Dorong Sektor Produksi, BRI Siap Salurkan KUR Rp120,2 T Berbunga 6 Persen

BRI pun telah menyusun berbagai strategi penyaluran KUR

Jakarta, IDN Times – PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk menyatakan siap untuk menyalurkan kredit usaha rakyat (KUR) senilai Rp120,2 triliun dengan bunga 6 persen pada 2020. Sebelumnya, pemerintah melalui Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian telah meningkatkan plafon KUR, yakni dari Rp140 triliun pada 2019 menjadi Rp190 triliun pada 2020 dan menurunkan suku bunga, yakni dari 7 persen menjadi 6 persen.

Direktur Utama BRI Sunarso menyatakan bahwa perseroan akan terus mendorong penyaluran KUR ke sektor produksi hingga mencapai 60 persen. “Sektor produksi akan menjadi fokus utama penyaluran karena memberikan multiplier effect yang lebih besar, baik dalam hal penciptaan lapangan pekerjaan serta memberikan dampak yang lebih masif terhadap roda perekonomian nasional,” tutur Sunarso.

1. Sebanyak 415 ribu agen BRILink didayagunakan untuk mengakselerasi penyalur KUR BRI

Dorong Sektor Produksi, BRI Siap Salurkan KUR Rp120,2 T Berbunga 6 PersenIDN Times/BRI

BRI pun telah menyusun berbagai strategi untuk mengakselerasi penyaluran KUR pada 2020, di antaranya melalui pemanfaatan 415 ribu agen BRILink sebagai referral pinjaman KUR dan pembentukan cluster UMKM unggulan di masing masing wilayah. 

“Kami juga akan terus bersinergi dengan BUMN lain, seperti dengan Permodalan Nasional Madani (PNM) melalui program naik kelas nasabah Mekaar,” tutur Sunarso.

2. Akselerasi penyaluran KUR BRI juga dilakukan dengan meningkatkan kerja sama

Dorong Sektor Produksi, BRI Siap Salurkan KUR Rp120,2 T Berbunga 6 PersenIDN Times/BRI

Tidak hanya itu, BRI juga akan intensif meningkatkan kerja sama dengan kementerian dan lembaga negara untuk mengakselerasi penyaluran KUR. Contohnya sinergi dengan Kementerian Pertanian melalui program Kartu Tani, Kementerian Kelautan dan Perikanan melalui program Kartu Kusuka, Kementerian Ketenagakerjaan melalui program Desmigratif dan Badan Pengelola Dana Perkebunan (BPBD) melalui KUR Replanting Sawit. 

3. Bank BRI terus mendukung UMKM bahkan memasarkan ke mancanegara

Dorong Sektor Produksi, BRI Siap Salurkan KUR Rp120,2 T Berbunga 6 PersenIDN Times/BRI

BRI pun terus mendukung program Kementerian Koperasi & UKM agar UMKM dapat mengakses dana atau mendapatkan permodalan dari perbankan, serta turut memasarkan UMKM Indonesia ke pasar mancanegara. Hal yang terbaru, melalui penyelenggaraan UMKM Export BRILian Preneur 2019, BRI berhasil memfasilitasi kesepakatan sebanyak 23 kontrak pembelian dengan total dealing amount sebesar USD33.5 juta.

Sunarso juga menjelaskan bahwa BRI tidak hanya memberikan pembiayaan, tetapi melalui program BRIncubator juga mendampingi dan melatih nasabah KUR agar dapat mendorong UMKM naik kelas.

“Program ini bertujuan meningkatkan kompetensi mereka dalam menjalankan usaha, mendapatkan kemudahan dalam mengakses pasar, serta meningkatkan inklusi keuangan. Komitmen kami tidak hanya memberikan fasilitas pembiayaan semata agar naik kelas, tetapi kami juga ingin agar para pelaku UMKM di Indonesia go modern, go online, go digital, serta go global,” ujar Sunarso.

Selama periode Januari hingga Desember 2019, Bank BRI berhasil menyalurkan KUR senilai Rp87,9 triliun kepada lebih dari 4 juta pelaku UMKM, dengan lebih dari 50 persen di antaranya disalurkan ke sektor produksi. Dari total KUR yang disalurkan Bank BRI selama 2019 tersebut, Rp75,7 triliun atau 86,1 persen di antaranya disalurkan khusus di segmen mikro. Dengan demikian, sejak 2015, Bank BRI berhasil menyalurkan KUR dengan total nilai mencapai Rp323,4 triliun kepada lebih dari 16,6 juta pelaku UMKM di seluruh Indonesia.

Topik:

  • Ezri T Suro

Berita Terkini Lainnya