ACT Luncurkan Lumbung Sedekah Pangan bagi Masyarakat Terdampak Pandemik

Ada 4 permasalahan yang bermuara pada kemiskinan

Jakarta, IDN Times - Ketua Dewan Pembina Aksi Cepat Tanggap (ACT) Ahyudin mengatakan bahwa ada empat permasalahan yang dapat bermuara pada masalah kemiskinan di tengah pandemik COVID-19 seperti saat ini.

Keempat masalah tersebut ialah ancaman bencana kekeringan di musim kemarau, pandemik COVID-19 yang masih terus berlanjut, kemungkinan resesi ekonomi, hingga pergelaran pilkada ke depan yang bisa saja membawa dampak bagi masyarakat.

Karena itu, ACT meluncurkan Lumbung Sedekah Pangan sebagai gerakan nasional agar manfaatnya lebih masif dirasakan bagi masyarakat yang membutuhkan akibat dampak pandemik COVID-19. 

"Kami meyakini kedermawanan yang luas bermuara pada kebangkitan ekonomi umat dan optimisme bangsa. Bersama-sama kita harus segera membuat keadaan lebih baik di masa sulit ini. ACT tidak ingin sendiri dalam membersamai sesama. Kami juga ingin memfasilitasi masyarakat dalam menghimpun kepedulian melalui gerakan filantropi yang masif, yakni Gerakan Nasional Lumbung Sedekah Pangan,” jelas Presiden ACT Ibnu Khajar saat mendeklarasikan Gerakan Nasional Lumbung Sedekah Pangan, Kamis (6/8).

1. Lumbung Sedekah Pangan merupakan aksi filantropi yang dilakukan dari masyarakat untuk masyarakat

ACT Luncurkan Lumbung Sedekah Pangan bagi Masyarakat Terdampak PandemikIDN Times/ACT

Gerakan Nasional Lumbung Sedekah Pangan ACT merupakan aksi filantropi yang dilakukan dari masyarakat untuk masyarakat. Aksi yang sudah berjalan selama lima bulan terakhir tersebut melibatkan semua elemen masyarakat untuk memberikan sedekah kepada masyarakat yang kesulitan memenuhi kebutuhan pangan di era kenormalan baru dan juga belum mengalami pemulihan ekonomi.

“Kami punya keyakinan jika semua elemen terlibat dalam gerakan sedekah pangan ini tidak akan ada lagi yang kelaparan. Sebaik-baiknya sedekah adalah memberikan makan," ujar Ahyudin.

2. Sedekah pangan yang terkumpul akan segera didistribusikan ke masyarakat yang terkena dampak pandemik

ACT Luncurkan Lumbung Sedekah Pangan bagi Masyarakat Terdampak PandemikIDN Times/ACT

Executive Vice President ACT, Insan Nurrochman, menjelaskan bahwa sedekah yang bisa diberikan berupa natura maupun bantuan tunai. Sedekah pangan yang terkumpul akan segera didistribusikan ke masyarakat prasejahtera atau penggerak usaha mikro yang terkena dampak pandemik COVID-19.

Agar lebih masif dan menyentuh masyarakat luas, Lumbung Sedekah Pangan ACT juga akan diaktifkan di masjid-masjid, komunitas, bahkan rumah-rumah warga yang siap menjadi pejuang pangan.

3. ACT juga menyiapkan Posko Nasional Lumbung Sedekah Pangan di kantor-kantor cabang lainnya

ACT Luncurkan Lumbung Sedekah Pangan bagi Masyarakat Terdampak PandemikIDN Times/ACT

Sementara itu, ACT juga menyiapkan Posko Nasional Lumbung Sedekah Pangan di Gunung Sindur, Bogor, dan kantor-kantor cabang ACT. Selanjutnya, Relawan Sedekah Pangan berperan sebagai koordinator distribusi yang akan menyalurkan sedekah langsung ke penerima manfaat baik di tingkat provinsi maupun di daerah.

Sebagai informasi tambahan, penghimpunan sedekah pangan bisa dipelopori dari individu, komunitas, jemaah masjid hingga korporasi. Masyarakat juga bisa menginisiasi Lumbung Sedekah Pangan di rumah, masjid, kantor, dan lain-lain sebagai medium pengumpulan sedekah pangan. Penerima manfaat pun dapat mengambil langsung bantuan pangan di sejumlah Lumbung Sedekah Pangan yang dikelola individu maupun komunitas.

“Perlu ada gerakan masif untuk memperbaiki keadaan. Kebaikan ini harus dilakukan bersama-sama. Melalui Gerakan Nasional Lumbung Pangan, kita berharap seluruh elemen masyarakat terlibat dalam memberikan sedekah pangan terbaiknya,” pungkas Insan.

Topik:

  • Marwan Fitranansya

Berita Terkini Lainnya