Comscore Tracker

Hambat Distribusi Logistik, Mendagri Minta Pemda Buka Blokade Jalan

Kebutuhan pokok dan kesehatan masyarakat juga penting

Jakarta, IDN Times - Menteri Dalam Negeri Tito Karnavian bersama jajaran telah menghubungi dan meminta kepala daerah agar membuka pemblokadean jalan yang menghambat distribusi logistik kebutuhan pokok dan kesehatan masyarakat.

Hal tersebut sebagai tindak lanjut arahan Presiden Jokowi kepada Mendagri untuk mengingatkan kepala daerah yang memblokade jalan sebagai bentuk respons pencegahan penyebaran virus corona (Covid-19).

1. Distribusi logistik kebutuhan pokok masyarakat tidak boleh terhambat

Hambat Distribusi Logistik, Mendagri Minta Pemda Buka Blokade JalanIDN Times/Kemendagri

Kepala Pusat Penerangan (Kapuspen) Kementerian Dalam Negeri Bahtiar mengungkapkan, Mendagri telah mengingatkan bahwa distribusi logistik kebutuhan pokok masyarakat, pemenuhan pangan masyarakat, pemenuhan kebutuhan alat/barang dan bahan untuk menggerakkan perekonomian, serta pemenuhan kebutuhan bidang kesehatan khusus percepatan penanganan Covid-19 tidak boleh ada yang terhambat. 

Hal itu karena logistik merupakan hal yang sangat esensial dan kebutuhan dasar bagi masyarakat. 

2. Pemblokadean jalan sangat kontra produktif jika menghambat arus keluar-masuk distribusi logistik

Hambat Distribusi Logistik, Mendagri Minta Pemda Buka Blokade JalanIDN Times/Galih Persiana

Sebagai masyarakat yang memiliki kepedulian pada kesehatan, kita semua memang punya tanggung jawab besar dalam mencegah penularan dan penyebaran Covid-19 sebagaimana kebijakan yang dikeluarkan pemerintah, yakni Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB). 

“Namun, pemblokadean jalan sangat kontra produktif jika menghambat arus keluar-masuk distribusi logistik, barang kebutuhan pokok pangan masyarakat atau alat dan bahan bidang kesehatan yang sangat dibutuhkan oleh masyarakat dan tenaga medis,” ujar Bahtiar di Jakarta, Kamis (2/4).

3. Pemda berkewajiban memastikan kelancaran distribusi logistik bahan pokok masyarakat

Hambat Distribusi Logistik, Mendagri Minta Pemda Buka Blokade JalanANTARA FOTO/Fiqman Sunandar

Bahtiar juga mengatakan bahwa kita memang harus mencegah penularan dan penyebaran Covid-19, tetapi pemerintah daerah (pemda) juga berkewajiban memastikan kelancaran distribusi logistik bahan pokok masyarakat, alat atau bahan dan barang yang menggerakkan perekonomian masyarakat dan untuk logistik kesehatan masyarakat. 

“Gugus Tugas di daerah harus aktif berkoordinasi dan berkomunikasi dengan Gugus Pusat Penanganan Covid-19,” pungkasnya.

Topic:

  • Marwan Fitranansya

Berita Terkini Lainnya