Salut! Danone-Indonesia Lakukan Banyak Aksi Konkret untuk Indonesia

Perusahaan lain juga ikuti langkah ini yuk!

Jakarta, IDN Times- Indonesia Millennial Summit 2020 (IMS 2020) sudah berlangsung pada 17-18 Januari 2020 yang lalu. Di hari pertamanya, sebanyak lebih dari 5.000 future leaders telah bergabung ke empat stage yang ada di IMS 2020. Salah satu sesi yang nggak kalah menyita perhatian adalah “Achieving Sustainable Development Goals: Lessons and Learnings" di Visionary Leaders stage. 

Di sini para pemimpin-pemimpin dari perusahaan-perusahaan berpengaruh di Indonesia menyampaikan keterlibatan perusahaannya dalam mengimplementasikan Sustainable Development Goals (SDGs) di dalam perusahaannya. Penasaran dengan kontribusi dari perusahaan-perusahaan ini? Simak ulasannya berikut ini!

1. Menghadirkan perwakilan dari tiga perusahaan paling berpengaruh di Indonesia

Salut! Danone-Indonesia Lakukan Banyak Aksi Konkret untuk IndonesiaIDN Times/Anindya Roswita

SDGs sendiri memiliki 17 tujuan dengan 169 capaian yang telah ditentukan oleh PBB sebagai agenda dunia. Dalam hal ini, nggak hanya pemerintah saja yang punya kewajiban untuk mengimplementasikannya, tetapi juga setiap elemen yang ada pada suatu negara, baik perusahaan swasta, Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM) dan tentunya dengan melibatkan masyarakat.

Pada sesi ini, IMS 2020 menghadirkan Jens Reisch selaku President Director PT Prudential Life Assurance, Axton Salim selaku Director of PT Indofood Sukses Makmur Tbk, dan Vera Galuh Sugijanto selaku VP General Secretary Danone-Indonesia. Di sini, ketiganya membagikan pengalaman bagaimana perusahaan mereka juga ikut memberikan kontribusi dalam mencapai tujuan dalam SDGs. Salut!

2. Untuk mewujudkan SDGs di Indonesia, Danone-Indonesia membuat Danone 2030 Goals

Salut! Danone-Indonesia Lakukan Banyak Aksi Konkret untuk IndonesiaIDN Times/Anindya Roswita

SDGs sendiri diklasifikasikan menjadi empat kategori yaitu sosial, ekonomi, lingkungan dan tata kelola. untuk menyukseskannya, setiap perusahaan swasta pun ikut terlibat dalam memberikan kontribusinya untuk negara dan dunia. Begitu juga dengan Danone-Indonesia. Pasalnya Danone-Indonesia memiliki Danone 2030 Goals yang berisi 9 tujuan jangka panjang yang terintegrasi dan tertanam dalam bisnis model, brand, dan trust models.

Danone 2030 Goals ini sejalan dengan tujuan SDGs dari PBB yang diadaptasikan secara universal sehingga lebih mudah dipahami. Danone Global Company sendiri memiliki dua lini bisnis di Danone-Indonesia, yaitu yang bergerak dalam bidang air minum lewat brand AQUA dan life nutrition lewat brand SGM (Susu Generasi Maju). Dengan 26 pabrik dan 15.000 karyawan yang dimiliki Danone-Indonesia di seluruh Indonesia, menjadi potensi tersendiri dalam bidang bisnis maupun sosial dalam memberikan peranan maupun kesempatan untuk bisa berkontribusi dalam mewujudkan SDGs.

3. Visi Danone-Indonesia tidak hanya untuk Indonesia tetapi juga dunia

Salut! Danone-Indonesia Lakukan Banyak Aksi Konkret untuk IndonesiaIDN Times/Anindya Roswita

Dalam sesi ini, Vera menyampaikan bahwa Danone-Indonesia memiliki sebuah visi yang disebut One Planet One Love. “Kita percaya kita bisa menyehatkan masyarakat nggak hanya lewat makanan dan minuman yang kita produksi dan kita pasarkan, tetapi juga kita bisa lewat bisnis, karena kita bisa berusaha untuk menjaga keberlangsungan lingkungan dan planet,” ujar Vera dengan penuh semangat.

Tujuan Danone-Indonesia tidak hanya diperuntukkan untuk generasi saat ini saja, tetapi juga untuk diwariskan ke generasi selanjutnya. Sebuah langkah yang visioner dari Danone-Indonesia, patut bangga nih!

4. Setiap Pilar Danone 2030 Goals mewakili target-target yang ingin diwujudkan dalam SDGs

Salut! Danone-Indonesia Lakukan Banyak Aksi Konkret untuk IndonesiaIDN Times/Anindya Roswita

Sesuai dengan empat pilar klasifikasi SDGs yang ada di Indonesia, sebagai inisiatif Danone-Indonesia lewat Danone 2030 Goals yang di dalamnya terdiri dari program-program yang dijalankan Danone-Indonesia bersama stakeholders lainnya dengan tiga pilar utama yaitu business model, brand model dan trust model.

Dari pilar business model misalnya, Danone-Indonesia berkomitmen untuk berinovasi menghadirkan makanan berkualitas dan aman, membangun pertumbuhan yang menguntungkan sekaligus berkelanjutan lewat produk-produk yang fokus pada kesehatan dan mempertahankan sertifikasi B Corp sebagai komitmen jangka panjang yang berkelanjutan. Hal ini dilakukan untuk memberikan standar yang tinggi untuk aspek sosial dan lingkungan.

Dari pilar brand model, Danone-Indonesia berkomitmen untuk mendorong brand-brand-nya menjadi bentuk manifestasi dalam melindungi dan menutrisi masyarakat dan planet. Di antaranya dengan menyehatkan masyarakat secara langsung lewat produk makanan berkualitas, membangun produk yang sesuai dengan tujuan Danone-Indonesia untuk menyehatkan masyarakat dan planet lewat Manifesto Brand, dan menggunakan sumber bahan yang sifatnya berkelanjutan untuk mencapai kadar karbon yang netral di tahun 2050.

Terakhir dari pilar trust model di mana Danone-Indonesia berkomitmen untuk berkembang menjadi perusahaan yang inklusif, mendukung masyarakat untuk menciptakan nilai keberlanjutan. Hal itu dicapai dengan mempercayakan masa depan dengan Danone, mengembangkan perusahaan yang inklusif dengan berbagai pihak termasuk petani, pedagang kaki lima, serta melakukan revolusi pangan baik dari segi produksi hingga distribusi.

5. Berbagai program dari empat pilar SDGs dibentuk untuk aplikasikan Danone 2030 Goals

Salut! Danone-Indonesia Lakukan Banyak Aksi Konkret untuk IndonesiaIDN Times/Anindya Roswita

Danone-Indonesia juga melakukan beberapa program yang sesuai dengan 9 target jangka panjang yang terdapat dalam Danone 2030 Goals. program-program ini juga sejalan dengan empat kategori klasifikasi SDGs yang sebelumnya sudah disebutkan.

Dari aspek sosial misalnya, Danone-Indonesia memiliki program dalam bidang pertanian. Dalam program ini, Danone-Indonesia selalu mendorong pertanian berkelanjutan untuk masyarakat sekitar pabrik mereka dibangun. Output-nya pun beragam, salah satunya adalah beras sehat dari Cianjur yang dihasilkan oleh 6 petani yang sudah dibina sehingga dapat menghasilkan sekitar 40 ton beras di mana 50%-nya sudah menjadi income untuk para petani tersebut.

Untuk memaksimalkan perannya, Danone-Indonesia juga menunjukan dampak positifnya lewat program-program yang diaplikasikan di sekolah. Misalnya ada AMIR atau Ayo Minum Air, sebagai program yang memastikan hidrasi sehat untuk masyarakat Indonesia. Program ini juga bekerja sama dengan IHWG dan FKUI dalam membentuk salah satu modul yang dijadikan bahan ajar di UKS. 

Kemudian, Danone-Indonesia juga ikut bekerjasama dalam pembuatan modul “Isi Piringku” yang juga didukung oleh pemerintah. Modul ini dibuat untuk guru dan orangtua agar tertarik dalam memberikan makanan sehat kepada anak-anak usia PAUD atau 4-6 tahun. Dan jangan lupa, Danone-Indonesia juga banyak terlibat dalam memastikan standar kantin yang baik di sekolah-sekolah di Indonesia lho.

6. Danone-Indonesia juga memberikan dampak positif di sektor ekonomi dan lingkungan

Salut! Danone-Indonesia Lakukan Banyak Aksi Konkret untuk IndonesiaIDN Times/Anindya Roswita

Di pilar ekonomi, Danone-Indonesia juga memiliki program yang ikut menggerakan perekonomian masyarakat. Salah satu contohnya adalah lewat program AQUA Home Service atau yang lebih dikenal dengan AHS. Lewat program ini, Danone-Indonesia lewat AQUA memberdayakan ibu-ibu untuk menjadi entrepreneur. Para ibu menjadi salah satu akses hidrasi sehat bagi masyarakat sekitar.

Di sektor lingkungan, selain konsentrasi pada konservasi air agar tetap terjaga kualitas dan kuantitasnya terus berlanjut, Danone-Indonesia juga menanam 2,6 juta pohon yang dapat terpantau perkembangannya. Selain itu, Danone-Indonesia juga melakukan penanaman biopori, sumur resapan dan masih banyak lagi.

7. Luncurkan campaign #BijakBerplastik, Danone-Indonesia fokus ke tiga pilar konsentrasi

Salut! Danone-Indonesia Lakukan Banyak Aksi Konkret untuk IndonesiaIDN Times/Anindya Roswita

Selain beberapa program yang sudah dijelaskan sebelumnya, Danone-Indonesia juga meluncurkan kampanye #BijakBerplastik sejak tahun 2018. Kampanye ini terdiri dari beberapa pilar yang di antaranya terdiri dari education, innovation dan collection. Dari pilar edukasi sendiri Danone-Indonesia lewat AQUA baru saja merilis sebuah modul berjudul “Sampahku Tanggung Jawabku” yang juga didukung oleh Universitas Indonesia dan Kementerian Koordinasi Maritim dan Investasi. Modulnya sendiri bertujuan untuk memastikan anak-anak lebih peduli lagi terhadap tanggung jawab akan sampah yang ada di sekitarnya.

8. #BijakBerplastik juga fokus dalam pengembangan inovasi-inovasi dari plastik

Salut! Danone-Indonesia Lakukan Banyak Aksi Konkret untuk IndonesiaIDN Times/Karsa Adiguna

Sementara dari pilar innovation, Danone-Indonesia lewat brand AQUA baru saja merilis botol AQUA-Life yang terbuat dari 100% botol plastik dan dapat juga 100% dapat didaur ulang. Botol AQUA-Life ini juga aman digunakan berulang kali sehingga fungsinya dapat dimaksimalkan oleh masyarakat Indonesia untuk dapat mengurangi sampah plastik sekali pakai.

9. 12.000 ton botol plastik telah dikumpulkan Danone-AQUA

Salut! Danone-Indonesia Lakukan Banyak Aksi Konkret untuk IndonesiaIDN Times/Lamtiar Sihombing

Kemudian sejak tahun 1983, AQUA sudah mengumpulkan 12.000 ton botol plastik dari merek apapun yang sudah dicacah kemudian dijadikan bijih plastik untuk membuat produk-produk tertentu dengan bekerjasama dengan perusahaan-perusahaan yang berkolaborasi dengan Danone-Indonesia. Hal ini sejalan dengan pilar collection dalam campaign #BijakBerplastik.

Danone-Indonesia sekali lagi membuktikan kepada kita semua bahwasannya ada lho perusahaan yang memiliki aksi konkret dalam memberikan dampak positif untuk sosial, ekonomi, lingkungan sekaligus. Semoga dengan kolaborasi nyata yang dilakukan oleh Danone-Indonesia dapat mewujudkan SDGs di tahun 2030 ya!

Topik:

  • Anindya Roswita Putri

Berita Terkini Lainnya