Kemnaker Salurkan Bantuan APD untuk Tenaga Medis di Serang

Bantuan diserahkan melalui BBPLK Serang

Jakarta, IDN Times - Kementerian Ketenagakerjaan (Kemnaker) melalui Balai Besar Pengembangan Latihan Kerja (BBPLK) Serang dan Balai Latihan Kerja (BLK) Samarinda memberikan berbagai bantuan untuk menekan laju penyebaran virus corona (COVID-19).

Bantuan tersebut berupa alat pelindung diri (APD), di antaranya 1.000 masker, 200 baju hazmat, 500 face shield, dan 8 unit wastafel portabel yang diserahkan Kepala BBPLK Serang, Agung Nurohmat, kepada Wali Kota Serang, Syafrudin, selaku Ketua Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19 Kota Serang.

"Bantuan ini diharapkan membantu percepatan penanganan dan pencegahan penyebaran COVID-19 di Kota Serang, " ujar Agung dalam keterangan Biro Humas Kemnaker di Jakarta, Kamis (4/6). 

1. Bantuan APD diberikan sebagai upaya mempercepat pengurangan penyebaran COVID-19

Kemnaker Salurkan Bantuan APD untuk Tenaga Medis di SerangIDN Times/Kemnaker

Agung pun mengatakan, bantuan APD diberikan sebagai bentuk dukungan BBPLK Serang untuk tim Gugus Tugas COVID-19 dan tenaga medis yang merupakan garda terdepan di RSUD maupun klinik di seputar Serang untuk mencegah penyebaran COVID-19.

“Kegiatan bantuan APD ini diberikan sebagai upaya mempercepat pengurangan penyebaran COVID-19 dan persiapan memasuki era new normal. Semoga bantuan APD ini bermanfaat bagi masyarakat di Kota Serang," tambah Agung yang didampingi Kadisnakertrans Serang, Ahmad Benbela.

2. BBPLK Serang rencananya kembali menyalurkan bantuan

Kemnaker Salurkan Bantuan APD untuk Tenaga Medis di SerangIDN Times/Kemnaker

Agung juga menambahkan bahwa bantuan APD tersebut merupakan karya dari peserta pelatihan BBPLK Serang yang berasal dari masyarakat yang ter-PHK, dirumahkan, dan UMKM yang tidak lagi beraktivitas akibat pandemik COVID-19.

BBPLK Serang rencananya kembali menyalurkan bantuan ke pemerintah kabupaten/kota di Provinsi Banten secara bertahap.

3. BBPLK Serang juga menawarkan berbagai program pelatihan bagi yang terdampak pandemik

Kemnaker Salurkan Bantuan APD untuk Tenaga Medis di SerangIDN Times/Kemnaker

Sebelumnya, BBPLK Serang memberikan bantuan ke BPBD Kabupaten Serang berupa 8 unit wastafel portable, 1.000 masker, 200 APD, dan 500 face shield. Bantuan pun diterima langsung oleh Kepala BPPD Serang, Nana Sukmana Kusuma.

Dalam kesempatan tersebut, BBPLK Serang juga menawarkan program dan kerja sama masyarakat Kabupaten/Kota Serang yang terdampak COVID-19 baik pekerja yang dirumahkan maupun ter-PHK untuk mengikuti pelatihan pembuatan masker, APD  pada kejuruan menjahit, pelatihan pembuatan wastafel pada kejuruan las, serta pelatihan pembuatan face shield pada aneka kejuruan.

Topik:

  • Marwan Fitranansya

Berita Terkini Lainnya