Menaker Ida Imbau Pekerja Sektor Pariwisata Utamakan Dialog Sosial

Sektor pariwisata paling terdampak akibat COVID-19

Jakarta, IDN Times – Menteri Ketenagakerjaan (Menaker) Ida Fauziyah mengajak serikat pekerja/serikat buruh (SP/SB) dan pengusaha yang bergerak di sektor pariwisata agar mengedepankan dialog sosial dalam menghadapi dampak pandemik COVID-19.

Pemerintah menyadari sektor pariwisata paling terdampak akibat COVID-19. Menghadapi wabah tersebut,  Menaker mengaku pihaknya telah berkoordinasi dengan 12 Disnaker provinsi agar Kadisnaker mengidentifikasi pekerja yang  terdampak atau pekerja ter-PHK agar ‘dirumahkan’ program-program Kemnaker. Terkait hal itu, Menaker Ida meminta SP/SB bisa bantu identifikasi para pekerja yg membutuhkan program Kemnaker. Data dan informasi dibutuhkan agar dalam waktu dekat bisa segera dicarikan solusi melalui program kerja pemerintah.

"Dibutuhkannya kerja sama yang mengedepankan dialog sosial untuk mencari solusi terbaik dan menghindari PHK. Situasi wabah COVID-19 saat ini tidak dikehendaki oleh siapa pun. Bukan hanya masalah, pekerja, pengusaha, dan pemerintah,"  kata Menaker Ida Fauziyah saat telekonferensi dengan SP/SB Pariwisata dan Perhimpunan Hotel dan Restoran Indonesia (PHRI) melalui video konferensi di Jakarta, Senin (23/03).

1. Program-program yang dapat dimanfaatkan para pekerja terdampak COVID-19

Menaker Ida Imbau Pekerja Sektor Pariwisata Utamakan Dialog SosialIDN Times/Kemnaker

Menaker Ida mengatakan pihaknya tengah menyisir anggaran kementerian untuk dialihkan (realokasi) kepada program-program yang bisa dimanfaatkan untuk menghadapi dampak COVID-19. Program-program tersebut antara lain, pelatihan di BLK, kartu PraKerja dan pemberian insentif, program padat karya, tenaga kerja mandiri (TKM), teknologi tepat guna (TTG), pelatihan vokasi, dan lain-lain.

Selain itu, pihaknya juga telah berkomunikasi dengan BPJS Ketenagakerjaan dan telah meminta agar program pelatihan vokasi segera terealisasi. Termasuk pemberian insentif bagi peserta pelatihan segera dinaikkan plafonnya atau menyesuaikan kebutuhan sebagaimana Kartu PraKerja yang mengalami penyesuaian.

2. SP/SB diminta mengedepankan keterbukaan dalam dialog sosial

Menaker Ida Imbau Pekerja Sektor Pariwisata Utamakan Dialog SosialIDN Times/Kemnaker

Dalam kesempatan sama, Dirjen PHI & Jamsos Kemnaker, Haiyani Rumondang, juga mengajak SP/SB mengedepankan keterbukaan dalam dialog sosial. Pemerintah memahami bahwa kondisi saat ini, pengusaha dan pekerja sama-sama terdampak baik kelangsungan usaha maupun hak-hak pekerja.

"Karena itu mengedepankan dialog, sama-sama terbuka dan memahami situasi. Kiranya berakhir di keduanya, yakni pengusaha dan pekerja. Semoga dengan kesepakatan ini sama-sama tentu memahami. Tentu keterbukaan yang utama," ujar Haiyani.

3. BPJS Ketenagakerjaan akan menaikkan uang intensif dan transpor bagi peserta pelatih vokasi

Menaker Ida Imbau Pekerja Sektor Pariwisata Utamakan Dialog SosialIDN Times/Kemnaker

Direktur BPJS Ketenagakerjaan, Agus Susanto, dalam telekonferensi juga menyatakan pihaknya akan menaikkan uang intensif dan uang transpor bagi peserta selama mengikuti pelatihan vokasi.

Selama hampir 90 menit, Menaker Ida melakukan telekonferensi dengan Ketua Umum FSPM, Husni Mubarok; Plt Ketum FKAMIPARHO KSBSI, Sulastri; Ketum FPPPIKT, Sarbumisi Baetul Koeri; Ketum FSP PAR REF, Sofyan Abdul Latief; Ketum KSPSI, Yorrys Raweyai; Sekjen PHRI, Maulana Yusran; dan Bagian Pengembangan SDM PHRI, Rudi Santoso.

Topik:

  • Ester Ajeng

Berita Terkini Lainnya