Comscore Tracker

Waspada, Jakarta akan Diguyur Hujan Angin dan Petir Hingga Kamis

BMKG menyebut ini akan terjadi di hampir semua wilayah DKI

Jakarta, IDN Times - Curah hujan dengan intensitas lebat disertai petir akan berlangsung hingga Kamis (23/1). Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika menyebut beberapa wilayah Jakarta akan mengalami hujan lebat disertai angin kencang.

"Waspada potensi hujan disertai kilat atau petir dan angin kencang dengan durasi singkat di Jakarta Selatan dan Jakarta Timur pada sore hari," tulis pernyataan dalam laman resmi BMKG, Selasa (21/1).

1. Jakarta Timur, Pusat dan Utara diprediksi akan diguyur hujan petir

Waspada, Jakarta akan Diguyur Hujan Angin dan Petir Hingga KamisIlustrasi (IDN Times/Rochmanudin)

Jakarta Timur diperkirakan diguyur hujan petir mulai pagi serta hujan lokal di siang hari dengan suhu udara berkisar 24 hingga 32 derajat Celcius serta kelembapan udara 80 sampai 95 persen.

Wilayah Jakarta Selatan akan diguyur hujan lokal pada siang hari dengan suhu berkisar 24 hingga 32 derajat Celcius serta kelembapan udara 80 sampai 95 persen.

Hujan juga diperkirakan mengguyur wilayah Jakarta Barat, Jakarta Pusat, Jakarta Utara, hingga Kepulauan Seribu mulai pagi hari.

Jakarta Pusat dan Jakarta Utara juga dibayangi hujan petir pada pagi hari dengan suhu berkisar 25 hingga 31 derajat Celcius, kelembapan udara 85 sampai 95 persen.

Baca Juga: Diledek Kalah dari Pawang Hujan soal Prediksi Cuaca, Ini Respons BMKG

2. Hujan lebat disertai petir akan terjadi hingga Kamis akibat situasi sirkulasi siklonik sekitar Selat Karimata

Waspada, Jakarta akan Diguyur Hujan Angin dan Petir Hingga KamisIlustrasi hujan (IDN Times/Dwifantya Aquina)

Curah hujan dengan intensitas lebat disertai petir itu diprediksi terjadi hingga Kamis (23/1) karena situasi sirkulasi siklonik di sekitar Selat Karimata saat ini masih teridentifikasi aktif.

Kondisi itu menyebabkan terbentuknya pola konvergensi serta belokan angin yang dapat meningkatkan potensi pertumbuhan awan hujan di sebagian wilayah Indonesia bagian barat.

"Tingkat labilitas udara yang signifikan juga cukup berkontribusi pada peningkatan pertumbuhan awan hujan," tulis laman bmkg.go.id.

3. BMKG memperkirakan hampir di seluruh wilayah Jakarta diguyur hujan pagi ini

Waspada, Jakarta akan Diguyur Hujan Angin dan Petir Hingga KamisIDN Times/Aldila Muharma

Badan Meteorologi dan Geofisika (BMKG) memperkirakan hampir di seluruh Jakarta akan hujan pada Selasa (20/1) pagi.

BMKG juga memperingatkan semua pihak untuk mewaspadai terjadinya hujan disertai petir dan angin kencang dengan durasi singkat di wilayah Jakarta Selatan dan Timur pada sore hari.

Setelah hujan mengguyur sejumlah wilayah, BMKG memperkirakan cuaca di Ibu Kota cenderung membaik karena seluruh wilayah diyakini hanya berawan.

BMKG juga mengingatkan potensi hujan disertai petir dan angin kencang di wilayah Jakarta Selatan, Jakarta Barat dan Jakarta Timur pada siang hingga menjelang malam hari.

Baca artikel menarik lainnya di IDN Times App. Unduh di sini http://onelink.to/s2mwkb

Baca Juga: BMKG: Waspadai Hujan Petir di Jakarta Selatan dan Jakarta Timur

Topic:

  • Dwifantya Aquina

Berita Terkini Lainnya