Hari Pertama di 2020, Menhub Datangi Terminal Harjamukti Cirebon

Menhub ingin pastikan penumpang nyaman gunakan bus

Cirebon, IDN Times - Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi membuka lembaran baru di tahun 2020 dengan meninjau penyelenggaraan angkutan Natal dan Tahun Baru (Nataru) di Terminal Harjamukti Cirebon, Rabu (1/1).

Dalam kunjungan tersebut, Menhub Budi didampingi Direktur Jenderal Perhubungan Darat Budi Setiyadi beserta jajaran, antara lain Direktur Prasarana Transportasi Jalan Risal Wasal, Direktur Angkutan Jalan Ahmad Yani, dan Kasubdit Dalops Marwanto Heru Santoso.

“Tujuan kunjungan di Terminal Harjamukti ini adalah memastikan para penumpang merasa nyaman menggunakan bus," ujar Menhub Budi.

Menurutnya, para penumpang bus memiliki karakter khusus, yakni masyarakat yang fanatik menggunakan bus.

"Memang kelebihan bus ini adalah point to point, misalnya yang mau ke Merak atau ke Probolinggo, mereka lebih suka menggunakan bus," tambahnya.

1. Kemenhub terus lakukan perbaikan kualitas pelayanan terminal bus

Hari Pertama di 2020, Menhub Datangi Terminal Harjamukti CirebonIDN Times/Kemenhub

Sementara itu, Kementerian Perhubungan terus melakukan perbaikan ataupun meningkatkan kualitas pelayanan terminal bus untuk meningkatkan kembali animo masyarakat.

"Dalam rangka meningkatkan kualitas terminal, maka kita mengembangkan terminal menggunakan dana APBN dan juga investor swasta melalui konsep KPBU (kerja sama pemerintah-badan usaha) untuk membangun pusat komersial," tutur Menhub Budi.

Pengembangan area komersial di Terminal Harjamukti Cirebon diharapkan mampu mendukung industri maupun perekonomian masyarakat sekitarnya.

"Kita harapkan ini juga bisa jadi tujuan wisata sehingga bisa menjadi pusat interkoneksi antarkabupaten, bahkan antara Kota Cirebon dan kota yang lain," kata Menhub Budi. 

2. Kemenhub lakukan ramcheck terhadap bus-bus di Terminal Harjamukti untuk memastikan kendaraan laik jalan

Hari Pertama di 2020, Menhub Datangi Terminal Harjamukti CirebonIDN Times/Kemenhub

Terkait dengan keselamatan transportasi, Menhub Budi mengatakan keselamatan merupakan yang utama dalam transportasi.

Di Terminal Harjamukti pun telah dilakukan ramcheck terhadap bus-bus yang masuk untuk memastikan kendaraan tersebut laik jalan.

"Bus-bus yang masuk ke Harjamukti ini sudah laik, tapi saya selalu ingatkan kepada petugas agar tidak pilih kasih, lakukan tindakan tegas apabila ada bus yang tidak laik jalan," ungkapnya.

3. Ditjen Perhubungan Darat menginventarisasi penyebab banjir yang menggenang di Tol Cipali Km 136

Hari Pertama di 2020, Menhub Datangi Terminal Harjamukti CirebonIDN Times/Kemenhub

Menyinggung perihal banjir yang menggenang di Tol Cipali Km 136 pada sore kemarin, Selasa (31/12/2019), Menhub mengatakan pihaknya melalui Ditjen Perhubungan Darat bersama Kementerian PUPR sedang menginventarisasi apa penyebabnya.

"Nah, kalau tahu apa penyebabnya, segera diselesaikan dan antisipasi agar tidak terjadi lagi di masa mendatang. Hari-hari ke depan ini tim kita juga akan menyisir penyebabnya apa agar pada saat puncak arus balik (Nataru), hari ini dan nanti tanggal 5 (Januari 2020), tidak terjadi stagnasi," pungkasnya.

Topik:

  • Marwan Fitranansya

Berita Terkini Lainnya