BPPSDMP Kementan Luncurkan BPP Model Konstratani sebagai Pilot Project

Program itu menggandeng BPP Padarincang dan BPP Kramatwatu

Serang, IDN Times - Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo (SYL) menggagas Program Komando Strategi Pertanian (Konstratani) untuk mengoptimalkan tugas, fungsi, dan peran Balai Penyuluhan Pertanian (BPP) dalam menggerakkan pembangunan pertanian di tingkat kecamatan.

Untuk meningkatkan tugas, fungsi, dan peran BPP (Badan Penyuluhan Pertanian) di tingkat kecamatan, Kementerian Pertanian (Kementan) memberi peluang bagi BPP untuk menjadi BPP model. 

"Kementan telah menginisiasi pembentukan BPP model Kostratani, sosialisasi kebijakan, dan program lebih mudah dan intensif melalui video conference," kata Kepala Badan Penyuluhan dan Pengembangan SDM Pertanian, Dedi Nursyamsi.

1. BPPSDMP terus membina unit kerja dan unit pelaksana teknis di BPP Model Konstratani

BPPSDMP Kementan Luncurkan BPP Model Konstratani sebagai Pilot ProjectPixabay/Anemone123

Badan Penyuluhan dan Pengembangan Sumber Daya Manusia Pertanian (BPPSDMP) terus menggalakkan pengembangan model BPP Konstratani dengan membina unit kerja (UK) dan unit pelaksana teknis (UPT) di BPP Model Kostratani. Salah satunya BPP Model di wilayah Kabupaten Serang, Banten.

“Kementan akan mengoptimalkan fungsi BPP dan para penyuluhnya di Kabupaten Serang dengan pilot project BPP Padarincang dan BPP Kramatwatu,” tutur Dedi dalam audiensi bersama Wakil Bupati Serang menjelang Peluncuran BPP Model di Kabupaten Serang, Rabu (05/08).

2. Pengoptimalan fungsi BPP dan para penyuluhnya disambut baik

BPPSDMP Kementan Luncurkan BPP Model Konstratani sebagai Pilot ProjectIDN Times/Kementan

Wakil Bupati Serang Pandji Tirtayasa menyambut baik hal tersebut. Menurutnya, sejak reformasi, penyuluh seperti kehilangan induk dan pemerintah daerah (pemda) tidak memiliki kapasitas dalam pengelolaan BPP dan peningkatan kemampuan para penyuluh. 

“Saat ini 130 penyuluh di Kabupaten Serang harus dioptimumkan kembali dan mendapatkan perhatian yang lebih baik, baik dari sisi karier maupun pendapatan. Selain itu, banyak juga produk-produk unggulan yang belum dikelola secara optimal seperti cokelat dan jagung,” imbuhnya.

3. Begini harapan adanya Konstratani

BPPSDMP Kementan Luncurkan BPP Model Konstratani sebagai Pilot ProjectIlustrasi pertanian (IDN Times/Rochmanudin)

Dengan adanya Kostratani, harapannya produksi dan produktivitas komoditas akan meningkat signifikan serta sinergi atau kemitraan dengan instansi terkait untuk pascapanen, pengolahan, dan pemasaran dapat berjalan dengan baik. Penulis: VNL-Pusdiktan

Topik:

  • Ezri T Suro

Berita Terkini Lainnya