Comscore Tracker

Urai Kepadatan, Contraflow di Tol Japek Arah Jakarta Diperpanjang

Contraflow dari KM 61 sampai dengan KM 47 Tol Japek

Jakarta, IDN Times - PT Jasa Marga (Persero) Tbk. melalui Jasamarga Transjawa Tollroad Regional Division memberlakukan perpanjangan rekayasa lalu lintas contraflow dari KM 61 sampai dengan KM 47 di jalan tol Jakarta-Cikampek arah Jakarta.

General Manager Representative Office 1 Jasamarga Transjawa Tollroad Regional Division, Widiyatmiko Nursejati mengatakan, hal ini dilakukan untuk mengurai kepadatan di Jalan Tol Jakarta-Cikampek (Japek) arah Jakarta.

"Jasa Marga atas diskresi Kepolisian memberlakukan perpanjangan rekayasa lalu lintas contraflow dari KM 61 sampai dengan KM 47 arah Jakarta sejak pukul 18.55 WIB," ujar dia di Jakarta seperti dikutip dari ANTARA, pada Minggu (27/12/2020).

1. Penumpang kendaraan diminta menghindari kerumunan di rest area

Urai Kepadatan, Contraflow di Tol Japek Arah Jakarta DiperpanjangIlustrasi rest area. Dokumen Istimewa

Menurut Widiyatmiko, dengan diberlakukannya perpanjangan contraflow, diharapkan dapat mencairkan kepadatan yang terjadi di Ruas Jalan Tol Jakarta-Cikampek.

Jasa Marga mengimbau kepada seluruh pengguna jalan agar memastikan kendaraan dalam keadaan prima, saldo uang elektronik cukup, mengisi bahan bakar sebelum memulai perjalanan serta membawa bekal untuk menghindari kerumunan atau kepadatan di rest area.

"Selalu berhati-hati dalam berkendara, patuhi rambu-rambu dan ikuti arahan petugas di lapangan," kata dia.

Baca Juga: Jasa Marga Tutup Sementara Rest Area KM 52B Tol Japek, Ini Jadwalnya

2. Jasa Marga prediksi terjadi peningkatan volume kendaraan menuju Jakarta

Urai Kepadatan, Contraflow di Tol Japek Arah Jakarta DiperpanjangIlustrasi (IDN Times/Ilyas Listianto Mujib)

Sebelumnya Corporate Communication & Community Development Group Head Jasa Marga Dwimawan Heru memprediksi akan terjadi peningkatan volume kendaraan kumulatif dari gerbang tol barrier atau utama yang akan kembali menuju Jakarta pada Minggu (27/12) mencapai 178.887 kendaraan, meningkat 13,82 persen dari lalin normal.

Ia juga memprediksi mayoritas sebanyak 57.404 kendaraan akan melintasi Gerbang Tol Cikampek Utama arah Jakarta, meningkat 35 persen dari lalin normal.

Jasa Marga mengimbau kepada pengguna jalan tol agar dapat mengantisipasi waktu perjalanan. Hindari kembali ke Jakarta pada waktu puncak 27 Desember 2020 demi perjalanan yang lebih nyaman.

3. Rest area KM 52B arah Jakarta ditutup mulai pagi ini

Urai Kepadatan, Contraflow di Tol Japek Arah Jakarta DiperpanjangTol Layang (Elevated) Jakarta-Cikampek (Japek II) Km 28, Cikarang, Kabupaten Bekasi, Jawa Barat, Minggu (8/12/2019). (ANTARA FOTO/Fakhri Hermansyah)

Sebelumnya, Jasamarga Transjawa Tollroad Regional Division (JTT) menutup sementara rest area atau tempat istirahat (TI) KM 52B arah Jakarta, Tol Jakarta-Cikampek (Japek).

Hal ini dilakukan untuk mengantisipasi lonjakan arus lalu lintas di libur panjang hari raya natal 2020 dan tahun baru 2021.

Penutupan rest area KM 52B arah Jakarta mulai dilakukan pada Minggu, 27 Desember 2020 pukul 08.00 WIB hingga Senin, 28 Desember 2020 pukul 08.00 WIB.

Kemudian paada Minggu, 3 Januari 2020 pukul 08.00 WIB hingga Senin, 4 Januari 2020 pukul 08.00 WIB.

Baca Juga: Jasa Marga Catat 356 Ribu Tinggalkan Jakarta sejak H-2 Natal

Topic:

  • Dwifantya Aquina

Berita Terkini Lainnya