Temuan Belasan Ular Kobra di Kloset Gegerkan Warga Kembangan

Teror ular kobra menyasar sejumlah wilayah ibu kota

Jakarta, IDN Times - Warga Jalan Langgar RT 04/03 Joglo, Kembangan, Jakarta Barat digegerkan dengan temuan belasan ular kobra seukuran kurang lebih 20 sentimeter di kloset kamar mandi.

Kepala Seksi Operasional Suku Dinas Penanggulangan Kebakaran dan Penyelamatan Jakarta Barat Eko Sumarno menyebut ular tersebut bersarang di gudang bekas kolam.

"Jumlah ular kobranya sebanyak 18 ekor ada di bekas kolam, menjalar ke kloset kamar mandi warga," ujar Eko di Jakarta, seperti dikutip dari Antara, Senin (16/12).

1. Belasan anak ular kobra akan diserahkan ke Yayasan Sioux Ular Indonesia

Temuan Belasan Ular Kobra di Kloset Gegerkan Warga Kembangan(Petugas dinas pemadam kebakaran melakukan evakuasi seekor ular King Kobra (Ophiophagus Hannah) saat ditemukan di kawasan permukiman warga Jakasampurna, di Bekasi, Jawa Barat, Kamis (12/12)) ANTARA FOTO/Risky Andrianto

Belasan anak ular tersebut dievakuasi oleh satu regu damkar yang terdiri dari empat anggota. Menurut Eko, penanganan memakan waktu kurang lebih 30 menit.

Dia mengatakan, sementara belasan anakan ular kobra tersebut diamankan di Kantor Damkar Sektor Kembangan, Jakarta Barat.

"Rencananya ular tersebut bakal diserahkan ke Yayasan Sioux Ular Indonesia di wilayah Serpong, Tangerang," kata Eko.

Baca Juga: Ular Kobra Terus Bermunculan di Wonosari, Diduga Habitatnya Terganggu

2. Ular kobra tersebut ditemukan suaminya saat akan ke kamar mandi

Temuan Belasan Ular Kobra di Kloset Gegerkan Warga Kembangan(Petugas dinas pemadam kebakaran melakukan evakuasi seekor ular King Kobra (Ophiophagus Hannah) saat ditemukan di kawasan permukiman warga Jakasampurna, di Bekasi, Jawa Barat, Kamis (12/12)) ANTARA FOTO/Risky Andrianto

Hera, pemilik rumah mengatakan ular kobra tersebut ditemukan suaminya saat akan ke kamar mandi.

Kamar mandi tersebut memiliki saluran perpipaan yang terhubung dengan gudang bekas kolam pabrik milik ayahnya.

Di lokasi tersebut, baik karyawan pabrik ayahnya maupun tetangga sekitar sering menemukan ular, karena tak jauh dari lahan kosong dan terdapat pohon bambu yang bersebelahan dengan kuburan. Diduga tempat tersebut menjadi sarang ular.

Namun karena kuburan yang berada dekat sarang ular tersebut baru saja direnovasi, maka ular-ular tersebut kemungkinan mencari sarang lain.

"Belum lama juga tetangga saya menemukan ular sebesar paha orang dewasa ular di kloset, kepalanya muncul di tempat buang air tersebut," ujar Hera.

Tak hanya itu, Hera mengaku menemukan anak ular air yang masuk ke dalam kamar tidurnya. Oleh karena teror ular tersebut, Hera segera melaporkan ke petugas Damkar melalui telepon dan akun Instagramnya.

3. Ular kobra juga meneror warga Duren Sawit, Jakarta Timur

Temuan Belasan Ular Kobra di Kloset Gegerkan Warga Kembangan(Petugas pemadam kebakaran bersama pegiat hewan reptil melakukan penyisiran ular kobra di perumahan daerah Duren Jaya, Bekasi, Jawa Barat, Minggu (15/12)) ANTARA FOTO/Fakhri Hermansyah

Pada Jumat pekan lalu, petugas Damkar juga mengevakuasi seekor ular jenis kobra dari dalam rumah warga Kelurahan Malaka Jaya, Kecamatan Duren Sawit, Jakarta Timur.
 
"Ular kobra ini masih anak sekitar 30 sentimeter panjangnya," kata Kepala Seksi Operasional Damkar Jakarta Timur, Gatot Sulaeman, di Jakarta.
 
Ular tersebut ditemukan di dalam rumah warga di Jalan Taman Malaka 8 B Blok B 15 nomor 21 RT02 RW11 Malaka Jaya. Ular yang meresahkan penghuni rumah dilaporkan kepada Suku Dinas Penanggulangan Kebakaran dan Penyelamatan Jakarta Timur pukul 16.55 WIB oleh Wahyudi.
 
15 menit berselang, Gatot mengerahkan empat personel evakuasi menuju tempat kejadian.
 
"Hingga sekarang baru satu yang didapat, petugas masih mencari keberadaan induknya," kata Gatot.

Baca Juga: Anak Kobra Bermunculan, BKSDA: Gunungkidul Cocok untuk Habitat Ular

Topik:

  • Dwifantya Aquina

Berita Terkini Lainnya