Dukung Tenaga Medis, Kemnaker Salurkan Bantuan APD bagi RSUD Cipayung 

Direktorat PNKPA, Kemnaker menyerahkan langsung bantuan itu

Jakarta, IDN Times -- Kementerian Ketenagakerjaan menyerahkan bantuan Alat Pelindung Diri (APD) kepada Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Cipayung, Jakarta, Selasa (19/5). Bantuan diberikan sebagai bentuk dukungan kepada tenaga medis yang merupakan garda terdepan di RSUD Cipayung, dalam melayani pasien yang terdampak Covid-19. 

Direktur Pengawasan Norma Kerja Perempuan dan Anak (PNKPA) Binwasnaker & K3, Kemnaker, Asep Gunawan menyerahkan secara simbolis bantuan berupa masker dan APD yang terdiri dari baju hazmat, sarung tangan medis, dan kaos kaki medis yang diterima langsung Direktur RSUD Cipayung, Nikensari.

Dalam sambutan singkatnya, Asep Gunawan mengatakan bantuan APD  diberikan sebagai upaya mempercepat pengurangan penyebaran Covid-19. Khususnya fokus kegiatan kesehatan dengan kunjungan ke RS maupun klinik sebagai bentuk dukungan moril berjuang melawan Covid-19.

"Kalau ke kawasan industri, dalam upaya mempersempit penyebaran Covid-19, Bu Menteri Ida Fauziyah memimpin langsung penyemprotan disinfektan. Terakhir penyemprotan disinfektan dilakukan Bu Menteri kepada pedagang UKM, Kramat Jati, Jakarta," kata Asep didampingi sejumlah pengawas ketenagakerjaan di Direktorat PNKPA, Kemnaker. 

1. Kemnaker berharap tenaga medis tetap semangat

Dukung Tenaga Medis, Kemnaker Salurkan Bantuan APD bagi RSUD Cipayung IDN Times/Kemnaker

Asep berharap seluruh jajaran tenaga medis di RSUD tetap semangat melayani kesehatan dan berperang menghadapi Covid-19. Menurutnya, paramedis sudah tak berpikir lagi menjaga kesehatan dirinya, meskipun para tenaga medis juga mengetahui cara menjaganya. 

"Tapi dalam kondisi kelelahan, manusia tetap punya rasa jenuh dan memiliki keluarga yang sama dengan kita. Kita juga berduka cita sahabat paramedis dalam memperjuangkan Covid-19 sampai menjadi korban," kata Asep.

2. RSUD Cipayung memudahkan masyarakat memperoleh layanan kesehatan secara maksimal

Dukung Tenaga Medis, Kemnaker Salurkan Bantuan APD bagi RSUD Cipayung IDN Times/Kemnaker

Asep menambahkan pihaknya merasa senang adanya RSUD Cipayung berada di tengah pemukiman kawasan padat Jakarta. Lokasi yang berdekatan dengan tersebut akan semakin memudahkan masyarakat untuk memperoleh layanan kesehatan secara maksimal.

"Saya cukup kaget dan bangga di DKI memiliki RS yang dipersiapkan di kecamatan sehingga memudahkan akses kesehatan bagi masyarakat sekitar kecamatan Cipayung," kata Asep.

3. RSUD Cipayung membuka kesempatan bagi yang ingin berkontribusi membantu

Dukung Tenaga Medis, Kemnaker Salurkan Bantuan APD bagi RSUD Cipayung IDN Times/Kemnaker

Sementara itu, Nikensari mengungkapkan sejak awal wabah Covid-19, pihaknya membuka kesempatan luas kepada masyarakat yang ingin memberikan kontribusi kepada tenaga medis di RSUD Cipayung. Meski kebutuhan kesehatan telah disiapkan oleh Pemprov DKI, perjalanan penyakit akibat Covid-19 ini terus berjalan dan belum diketahui kapan berakhirnya.

"Filantropi-filantropi (cinta kasih sesama manusia-Red) bantuan tetap kami terima dan sudah banyak. Kami merasakan kontribusi di luar kesehatan luar biasa sehingga (tenaga medis) sangat terbantu dari sisi keamanan, karenanya bantuan paling banyak adalah APD," kata Nikensari.

Nikensari menambahkan banyaknya bantuan kepada paramedis merupakan bentuk dukungan luar biasa karena paramedis menjadi tak merasa berjuang sendirian dalam berperang menghadapi Covid-19.  Di samping itu, banyak unit-unit layanan di RSUD Cipayung tak lepas dari kerja sama terkait ketenagakerjaan.

"Hikmah kejadian Covid-19 ini, menyambungkan kita lebih intens, sambung terus. Tak hanya berhenti dengan kerja sama bantuan-bantuan, tapi juga menguatkan program, mencari inovasi dan meningkatkan kemampuan jejaring," kata Nikensari. 

Topik:

  • Ezri T Suro

Berita Terkini Lainnya