Menaker Berdayakan Pekerja Ter-PHK pada Kegiatan Penyemprotan Desinfektan 

Harapannya hal itu menjadi contoh bagi pelaku industri lainnya

Jakarta, IDN Times - Menteri Ketenagakerjaan (Menaker) Ida Fauziyah melibatkan para pekerja/karyawan yang terkena pemutusan hubungan kerja (PHK) dalam kegiatan penyemprotan desinfektan di perusahaan. Pelibatan pekerja ter-PHK yang didampingi tenaga profesional tersebut diharapkan banyak diikuti berbagai pihak khususnya dunia usaha (industri).

"Kegiatan ini menjadi salah satu bentuk motivasi untuk memberdayakan teman-teman ter-PHK dengan berbagai cara. Kita berharap banyak pihak bisa melakukan hal yang sama bagi pekerja yang terdampak Covid-19," kata Menaker Ida di Kawasan Berikat Nusantara (KBN), Jakarta Timur, Kamis (26/3).

1. Kemnaker juga memodifikasi program padat karya untuk korban PHK dan pekerja terdampak Covid-19

Menaker Berdayakan Pekerja Ter-PHK pada Kegiatan Penyemprotan Desinfektan IDN Times/Kemnaker

Kegiatan penyemprotan desinfektan Covid-19 di areal kerja perusahaan ini dilakukan juga di kawasan Industri Pulo Gadung dan Kawasan Industri Marunda. Para pekerja ter-PHK diberdayakan agar mereka mendapat tambahan penghasilan dari insentif yang diberikan dalam program padat karya.

Kemnaker memodifikasi beberapa program di Kemnaker. Salah satunya program padat karya yang diarahkan bagi pekerja korban PHK dan para pekerja yang terdampak Covid-19. Modifikasi disesuaikan dengan kebutuhan dan potensi masyarakat setempat atau pengembangan padat karya berbasis sumber daya lokal.

2. Para pekerja ter-PHK tersebut juga akan memperoleh insentif dari program Kemnaker

Menaker Berdayakan Pekerja Ter-PHK pada Kegiatan Penyemprotan Desinfektan IDN Times/Kemnaker

Menaker mengatakan, selama kegiatan penyemprotan desinfektan, para pekerja korban PHK tersebut akan memperoleh insentif dari program padat karya.

"Kami beri insentif untuk melakukan penyemprotan. Sebelum menyemprot, mereka dilatih dulu, dilengkapi APD (alat pelindung diri) dan didampingi instruktur profesional," kata Menaker.

3. Para pekerja yang dilibatkan pada kegiatan tersebut mengaku senang bisa berkontribusi

Menaker Berdayakan Pekerja Ter-PHK pada Kegiatan Penyemprotan Desinfektan IDN Times/Kemnaker

Kegiatan penyemprotan desinfektan di area kerja perusahaan ini mendapat respons positif dari para pekerja yang terkena PHK. Salah satunya Juni Adinato, pria asal Malang, Jawa Timur, mengaku senang ikut dilibatkan dalam upaya pencegahan virus Covid-19 di perusahaan.

“Hingga saat ini saya masih mencari pekerjaan. Kegiatan ini tentunya sangat membantu. Saya juga berpesan kepada semua teman pekerja agar benar-benar bekerja sama mencegah penyebaran virus corona terutama di tempat kerja,” kata Juni.

Kegiatan penyemprotan desinfektan Covid-19 tidak hanya dilakukan di dalam ruangan yang digunakan untuk aktivitas pekerjaan, tetapi juga di seluruh fasilitas gedung mulai dari toilet, kantin, musala hingga pelataran parkir di perusahaan.

Topik:

  • Ezri T Suro

Berita Terkini Lainnya