Kemdikbud Gelar Sosialisasi Dana BOS Afirmasi dan BOS Kinerja 

Bagaimana caranya mendapatkan dana BOS?

Jakarta, IDN Times – Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemdikbud) melalui Direktorat Jenderal PAUD, Pendidikan Dasar dan Pendidikan Menengah akan menggelar kembali seri webinar BOS. Topik webinar kali ini adalah ‘BOS Afirmasi dan BOS Kinerja’ dengan narasumber utama Sekretaris Direktorat Jenderal PAUD, Pendidikan Dasar dan Pendidikan Menengah.

1. Sosialisasi Kemdikbud terkait pemberian dana BOS Afirmasi dan BOS Kinerja

Kemdikbud Gelar Sosialisasi Dana BOS Afirmasi dan BOS Kinerja IDN Times/Kemdikbud

Pendanaan pendidikan melalui pemberian dana BOS Afirmasi dan BOS Kinerja telah dilakukan sejak tahun 2019. BOS Afirmasi diberikan sebagai wujud keberpihakan pemerintah kepada sekolah yang berada di daerah khusus. Sedangkan BOS Kinerja sebagai wujud pemerintah memberikan reward bagi sekolah yang telah meningkatkan mutunya. 

Alasan kementerian perlu melakukan webinar ini karena melihat kondisi banyak sekolah maupun pemerintah daerah yang bertanya tentang bagaimana cara mendapatkan dana BOS Afirmasi atau BOS Kinerja, kemudian apa yang menjadi syarat dan kriteria, serta bagaimana arah penggunaannya. Hal ini menjadi isu penting yang perlu disampaikan kepada sekolah, pemerintah daerah, dan masyarakat pada umumnya. 

2. Webinar ini bahas strategi penggunaan dan pengawasan dana BOS Afirmasi dan BOS Kinerja

Kemdikbud Gelar Sosialisasi Dana BOS Afirmasi dan BOS Kinerja Dok.pribadi/rayhan jaz

Dana BOS Afirmasi dan BOS Kinerja tahun 2020 telah disalurkan ke 56.115 sekolah dan total dana kurang lebih sebesar Rp3,2 triliun. Dana yang besar ini tentunya diperlukan strategi pengawasan agar dapat berjalan secara baik. Oleh karena itu, pada webinar ini akan ada sesi khusus kaitannya dengan strategi penggunaan dan pengawasan dana BOS Afirmasi dan BOS Kinerja agar tetap optimal di masa pandemik Covid-19.

3. Digelar secara daring, catat tanggal pelaksanaan webinar ini

Kemdikbud Gelar Sosialisasi Dana BOS Afirmasi dan BOS Kinerja pixabay/khamkhor

Webinar ini akan diselenggarakan pada hari Kamis, 10 September 2020, dimulai pukul 08.00 s.d. 12.00 melalui aplikasi Zoom dan disiarkan secara langsung di kanal YouTube Direktorat Jenderal Pendidikan Anak Usia Dini, Pendidikan Dasar dan Pendidikan Menengah.

Dengan adanya webinar ini, diharapkan sekolah mampu memetakan perencanaan dana BOS Afirmasi dan BOS Kinerja sesuai kebutuhan sekolah, agar mampu menjalankan semua perencanaannya sesuai target dan capaiannya dengan memegang prinsip akuntabel, efektif, efisien dan transparan. Selain itu, tidak ada lagi kebingungan dan kekurangan informasi dalam pengelolaan dan penyelenggaraan dana BOS Afirmasi dan BOS Kinerja di sekolah. 

Topik:

  • Ester Ajeng

Berita Terkini Lainnya