Comscore Tracker

Patut Dicontoh! Masyarakat Kota Madiun Makin Taati Protokol Kesehatan

Upaya penegakan protokol kesehatan membuahkan hasil

Madiun, IDN Times - Masyarakat Kota Madiun saat ini sudah semakin menaati protokol kesehatan dengan jumlah pelanggaran yang ditemukan cenderung menurun. Bahkan, tim Satgas Covid-19 Kota Pendekar tidak menemukan satu pun pelanggaran dari warga saat melakukan razia pada Sabtu (19/9).

“Alhamdulillah, jumlah pelanggaran yang kita temui semakin menurun. Artinya, dari upaya razia penegakan protokol kesehatan yang rutin kita gelar setiap hari membuahkan hasil,” ujar Kepala Satpol PP Kota Madiun Sunardi Nurcahyono.

1. Sosialisasi penerapan protokol kesehatan tak henti dilakukan

Patut Dicontoh! Masyarakat Kota Madiun Makin Taati Protokol KesehatanInstagram.com/@pemkotmadiun

Meski begitu, sosialisasi penerapan protokol kesehatan tak henti dilakukan petugas yang memang turun setiap hari untuk menertibkan pelanggar sesuai Perwal 39/2020 tentang penegakan protokol kesehatan. 

Dalam Perwal tersebut memang dicantumkan sanksi bagi pelanggar, yakni kerja sosial. Tak heran, muncul masyarakat yang tiba-tiba menyemprotkan disinfektan. Sanksi juga bisa berupa pembelian masker maupun cairan disinfektan untuk kemudian dibagikan kepada masyarakat.

2. Jumlah temuan pelanggaran terus menurun setelah Perwal 39/2020 diterbitkan

Patut Dicontoh! Masyarakat Kota Madiun Makin Taati Protokol KesehatanInstagram.com/@pemkotmadiun

Hasilnya cukup signifikan. Jumlah temuan pelanggaran terus menurun setelah Perwal 39/2020 tentang penegakan protokol kesehatan diterbitkan. Mulai 13 pelanggaran, 8 pelanggaran, 3 pelanggaran di hari-hari berikutnya. Bahkan, petugas hanya menemukan masing-masing 1 pelanggaran di beberapa hari terakhir. 

“Malam minggu biasanya masyarakat banyak yang keluar. Sengaja kita gelar ops lebih awal. Alhamdulillah, masyarakat sudah cukup tertib. Malam minggu kemarin (19/9) petugas nihil temuan,” jelas Sunardi.

3. Protokol kesehatan diharapkan membudaya di masyarakat

Patut Dicontoh! Masyarakat Kota Madiun Makin Taati Protokol KesehatanSeorang warga yang tidak mengenakan masker melintas, di depan mural yang berisi pesan waspada penyebaran virus Corona di kawasan Tebet, Jakarta, Selasa (8/9/2020). ANTARA FOTO/M Risyal Hidayat

Masyarakat di Kota Madiun juga terus diberikan edukasi tentang pentingnya penerapan protokol kesehatan. Bahkan, Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa juga melakukan serangkaian kegiatan di Kabupaten Madiun dengan meluncurkan tim penegak disiplin protokol kesehatan tingkat desa se-wilayah kabupaten setempat di Taman Kota Caruban pada Jumat (18/9). 

Dalam menjalankan tugasnya, tim protokol kesehatan yang baru terbentuk itu bekerja sama dengan Babinsa, Babinkamtibmas, dan para kepala desa. Tim tersebut juga akan terlibat dalam mengedukasi warga dalam penerapan protokol kesehatan.

“Harapan kami, protokol kesehatan ini membudaya. Jadi, ada dan tidaknya petugas maupun aturan, masyarakat tertib menerapkan protokol kesehatan,” pungkas Sunardi.

Topic:

  • Marwan Fitranansya

Berita Terkini Lainnya