Basmi Kejahatan Siber, BSSN Resmi Meluncurkan JabarProv-CSIRT

Keamanan siber jadi nyaman

Bandung, IDN Times - Bertempat di Jabar Command Center, Jl. Dipenogoro No. 22 Bandung, akhirnya melaksanakan Launching Computer Security Incident Response Team (CSIRT) Provinsi Jawa Barat yang disebut dengan JabarProv-CSIRT. Acara ini dihadiri secara virtual oleh Deputi Penanggulangan dan Pemulihan (Deputi III) BSSN, Mayjen TNI Yoseph Puguh Eko Setiawan, S.E,M.H. yang menyampaikan sambutan Kepala BSSN, dan Letjen TNI (Purn) Hinsa Siburian. 

Dalam sambutannya, Kepala BSSN mengatakan bahwa CSIRT merupakan sebuah organisasi atau tim yang bertanggung jawab untuk menerima, meninjau dan menanggapi laporan dan juga aktivitas insiden keamanan siber.  

1. Tugas Gov-CSIRT

Basmi Kejahatan Siber, BSSN Resmi Meluncurkan JabarProv-CSIRTIDN Times/BSSN

CSIRT itu sendiri terdiri atas CSIRT Nasional atau Pusat Operasi  Keamanan Siber Nasional (Pusopskamsinas), CSIRT Sektoral (mencakup sektor  pemerintahan atau lembaga, BUMN, dan sektor privat), serta CSIRT Organisasi.

Government-CSIRT (Gov-CSIRT) Indonesia merupakan CSIRT sektor pemerintah Indonesia yang ditetapkan oleh Kepala Badan Siber dan Sandi Negara melalui Keputusan Kepala Badan Siber dan Sandi Negara No. 570 Tahun 2018. Secara khusus, Gov-CSIRT Indonesia mengemban misi sebagai berikut:

  1. Membangun, mengoordinasikan, mengolaborasikan dan mengoperasionalkan sistem mitigasi, manajemen krisis, penanggulangan dan pemulihan terhadap insiden keamanan siber pada sektor pemerintah.
  2. Membangun kerja sama dalam rangka penanggulangan dan pemulihan insiden keamanan siber pada sektor pemerintah.
  3. Membangun kapasitas sumber daya penanggulangan dan pemulihan insiden keamanan siber pada sektor pemerintah. 
  4. Mendorong pembentukan CSIRT (Computer Security Incident Response Team) pada sektor pemerintah. 

Tak hanya itu, Gov-CSIRT Indonesia juga memberikan layanan seperti respon insiden dalam bentuk triase insiden, koordinasi insiden, dan resolusi insiden. Layanan ini juga disertai dengan aktivitas proaktif  lainnya dalam bentuk cyber security drill test, workshop atau bimbingan teknis, serta asistensi pembentukan CSIRT di sektor pemerintah.

2. Konstituen dari Gov-CSIRT Indonesia

Basmi Kejahatan Siber, BSSN Resmi Meluncurkan JabarProv-CSIRTIDN Times/BSSN

Terkait konstituen, Gov-CSIRT Indonesia meliputi seluruh Pemerintah Pusat dan Pemerintah  Daerah, termasuk di dalamnya JabarProv-CSIRT. Lebih lanjut, Kepala BSSN mengungkapkan bahwa pembentukan CSIRT merupakan salah satu program prioritas nasional (major project) yang dituangkan dalam Perpres No. 18 Tahun 2020 tentang RPJMN 2020-2024. Di tahun 2020 ini, ini akan dibentuk sebanyak 15 (lima belas) CSIRT yang tersebar di Kementerian, Lembaga, dan juga Daerah (KL/D). Salah satunya adalah JabarProv-CSIRT yang launching pada hari ini.  

3. JabarProv-CSIRT jadi harapan besar keamanan siber Indonesia

Basmi Kejahatan Siber, BSSN Resmi Meluncurkan JabarProv-CSIRTDok. Istimewa

Kepala BSSN menyatakan bahwa acara launching JabarProv-CSIRT ini merupakan wujud  nyata kolaborasi dan sinergi, karena pada dasarnya CSIRT tidak dapat berdiri sendiri dan  pasti membutuhkan partisipasi aktif semua pihak dalam menyelesaikan insiden secara cepat dan efektif.

Dengan semakin banyaknya CSIRT yang terbentuk pada sektor pemerintah, diharapkan ini dapat membangun kemandirian dan kesiapan dalam menghadapi ancaman insiden siber serta berkontribusi langsung dalam menjaga keamanan siber di Indonesia

Topik:

  • Anastasia Desire

Berita Terkini Lainnya