ACT dan GASS Sediakan 500 Porsi Iftar Gratis di Wilayah Jakarta

Ada masker juga untuk penerima manfaat

Jakarta, IDN Times - Aksi Cepat Tanggap (ACT) bersama Gabungan Artis dan Seniman Sunda (GASS) menyediakan 500 porsi hidangan iftar gratis di 5 warteg yang ada di Jakarta. Salah satu warteg yang berpartisipasi pada pendistribusian tersebut ialah Warteg Kharisma Bahari di Kelurahan Pasar Baru, Kecamatan Pasar Rebo, Jakarta Timur. 

Selain makanan siap saji, warteg tersebut juga menyertakan satu masker untuk penerima manfaat. Pemilik warteg telah membagikan kupon kepada masyarakat dan menyasar kepada orang yang benar-benar terdampak pandemik Covid-19.

“Alhamdulillah, kita bagikan untuk penerima manfaat yang di antaranya ada marbut masjid, pedagang keliling, ojek online, dan lingkungan sekitar yang mana mereka biasanya terkena PHK akibat pandemik Covid-19 ini,” kata Dewi selaku pemilik Warteg Kharisma Bahari Pasar Baru.

1. Pemberian iftar untuk warga yang akan berbuka puasa

ACT dan GASS Sediakan 500 Porsi Iftar Gratis di Wilayah JakartaIDN Times/ACT

Mereka menyiapkan nasi kotak tersebut untuk warga yang akan berbuka puasa. Penerima manfaat dapat menentukan sendiri lauk yang akan mereka makan nantinya. Dewi juga menambahkan, setiap porsinya insyaallah sesuai dengan selera dari penerima manfaat.

Tamsari, seorang pedagang nanas di lingkungan sekitar, berterima kasih karena bisa mendapatkan bantuan dari Operasi Makan Gratis. Ia mengaku sangat senang dengan hadirnya program ini.

“Wah senang saya, orang-orang sini juga (antusias). Bahkan kemarin sebelum puasa ramai yang datang ke sini dan mengantre,” ujarnya.

2. GASS mengajak masyarakat untuk membantu sesama yang terdampak pandemik Covid-19

ACT dan GASS Sediakan 500 Porsi Iftar Gratis di Wilayah JakartaIlustrasi virus corona (IDN Times/Arif Rahmat)

Sementara itu, Melly Goeslaw yang merupakan salah satu anggota dari GASS juga sempat melakukan panggilan video dengan tim ACT yang berada di lokasi. Penyanyi yang akrab disapa dengan panggilan Teh Melly ini juga sempat berbincang-bincang langsung dengan pemilik warteg. Selain Melly, anggota GASS lainnya yang ikut dalam panggilan video tersebut antara lain Hedi Yunus dan Armand Maulana. Sejak 19 April lalu, GASS mengajak publik untuk bersama membantu saudara sebangsa yang terdampak pandemik Covid-19. 

"Kami ingin mengajak masyarakat untuk membantu meringankan ikhtiar mereka. Bersama Aksi Cepat Tanggap, GASS akan ikut aksi menyelamatkan saudara-saudara kita yang secara ekonomi terdampak wabah virus corona. Melalui program Operasi Pangan Gratis dan Operasi Beras Gratis, kita bantu mereka dengan memberikan bantuan pangan terbaik selama masa darurat bencana wabah virus corona ini," ujar GASS dalam narasi kampanye kepedulian mereka di laman Indonesia Dermawan.

3. Donasi yang terkumpul mencapai Rp70 juta

ACT dan GASS Sediakan 500 Porsi Iftar Gratis di Wilayah JakartaIDN Times/ACT

Hingga saat ini, Selasa (12/5), donasi yang terkumpul mencapai Rp70.375.530. GASS akan terus mengajak publik untuk bersama selamatkan bangsa, mengingat luasnya dampak pandemik hingga saat ini. 

Sementara itu, hingga kini Operasi Makan Gratis telah berkolaborasi dengan ribuan warteg dan rumah makan di Jabodetabek. Target Operasi Makan Gratis meliputi pekerja informal, masyarakat prasejahtera, dan buruh harian yang semakin sulit mendapatkan penghasilan saat pandemik Covid-19. Aksi terus dimasifkan melihat dampak Covid-19 yang semakin meluas secara sosial ekonomi.

Agar ikhtiar ini berjalan dengan lebih mudah dan luas, ACT mengajak kamu semua untuk turut serta dalam aksi ini. Dengan kepedulianmu, kita selamatkan mereka para saudara sebangsa. Salurkan donasi Rp10.000, bentuk buah kepedulianmu untuk bantu mereka sekarang! Bersama GASS dan Aksi Cepat Tanggap, kita selamatkan bangsa melalui www.indonesiadermawan.id.

Topik:

  • Marwan Fitranansya

Berita Terkini Lainnya