasanuddin Maros itu, meninggal tidak wajar. Aldama tewas diduga dikeroyok oleh seniornya di dalam kampus hingga babak belur.

Sementara pihak keluarga curiga dengan pernyataan kampus yang menyebut taruna tingkat pertama itu tewas karena jatuh di kamar mandi pada Minggu (3/2) malam.

Baca Juga: Kasus Taruna ATKP Tewas, Keluarga Minta Bantuan Hotman Paris

Topic:

  • Dwifantya Aquina

Just For You