Dukung Gugus Tugas Tangani Covid-19, BLK Kemnaker Surakarta Donasi APD

APD tersebut hasil karya alumni BLK

Surakarta, IDN Times - Balai Latihan Kerja (BLK) Surakarta menyerahkan bantuan pakaian Alat Pelindung Diri (APD) pakaian Hazmat (hazardous materials) kepada Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kota Surakarta. Donasi 500 APD pakaian hazmat dari 1600 yang ditargetkan merupakan hasil karya alumni siswa BLK Surakarta. Kepala BLK Surakarta Sofwan Setiawan menyerahkan langsung bantuan itu kepada Wali Kota Surakarta FX Hadi Rudyatmo di Balai Kota Surakarta, Jawa Tengah, Kamis (9/4).

Disaksikan Kadisnaker dan Perindustrian Surakarta, Ariani Indriastuti, Sofwan Setiawan mengatakan bantuan pakaian APD tersebut merupakan bantuan tahap kedua yang didonasikan BLK Surakarta. Bantuan tahap pertama sebanyak 75 pakaian APD diserahkan kepada RSUD Dr Moewardi pada Rabu (1/4) pekan lalu.

“Donasi APD pakaian Hazmat saat ini sebagai salah satu upaya peran serta BLK Surakarta melawan Covid-19. Kami persembahkan untuk tenaga medis dan petugas lainnya. Mereka adalah pejuang kemanusiaan, yang berjibaku di garda terdepan," kata Sofwan.

1. Perlindungan bagi petugas di garda depan penanganan corona begitu penting

Dukung Gugus Tugas Tangani Covid-19, BLK Kemnaker Surakarta Donasi APDIDN Times/Kemnaker

Sofwan mengatakan saat ini petugas jaga posko yang terdiri dari tim gabungan merupakan bagian dari garda terdepan dalam penanggulangan Covid-19 atau virus corona. Mereka berhadapan langsung dengan masyarakat terutama yang datang dari kota-kota besar dan masuk dalam zona merah virus corona. Warga tersebut secara otomatis masuk dalam pengawasan.

Sofwan menjelaskan para petugas di posko siaga itu bekerja memeriksa kesehatan setiap pemudik dan sangat berisiko tinggi.

"Untuk itu, perlindungan bagi petugas juga sangat penting. Salah satunya dengan penggunaan alat-alat ini," katanya.

2. BLK Surakarta melanjutkan produksi APD dengan target 1.100 potong pakaian

Dukung Gugus Tugas Tangani Covid-19, BLK Kemnaker Surakarta Donasi APDIDN Times/Kemnaker

Hingga saat ini, Sofwan menambahkan BLK Surakarta melanjutkan proses produksi pakaian APD dengan target produksi 1.100 potong pakaian APD hingga mencapai total pakaian APD sebanyak 1.675 potong.

Sofwan mengungkapkan pakaian APD Hazmat itu dibuat oleh peserta pelatihan yang merupakan alumni BLK Surakarta, dari kejuruan garmen apparel yang ditingkatkan kompetensinya. Proses pelatihannya sendiri dilakukan dengan metode Distance Trainning.

"Pembelajaran teori dilakukan secara online dan latihan serta tugas/job yang diberikan oleh instruktur dikerjakan di rumah masing-masing peserta," kata Sofwan.

3. Wali Kota Surakarta mengapresiasi BLK Surakarta

Dukung Gugus Tugas Tangani Covid-19, BLK Kemnaker Surakarta Donasi APDIDN Times/Kemnaker

Sementara itu, Hadi Rudyatmo mengapresiasi kepedulian BLK Surakarta dalam membantu masyarakat Kota Surakarta, khususnya para tenaga medis yang merupakan ujung tombak dalam penanganan pandemi Covid-19.

Menurut Hadi, bantuan tersebut melalui Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kota Surakarta akan didistribusikan untuk tenaga medis yang ada di berbagai fasilitas kesehatan di Kota Surakarta.

"Saya berharap agar APD Hazmat ini dimanfaatkan sebaik-baiknya oleh Gugus Tugas sehingga dapat bermanfaat dalam hal penanganan Covid-19 di Surakarta, "  katanya.

Topik:

  • Ezri T Suro

Berita Terkini Lainnya