Pastikan Penerapan Protokol Kesehatan, Menaker Sidak Mal Kasablanka

Protokol kesehatan sudah berjalan dengan baik

Jakarta, IDN Times - Dalam rangka meninjau penerapan protokol kesehatan virus corona (COVID-19), Menteri Ketenagakerjaan (Menaker) Ida Fauziyah mengunjungi pusat perbelanjaan Kota Kasablanka (Kokas) di kawasan Tebet, Jakarta Selatan, Rabu (17/6).

Menaker Ida mengaku berkunjung ke Kokas ingin memastikan bahwa protokol kesehatan dijalankan dengan baik oleh manajemen maupun pengunjung mal. Setelah dirinya memutari areal mal, ia pun memuji pihak manajemen yang dianggap telah menjalankan protokol kesehatan dengan baik.

"Saya melihat tadi dari mulai pintu masuk, kemudian di anjungan yang saya kunjungi tadi protokol kesehatan berjalan dengan baik," jelasnya.
 

1. Beberapa tenant di Kokas diamati terkait kesiapan protokol pencegahan COVID-19

Pastikan Penerapan Protokol Kesehatan, Menaker Sidak Mal KasablankaIDN Times/Kemnaker

Saat tiba di Kokas pun Menaker Ida beserta rombongan mengikuti pemeriksaan sesuai protokol kesehatan, seperti cuci tangan menggunakan hand sanitizer, pemeriksaan suhu tubuh, dan pemberian tanda pengunjung sebelum masuk ke mal.

Di dalam mal yang baru beberapa hari ini dibuka setelah tutup sekitar 2 bulan karena pandemik COVID-19 itu beberapa tenant diamati terkait kesiapan mencegah penularan COVID-19, seperti penerapan jam kerja karyawan, physical distancing pengunjung, pengunjung tidak melebihi 50 persen kapasitas, menyediakan hand sanitizer, dan mewajibkan memakai masker kepada karyawan dan pengunjung.

2. Protokol kesehatan harus menjadi kebutuhan untuk menjaga diri dan orang lain

Pastikan Penerapan Protokol Kesehatan, Menaker Sidak Mal KasablankaIDN Times/Kemnaker

Menurut Menaker Ida, semakin ketat pihak manajemen dalam menerapkan protokol kesehatan, masyarakat atau pengunjung akan semakin nyaman dalam berbelanja.

"Saya kira masyarakat merasa nyaman berbelanja dengan adanya protokol kesehatan yang sangat ketat," katanya.

Menaker juga mengingatkan agar penerapan protokol kesehatan dijalankan bukan karena adanya aturan atau kewajiban dari pemerintah, melainkan atas dasar kesadaran tentang pentingnya menjaga kesehatan.

"Protokol kesehatan harus menjadi kebutuhan untuk menjaga diri dan menjaga kebutuhan orang lain. Saya kira itu penting," jelasnya.

3. Protokol kesehatan yang dijalankan di Kokas diharapkan bisa menjadi contoh perusahaan lain

Pastikan Penerapan Protokol Kesehatan, Menaker Sidak Mal KasablankaIDN Times/Kemnaker

Menaker Ida berharap protokol kesehatan yang telah dijalankan di Kokas dapat dilakukan perusahaan yang lain, baik mal, industri, maupun perusahaan-perusahaan lainnya.

Sementara itu, turut hadir pada peninjauan mal Kokas dalam menyambut penerapan kebijakan era kenormalan baru ialah Plt Direktur Jenderal Binwasnaker dan K3 Iswandi Hari; Staf Khusus Menaker Dita Indah Sari; Karo Humas Kemnaker Soes Hindharno; dan Kadisnakertrans DKI Jakarta Andri Yansyah.

Topik:

  • Marwan Fitranansya

Berita Terkini Lainnya