Tren Vaksinasi Booster di Jakarta Melonjak Usai Jadi Syarat Mudik

Diperkirakan 80 juta orang akan mudik lebaran tahun ini

Jakarta, IDN Times - Tren warga yang melakukan vaksinasi booster dosis ketiga atau penguat di DKI Jakarta tercatat meningkat dalam tiga hari terakhir. Hal ini terjadi setelah vaksin dosis tiga menjadi syarat baru bagi para pemudik saat Lebaran nanti.

Berdasarkan data Dinas Kesehatan Provinsi DKI Jakarta, total vaksinasi dosis tiga hingga Jumat (25/3/2022) telah mencapai 2.097.491 orang.

"Jumlah yang divaksin dosis 3 pada 25 Maret 2022 mencapai 37.748 orang," kata Kepala Bidang Pencegahan dan Pengendalian Penyakit, Dinas Kesehatan Provinsi DKI Jakarta, Dwi Oktavia dalam keterangan resmi di Jakarta, Sabtu (26/3/2022).

 

1. Warga yang vaksinasi booster terus bertambah tiap harinya

Tren Vaksinasi Booster di Jakarta Melonjak Usai Jadi Syarat Mudikilustrasi vaksin booster (IDN Times/Aditya Pratama)

Dwi mengatakan, jika dibandingkan dengan data sebelumnya, jumlah warga yang mendapatkan vaksin dosis tiga pada Rabu (23/3/2022) sebanyak 4.283 orang, sedangkan pada Kamis (24/3/2022) mencapai 34.597 orang.

Pemprov DKI Jakarta menyarankan agar warga dapat langsung menuju ke tempat vaksinasi untuk mendapat layanan vaksin booster.

Baca Juga: Kemenhub: 80 Juta Orang Berpotensi Mudik Lebaran Tahun Ini

2. Vaksin booster sangat penting bagi pemudik karena risiko penularan tinggi

Tren Vaksinasi Booster di Jakarta Melonjak Usai Jadi Syarat MudikSiti Nadia Tarmizi (IDN Times/Dini Suciatiningrum)

Kementerian Kesehatan menyatakan pemerintah mewajibkan vaksinasi dosis penguat atau dosis tiga sebagai syarat bagi para pemudik saat Lebaran nanti karena mobilitas warga diperkirakan akan sangat tinggi

Juru Bicara Vaksinasi COVID-19, Kementerian Kesehatan Siti Nadia Tarmizi mengatakan kewajiban vaksinasi dosis penguat tidak semata-mata tanpa pertimbangan yang jelas.

"Mobilitas masyarakat yang masif memungkinkan penularan COVID-19 yang lebih tinggi. Maka dari itu vaksinasi penguat penting dilakukan untuk membantu mengurangi dampak kesakitan jika tertular COVID-19," kata dia.

3. Diprediksi 80 juta orang akan mudik lebaran tahun ini

Tren Vaksinasi Booster di Jakarta Melonjak Usai Jadi Syarat MudikIDN Times/Dini Suciatiningrum

Berdasarkan hasil survei Badan Penelitian dan Pengembangan Perhubungan, Kementerian Perhubungan tentang mudik Lebaran 2022, diketahui potensi masyarakat yang akan mudik berjumlah sekitar 80 juta orang.

Dengan demikian, vaksinasi penguat tetap harus dilaksanakan. Pemberian vaksinasi penguat tetap mengacu pada interval pemberian vaksinasi, mulai dari vaksinasi pertama, vaksinasi kedua, hingga vaksinasi penguat.

Baca Juga: Satgas: Capaian Vaksinasi COVID-19 Booster Indonesia Masih Rendah

Topik:

  • Dwifantya Aquina

Berita Terkini Lainnya