Comscore Tracker

Produksi Susu Etawa, Kostratani Sariwangi Cetak Petani Milenial 

Kualitas susu ‘Halona Farm’ sudah terbukti aman

Tasikmalaya, IDN Times – Dua mahasiswa lulusan Politeknik Pembangunan Pertanian (Polbangtan) Bogor yakni Griya Marliana Ariestianti dan Dikky Fathulrizqy serta pemuda tani daerah sekitar, Refa Ziadul Wuzdan mendirikan usaha  pertanian (peternakan) bernama Halona Farm. 

Berdiri tahun 2019, Halona Farm sebagai salah satu kelompok usaha yang mendapat bantuan modal dari PWMP Polbangtan Bogor. ‘Halona’ diambil dari bahasa India yang artinya keberuntungan yang membahagiakan. Sedangkan ‘farm’ diambil dari bahasa Inggris yang artinya tanah pertanian sehingga Halona Farm diharapkan dapat menjadi usaha pertanian (peternakan) yang membawa keberuntungan dan kebahagiaan. 

1. Halona Farm menggeluti bidang usaha budidaya kambing perah

Produksi Susu Etawa, Kostratani Sariwangi Cetak Petani Milenial IDN Times/Kementan

Halona Farm bergerak pada usaha budidaya kambing perah dan menghasilkan produk susu kambing etawa bernama Halo Milk. Lokasi usaha Halona Farm berada di Desa Sariwangi Kecamatan Sariwangi, Tasikmalaya. 

Usaha ini bermula saat Halona Farm mendapat bantuan dana dari Program Penumbuhan Wirausahawan Muda Pertanian (PWMP) yang diberikan Badan Penyuluhan dan Pengembangan Sumber Daya Manusia Pertanian (BPPSDMP) Kementerian Pertanian (Kementan). Dengan didampingi Penyuluh Pertanian Tasikmalaya, mereka mereka banyak mendapatkan pengetahuan, bagaimana merawat kambing etawa dengan benar sehingga menghasilkan susu berkualitas. 

“Halo Milk ini merupakan produk susu kambing murni dari Halona Farm. Pada beberapa penelitian menyatakan bahwa susu kambing merupakan sumber protein terbaik setelah telur dan hampir setara dengan ASI. Susu kambing yang terbaik adalah susu kambing segar (Raw Goat Milk). Antiseptik alami pada susu kambing diduga mampu membantu menekan pertumbuhan bakteri dalam tubuh karena mengandung fluorine 10-100 kali lebih besar dari susu sapi. Susu kambing juga memiliki protein yang efek laktasinya rendah, sehingga tidak menyebabkan diare bagi yang mengonsumsinya,” jelas Griya.

2. Khasiat dan manfaat susu kambing aman dikonsumsi semua kalangan

Produksi Susu Etawa, Kostratani Sariwangi Cetak Petani Milenial IDN Times/Kementan

1) Pembentuk kekebalan tubuh; 2) Baik dikonsumsi penderita maag kronis; 3) Baik bagi penderita bronchitis, asma, TBC, dan pneumonia; 4) Pembentuk insulin yang berguna bagi penderita diabetes; 5) Membantu pertumbuhan tulang dan mencegah osteoporosis; 6) Berguna bagi program diet dan membantu penyembuhan stroke; 7) Dapat melembapkan dan merawat kulit; 8) Membantu menumbuhkembangkan sel otak serta sistem saraf bagi kecerdasan anak; 9) Menurunkan frekuensi serangan migrain; 10) Pembentuk Hb darah bagi penderita demam berdarah, anemia, dan thalasemia

Oleh karenanya, Halo Milk aman dan menyehatkan dikonsumsi semua kalangan.

3. Strategi produksi dan pemasaran Halona Farm

Produksi Susu Etawa, Kostratani Sariwangi Cetak Petani Milenial twospoons.ca

Hingga saat ini, lokasi pemasaran Halo Milk menjamah wilayah Tasikmalaya, Garut, Bandung, Ciamis, dan beberapa wilayah yang masih terjangkau kurir dengan maksimal pengiriman 1-2 hari. 

Strategi yang telah dan masih akan dilakukan adalah meningkatkan kualitas ternak dan produk melalui penanganan yang baik di masa produksi. Kemudian, strategi pemasaran yang dilakukan adalah promosi produk di media sosial, seperti Facebook, Instagram, dan Whatsapp.

Perkembangan dan kondisi usaha saat ini adalah kambing yang dimiliki berjumlah 15 ekor, tiga di antaranya sudah cukup umur dan siap diperah dengan jumlah produksi 2,5 liter/hari. Halona Farm akan terus berusaha meningkatkan produksi yang berkualitas dan berkelanjutan.

Halona Farm sebagai bentuk nyata Komando Strategis Pembangunan Pertanian (Kostratani) mencetak generasi milenial menjadi wirausaha muda pertanian. 

Topic:

  • Ester Ajeng

Berita Terkini Lainnya