Comscore Tracker

Tahun Ini Beda, 3 Momen Pemkot dan Warga Madiun Peringati HUT ke-75 RI

Gelar lomba hingga upacara tetap sesuai protokol kesehatan

Madiun, IDN Times – Peringatan HUT ke-75 Kemerdekaan Republik Indonesia kali ini mencetak sejarah baru mengingat situasi pandemik Covid-19 masih melanda Tanah Air. Pemerintah Kota (Pemkot) Madiun menyelenggarakan upacara di halaman Balai Kota Madiun, Senin (17/8).

Begitupun saat momen detik-detik proklamasi hanya dilakukan di tingkat pusat tepatnya di Istana Merdeka. Pejabat di pemerintah daerah pun mengikuti secara virtual. Meski tidak seperti tahun-tahun sebelumnya, tiga momen berikut menggambarkan Pemkot Madiun serta warganya turut merasakan suasana kebersamaan memperingati kemerdekaan Indonesia.

1. Meriahkan HUT ke-75 RI dengan lomba memancing

Tahun Ini Beda, 3 Momen Pemkot dan Warga Madiun Peringati HUT ke-75 RIinstagram.com/pemkotmadiun_

Berlokasi di Taman Lalu Lintas Bantaran Kali Madiun, Wali Kota Madiun, Maidi, menggelar lomba memancing yang dapat diikuti masyarakat setempat, Minggu (16/8). Alhasil, di hari pertama penyelenggaraan lomba sudah tercatat ada 138 peserta dan secara keseluruhan lomba ini menyedot perhatian 300 lebih peserta.

“’Dalam peringatan 17 Agustus ini, ada banyak masyarakat yang ingin memeriahkan dengan lomba. Salah satunya memancing. Daripada mereka pergi keluar kota, kita fasilitasi dengan dibuatkan kolam untuk lomba ini,’” kata Maidi usai membuka lomba.

Antusiasme peserta lomba memperebutkan lima kuintal ikan tombro bukan berarti terlepas dari protokol kesehatan. Seluruh rangkain lomba memancing tetap menerapkan protokol kesehatan yakni peserta wajib memakai masker dan menempati tempat duduk yang sudah diatur jaraknya. Selain itu, lomba ini dibagi ke dalam beberapa sesi agar tidak menimbulkan kerumunan.

Pemkot Madiun memberikan hadiah senilai jutaan rupiah bagi peserta yang berhasil mendapatkan ikan paling besar.

2. Detik-detik proklamasi, aktivitas lalu lintas berhenti sejenak

Tahun Ini Beda, 3 Momen Pemkot dan Warga Madiun Peringati HUT ke-75 RISolopos.com

Momen detik-detik proklamasi, Senin (17/8) dilaksanakan seluruh masyarakat dalam bentuk berhenti sejenak dari aktivitas. Hal ini juga dilakukan pengendara Kota Madiun yang sedang melintas di ruas jalan. Tepat pukul 10.17 WIB, petugas yang berjaga memberikan isyarat bagi pengendara untuk berdiri dengan sikap sempurna sampai bendera merah putih berkibar dan lagu Indonesia Raya selesai dikumandangkan. 

3. Prosesi upacara berjalan khidmat

Tahun Ini Beda, 3 Momen Pemkot dan Warga Madiun Peringati HUT ke-75 RIinstagram.com/pemkotmadiun_

Berlangsung sejak pukul 07.00 WIB, Maidi, menjadi inspektur dalam prosesi upacara memperingati HUT ke-75 Republik Indonesia di Balai Kota Madiun. Kegiatan tersebut berjalan khidmat tanpa mengurangi makna dari peringatan hari kemerdekaan. Adapun upacara ini dihadiri pejabat di lingkungan Pemkot Madiun bersama kepala OPD, camat, lurah, dan perwakilan masing-masing OPD.

Dalam arahannya, Maidi tidak letih mengajak seluruh elemen masyarakat untuk berpartisipasi menanggulangi dampak pandemik Covid-19. Usia Indonesia yang telah menginjak 75 tahun, lanjut Maidi, harapannya ini dapat menjadi modal bagi bangsa Indonesia untuk membangun negara dan meningkatkan kemajuan. Sehingga, pertumbuhan ekonomi semakin baik dan masyarakat lebih sejahtera.

Topic:

  • Ester Ajeng

Berita Terkini Lainnya