BPKH: Perlunya Kesadaran Segera Daftar Haji di Usia Muda

Bank Sulselbar ditetapkan jadi bank penerima setoran haji

Makassar, IDN Times - Badan Pengelola Keuangan Haji (BPKH) berwenang memilih dan menetapkan bank umum syariah atau unit usaha syariah sebagai bank penerima setoran biaya penyelenggaraan ibadah haji (BPS-BPIH) mitra dalam pengelolaan keuangan haji sebagaimana yang tercantum pada UU No 34 Tahun 2014, PP No 5 Tahun 2018, dan Peraturan BPKH No 4 Tahun 2018.

Atas dasar hal tersebut, BPKH menetapkan Bank Sulselbar sebagai bank penerima setoran haji dengan harapan masyarakat yang berada di wilayah Sulawesi Selatan dan Sulawesi Barat menjadi lebih mudah dalam mendaftar haji.

“Jumlah pendaftar haji  Sulawesi Selatan yang berusia di bawah 40 tahun (haji  usia muda) termasuk di atas rata-rata nasional. Antusiasme masyarakat yang tinggi dalam menjalankan ibadah haji terlihat dengan lamanya antrean haji wilayah Sulawesi Selatan mencapai 39 tahun dan Sulawesi Barat yang mencapai 30 tahun. Itulah sebabnya perlu kesadaran untuk segera mendaftar haji sejak usia muda agar pada saat pelaksanaan haji masih dalam kondisi fit dan terhindar dari risiko tinggi kesehatan penyakit degeneratif,” ujar Anggota Badan Pelaksana BPKH Iskandar Zulkarnain, Senin (17/2).

1. Bank Sulselbar diharap bisa menjalin kerja sama lebih lanjut

BPKH: Perlunya Kesadaran Segera Daftar Haji di Usia MudaIDN Times/BPKH

Anggota Dewan Pengawas BPKH  Hamid Paddu berharap pada masa yang akan datang Bank Sulselbar bisa menjalin kerja sama lebih lanjut, menjadi mitra investasi pengelolaan dana haji dalam bentuk investasi, seperti pembiayaan yang diterima, joint financing, dan Kontrak Investasi Kolektif Efek Beragun Aset (KIK-EBA) Syariah.

“Penetapan fungsi ini akan menjadi awal yang baik untuk meningkatkan peran Bank Sulselbar berkontribusi bagi pembangunan wilayah Sulawesi Selatan dan Sulawesi Barat,” tambahnya.

2. Pendaftar haji di wilayah Sulsel dan Sulbar hampir sebagian besar di bawah usia 40 tahun pada 2019

BPKH: Perlunya Kesadaran Segera Daftar Haji di Usia MudaANTARA FOTO/Irwansyah Putra

Terkait penetapan fungsi penerima Bank Sulselbar,  BPS BPIH yang ditetapkan harus memenuhi persyaratan kesehatan bank, persyaratan teknologi informasi dan virtual account, pengembangan produk, permodalan, jumlah jemaah, dan kemampuan cash management.

Pada 2019 pendaftar haji Sulselbar tercatat mencapai 33.200 jemaah dengan 47 persen di antaranya merupakan pendaftar di bawah 40 tahun.

Sementara itu, serah terima surat keputusan penetapan Bank Sulselbar sebagai bank penerima setoran haji diterima Anggota Komisi VIII DPR Rapsel Ali kepada Plt Direktur Umum Bank Sulselbar yang disaksikan Gubernur Sulawesi Selatan Nurdin Abdullah beserta Anggota Dewan Pengawas BPKH Hamid Paddu dan Anggota Badan Pelaksana BPKH Iskandar Zulkarnain.

Topik:

  • Marwan Fitranansya

Berita Terkini Lainnya