7 Langkah Mengelola Amarah, Demi Damai Jiwamu

#GoodLife Yang sabar ya

Kehidupan akan terasa hampa tanpa adanya emosi. Ya, pengalaman mengenai cinta, kemarahan, kesenangan, ketakutan dan berbagai rasa yang memberikan semangat akan membuat hidup menjadi berwarna.

Apakah emosi itu? Emosi merupakan keadaan pola dari kesadaran, fisiologis, dan tingkah laku yang terjadi karena diri merespon suatu keadaan yang terjadi. 

Perlu diketahui dalam diri seseorang terdapat dua macam emosi yaitu, emosi positif dan emosi negatif. Emosi positif meliputi kesenangan, kepuasan, dan cinta. Emosi negatif meliputi sedih, marah, dan stres. Emosi negatif merupakan bentuk reaksi normal dari keadaan stres. Jadi timbulnya rasa marah bisa terjadi karena dalam keadaan sedih atau tertekan ya guys.

Sebenarnya marah adalah hal manusiawi, bagaimanapun juga manusia memang memiliki dua emosi dasar di dalam dirinya. Nah, tugasmu sebagai individu yang baik adalah mengelola marah tersebut agar tidak menimbulkan efek negatif tentunya bagi diri sendiri dan orang lain.

Ya, mengelola marah adalah salah satu cara melepaskan kemarahan agar tidak meledak-ledak. Bayangkan kalau kamu harus marah, lalu tekanan darah naik, dan kamu merasa bad mood yang berujung pada kacaunya aktifitasmu. Jangan sampai harimu kacau ya, yuk kelola amarahmu.

1. Tenangkan dirimu

7 Langkah Mengelola Amarah, Demi Damai Jiwamupexels/bruce mars

Jika kamu merasa ingin marah dan sudah tak tertahankan, coba tenangkan dirimu. Tahan amarah? Tidak, jangan tahan amarahmu tetapi cari cara untuk melepaskannya. Kamu bisa berkata baik-baik atau mendiskusikannya.

Jaga pikiran, ucapan, dan tingkah lakumu juga ya. Jangan sampai kamu melepaskan amarah yang tidak terkontrol dan di kemudian hari justru menjadi boomerang buatmu, karena tingkah lakumu menjadi tanggung jawabmu.

2. Kenali permasalahanmu

7 Langkah Mengelola Amarah, Demi Damai Jiwamupexels/bruce mars

Cari tahu apa yang membuatmu kesal. Kesalmu pasti ada penyebabnya, telusuri lagi akar permasalahannya. Ingat, hindari negatif self-talk, kenali dirimu, kenali masalahmu, jangan sampai kamu marah tanpa sebab. That is not good, ok!

3. Cari solusinya

7 Langkah Mengelola Amarah, Demi Damai Jiwamupexels/Matheus Bertelli

Setelah menemukan akar permasalahanmu, lalu pikirkan jalan keluarnya. Di sini kamu bisa melibatkan teman, sahabat, atau keluarga untuk dijadikan tempat curhat. Ceritakan rasa sakit hati, rasa kesal, atau sesuatu yang membuatmu marah.

Nah, kamu juga harus hati-hati ya dalam memilih teman curhat, pastikan kamu memilih orang yang tepat dan tentu saja bisa menjaga keamanan rahasia.

Baca Juga: 7 Trik Berbicara dengan Orang Berwatak Keras Biar Kamu Gak Ikut Emosi

4. Pilih solusi terbaik

7 Langkah Mengelola Amarah, Demi Damai Jiwamupexels/rawpixel

Dari berbagai solusi yang memungkinkan, pilih yang terbaik sesuai dengan permasalahan yang kamu hadapi. Berfikir secara jernih akan memudahkanmu untuk memilih mana solusi yang terbaik dari beberapa solusi yang ada.

5. Evaluasi solusimu

7 Langkah Mengelola Amarah, Demi Damai Jiwamupexels/Pixabay

Dari solusi yang kamu pilih dan kamu terapkan adakah solusimu berjalan dengan baik? Jika belum kamu bisa melakukan evaluasi, hal apa yang membuat solusimu terhambat, dan segera perbaiki.

6. Beri reward pada dirimu

7 Langkah Mengelola Amarah, Demi Damai Jiwamupexels/bruce mars

Berikan penghargaan pada dirimu sendiri karena kamu mampu mengendalikan amarahmu. Kamu mampu mengucapkan kata-kata dengan tepat tanpa harus terlihat marah-marah dan kehilangan kontrol diri.

7. Buatlah perubahan bila perlu

7 Langkah Mengelola Amarah, Demi Damai Jiwamupexels/rawpixel

Berubahlah jika memang diperlukan. Bukan hanya perubahan solusi tetapi juga perubahan sikapmu jika memang itu adalah jalan yang terbaik. Tentunya perubahan ke arah yang lebih baik, kamu bisa mencoba untuk lebih tidak reaktif dalam menanggapi sesuatu yang mengusik hatimu, mencoba lebih bersabar dan tidak terlalu memikirkan hal-hal kecil yang bisa membuatmu tidak bahagia.

Be patience Ok!

Baca Juga: Mengapa Kecerdasan Emosional Lebih Penting Daripada IQ?

Dyah Photo Verified Writer Dyah

Create your own magic

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Febrianti Diah Kusumaningrum

Berita Terkini Lainnya