Jelang 2020, Kemenhub Bersihkan Pembatas Jalan Flyover Kretek Bumiayu 

Kegiatan tersebut menyambut mudik Tahun Baru 2020

Brebes, IDN Times – Dalam mempersiapkan mudik Tahun Baru 2020, Kementerian Perhubungan (Kemenhub) melalui Balai Pengelola Transportasi Darat Wilayah X Semarang Provinsi Jawa Tengah dan Daerah Istimewa Yogyakarta membersihkan water barrier atau pembatas jalan di kawasan Flyover Kretek, Bumiayu, Kabupaten Brebes, Kamis pagi (26/12).

“Kegiatan ini memang rutin kami lakukan sebagai bentuk kepedulian pemerintah dalam mempersiapkan dan merawat alat-alat keselamatan jalan. Apalagi mendekati mudik Tahun Baru 2020,” kata Kepala Humas Direktorat Jenderal Perhubungan Darat Pitra Setiawan saat dimintai keterangan.

1. Water barrier mencegah kecelakaan akibat pengendara memasuki jalur arah yang berlawanan

Jelang 2020, Kemenhub Bersihkan Pembatas Jalan Flyover Kretek Bumiayu IDN Times/Ditjen Hubdat Kemenhub

Water barrier merupakan salah satu jenis pembatas jalan berwarna oranye yang dilengkapi pemantul cahaya. Water barrier dipasang di median jalan raya untuk mencegah pemakai jalan raya memasuki jalur lalu lintas yang berlawanan arah.

“Ya sesuai dengan fungsinya, pembatas jalan yang berasal dari plastik dan diisi air ini berfungsi untuk mencegah terjadinya kecelakaan yang diakibatkan pengendara memasuki jalur arah yang berlawanan,” ucap Pitra.

2. Gagasan lain di balik kegiatan pembersihan pembatas jalan di Flyover Kretek Bumiayu

Jelang 2020, Kemenhub Bersihkan Pembatas Jalan Flyover Kretek Bumiayu IDN Times/Ditjen Hubdat Kemenhub

Pitra menambahkan bahwa kegiatan pembersihan pembatas jalan di Flyover Kretek Bumiayu juga untuk mengajak masyarakat bersama-sama menjaga dan merawat baik alat-alat maupun marka jalan yang ada. Selain itu, kegiatan tersebut juga sebagai bentuk kepedulian bersama dan peringatan kepada para pengguna untuk mencegah kecelakaan lalu lintas.

“Sering kali masyarakat lalai akan peraturan yang ada, maka itu saya berharap dengan kegiatan pembersihan pembatas jalan ini, para pengguna jalan mendapat fasilitas secara maksimal saat melalui Flyover Kretek Bumiayu,” tutur Pitra. (IRA/ZR/PTR/EI)

Topik:

  • Ezri T Suro

Berita Terkini Lainnya