Comscore Tracker

BPPSDMP-Pusdiktan Ajak 2 Lembaga Tingkatkan Kualitas Akreditasi Polbangtan

Penyiapan akreditasi sedang intens dilakukan

Jakarta, IDN Times - Politeknik Pembangunan Pertanian Medan sedang mempercepat akreditasi program studi. Dengan menggandeng Kemendikbud dan BAN-PT, BPPSDM bersama politeknik di bawah naungan Kementerian Pertanian (Kementan) tersebut intens menyiapkan dan mengunggah dokumen di SAPTO (Sistem Akreditasi Perguruan Tinggi Online).

SAPTO adalah sistem yang dikembangkan Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT) untuk memudahkan perguruan tinggi mengajukan usulan akreditasi secara online. SAPTO sendiri dapat meningkatkan efisiensi dan kualitas akreditasi perguruan tinggi yang diselenggarakan BAN-PT. Program studi yang sedang diproses akreditasi adalah Penyuluhan Perkebunan Presisi, Penyuluhan Pertanian Berkelanjutan, dan Teknologi Produksi Tanaman Perkebunan.

Berkenan dengan hal tersebut, Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo mengungkapkan bahwa mencetak SDM pertanian berkualitas pada masa depan adalah hal yang penting. Menurutnya harus muncul SDM pertanian yang profesional, maju, mandiri, modern, dan mampu menciptakan lapangan pekerjaan untuk generasi muda di wilayah perdesaan.

"Selain itu, perlu ada lembaga pendidik pertanian andal sebagai wadah untuk melahirkan tenaga SDM pertanian yang profesional, maju, mandiri, dan modern. Kita akan terus berusaha mencetak SDM Pertanian andal untuk tetap semangat menjadi pahlawan-pahlawan pertanian yang mampu menciptakan kedaulatan dan ketahanan pangan. Pangan yang kuat, melahirkan negara yang kuat," tutur Mentan.

1. Kepala BPPSDMP siap mendukung peningkatan kualitas Polbangtan Medan

BPPSDMP-Pusdiktan Ajak 2 Lembaga Tingkatkan Kualitas Akreditasi PolbangtanIDN Times/Kementan

Senada dengan arahan Mentan, pada pertemuan pembahasan akreditasi program studi Polbangtan Medan, Kepala Badan Penyuluhan dan Pengembangan SDM Pertanian (BPPSDMP) Dedi Nursyamsi siap mendukung peningkatan kualitas lembaga pendidikan, Jumat (10/7).

"Salah satunya adalah akreditasi program studi yang diampu pada masing-masing Lembaga Pendidikan Kementerian Pertanian. Dukungan penuh anggaran dan upaya akselerasi proses penyiapan dokumen yang dipersyaratkan dikerahkan," tutur Dedy.

2. Hal soal akreditasi yang perlu kamu tahu

BPPSDMP-Pusdiktan Ajak 2 Lembaga Tingkatkan Kualitas Akreditasi PolbangtanIDN Times/Kementan

Pada pertemuan tersebut, Direktur Eksekutif Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT), Chan Basaruddin, mengungkapkan bahwa akreditasi merupakan kegiatan penilaian sesuai dengan kriteria yang ditetapkan berdasarkan Standar Nasional Pendidikan Tinggi. Akreditasi adalah kegiatan penilaian untuk menentukan kelayakan program studi dan perguruan tinggi selaku lembaga pendidikan sehingga merupakan suatu keharusan. 

3. Pendidikan vokasional dan SDM Pertanian harus mendapat perhatian penuh Kementan

BPPSDMP-Pusdiktan Ajak 2 Lembaga Tingkatkan Kualitas Akreditasi PolbangtanIDN Times/Kementan

Kepala Pusat Pendidikan Pertanian Idha Widi Arsanti menambahkan bahwa kualitas pendidikan vokasional dan sumber daya manusia sektor pertanian adalah hal penting yang harus mendapat perhatian penuh Kementan. Melalui akreditasi program studi, penjaminan mutu penyelenggaraan pendidikan terjaga sesuai ketentuan yang berlaku.  

Dengan adanya kerja sama yang terjalin antara BAN-PT, Kemendikbud dan BPPSDMP, diharapkan akan ada langkah-langkah konkret yang dapat ditindaklanjuti langsung oleh lembaga pendidikan yang merupakan unit kerja lingkup BPPSDMP yang akan melakukan akreditasi. (VTR-Pusdiktan)

Topic:

  • Ezri T Suro

Berita Terkini Lainnya